Advertorial

Jasa Marga Raih Dua Penghargaan dalam Ajang The 13th IICD Corporate Governance Conference and Award 2022

Kompas.com - 03/06/2022, 18:45 WIB

KOMPAS.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih dua penghargaan dalam ajang The 13th Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) Corporate Governance Conference and Award 2022 yang diselenggarakan di Jakarta pada Jumat (27/5/2022).

Kedua penghargaan tersebut adalah Top 50 Big Cap Public Listed Company dan Kategori Best Non Financial Sector.

Penghargaan itu merupakan wujud apresiasi IICD kepada perusahaan terbuka yang konsisten mengimplementasikan tata kelola perusahaan dengan baik atau good corporate governance (GCG) dalam menjalankan bisnis.

Legal and Compliance Group Head Jasa Marga Agung Laksana Pranata yang menerima penghargaan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada IICD.

“Penghargaan itu merupakan kehormatan bagi kami. Sejalan dengan semangat IICD, kami meyakini bahwa penerapan GCG menjadi salah satu poin penting untuk diimplementasikan agar perusahaan berjalan dan berkembang secara berkesinambungan,” jelas Agung dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Selain memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, penghargaan itu juga diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan investor terhadap kinerja bisnis Jasa Marga ke depan.

Agung menjelaskan, meski pandemi Covid-19 sempat menghantam sektor bisnis pada 2021, Jasa Marga tetap bisa membukukan kinerja positif.

Jasa Marga juga tetap memperhatikan pelaksanaan tata kelola proses bisnis para pemangku kepentingan dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

Sebagai informasi, penilaian The 13th IICD Corporate Governance Conference and Award 2022 dilakukan kepada 200 emiten, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta, dengan market kapitalisasi terbesar dan menengah yang masuk dalam Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam penilaian yang didukung oleh 10 asesor itu, IICD membagi dua kelompok, yakni 100 emiten dengan market kapitalisasi terbesar (big cap) serta 100 emiten dengan market kapitalisasi menengah (mid cap).

Dewan Pembina IICD dan Corporate Governance Expert James Simanjuntak mengatakan bahwa perusahaan yang masuk dalam nominasi dinilai berdasarkan praktik corporate governance para emiten di negara Asia Tenggara.

Penilaian tersebut juga berdasarkan inisiatif ASEAN Capital Market Forum (ASEAN CG Scorecard) yang diterapkan sejak 2011.

“Proses asesmen dibagi dalam empat tahap. Pertama, perusahaan dinilai oleh 10 asesor mumpuni. Penilaian kedua dilakukan oleh corporate governance experts. Kemudian, perusahaan yang masuk nominasi memasuki tahap justifikasi dan diskusi. Terakhir, penetapan hasil,” jelas James.

Sebagai informasi, IICD yang berdiri sejak 2000 merupakan organisasi nirlaba yang melaksanakan internalisasi dan mendukung penerapan praktik GCG di Indonesia.

Penghargaan IICD diharapkan dapat mendorong serta meningkatkan kualitas penerapan GCG di Jasa Marga dan kelompok usahanya. Penghargaan ini juga diharapkan dapat menginspirasi perusahaan lain untuk menjalankan dan menerapkan GCG.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com