Advertorial

Gelar Tetris Program Batch 2 #StackYourSkill, DQLab Berikan Beasiswa Data Science dan Kesempatan Berkarier

Kompas.com - 07/06/2022, 15:16 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, pengambilan keputusan pada bisnis dilakukan berdasarkan data science. Hal ini membuat kebutuhan talenta yang memahami instrumen tersebut meningkat pada era industri 4.0.

Fenomena tersebut semestinya dilirik oleh generasi muda, baik yang berlatar belakang keilmuan information technology (IT) maupun disiplin ilmu lain. Sebab, saat ini, semua lini bisnis mengandalkan data sebagai salah satu landasan pengambilan keputusan yang tepat dan akurat.

Dengan mengenal data sejak dini, calon talenta data science lebih siap menghadapi transformasi industri digital. Pasalnya, seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahasa coding penting untuk dipelajari saat ini.

Berangkat dari isu tersebut, platform belajar online data science di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Xeratic, DQLab, menyelenggarakan Tetris Program Batch 2 #StackYourSkill.

Melalui program tersebut, DQlab memberikan beasiswa belajar data science dan kesempatan bagi peserta untuk berkarier melalui pembelajaran intensif.

Berbeda dari program sebelumnya, Tetris Program Batch 2 menawarkan keuntungan yang lebih besar, yakni kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dengan potongan hingga 90 persen, sistem pembelajaran yang terbimbing dan terstruktur, serta kelas intensif dengan materi yang relevan dengan kebutuhan industri.

Kemudian, peserta juga berkesempatan mendapatkan portofolio data dan sertifikat scale-up kredibilitas.

Peluang berkarier peserta di bidang data pun lebih terbuka lebar. Sebab, DQLab menggandeng beberapa perusahaan yang membutuhkan calon talenta data science dengan posisi internship di bidang data. Perusahaan tersebut meliputi UMN Consulting, eFishery, Xeratic, Cakap, GoTo Financial, Astra Credit, BCA, dan Ralali.

Melalui program Tetris #StackYourSkill, Founder Xeratic Feris Thia berharap, DQLab mampu membantu calon talenta data science dengan pembekalan standar kualitas pengetahuan dan pengalaman kerja yang baik agar bisa diserap oleh perusahaan.

Hal serupa juga disampaikan Head of Manager DQLab Yovita Surianto. Ia berharap, Tetris Program Batch 2 dapat membantu peserta dalam mempersiapkan karier di bidang data secara efektif.

Network, pengalaman, dan portofolio yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi bekal untuk mulai berkarier di bidang data,” ujar Yovita pada siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (7/6/2022).

Salah satu alumnus Tetris Batch 1, Data Analyst Intern Kawan Lama Group, Elkan Jeremy, mengaku bersyukur bisa mengikuti program tersebut. Sebab, banyak ilmu baru didapatkan selama mengikuti program Tetris.

Bagi Elkan, pengalaman selama berada dalam program tersebut menjadi kesempatan untuk membangun citra yang baik sehingga dirinya bisa memiliki kredibilitas di mata perusahaan.

“Salah satunya, pemahaman structured query language (SQL). Mulai dari cara instalasi, dasar fondasi, hingga mengganti script dan query tersedia di SQL. Materi SQL yang diajarkan juga merupakan bentuk cerminan case di industri,” ujarnya.

Melalui program tersebut, Elkan juga mengaku baru mengenal dan mendapatkan materi tentang bahasa R.

Senada dengan Elkan, Data Engineer Intern Kompas Gramedia Group, Donny, juga merasa sangat terbantu dengan program Tetris. Salah satu alumnus Tetris Program Batch 1 ini mengatakan, model pembelajaran pada program Tetris cocok untuknya.

(Saya mendapatkan) materi komprehensif terkait data, seperti SQL, Pentaho, dan R. Bahkan, (saya) juga (mendapat pengetahuan seputar) soft skill dari para mentor yang ramah dan berpengalaman,” ujar Donny.

Ia menambahkan, kehadiran capstone project pada program Tetris membantu peserta untuk mengaplikasikan pembelajaran dalam dunia nyata. Tak hanya itu, project ini juga bisa menjadi portofolio peserta yang membantu saat melamar kerja di perusahaan.

Untuk diketahui, kesempatan untuk mengikuti program Tetris Program Batch 2 terbuka bagi mahasiswa tingkat akhir, professional, serta fresh graduate yang ingin belajar data dan berkomitmen untuk mengikuti program internship selama tiga hingga enam bulan.

Selama masa program, peserta dapat membangun pengalaman lewat berbagai kegiatan, mulai dari kompetensi, networking, hingga kesiapan proses rekrutmen.

Untuk mengikuti program Tetris Program Batch 2 #StackYourSkill, calon peserta dapat mendaftarkan diri dengan mengklik tautan ini. Adapun registrasi dibuka mulai Senin (30/5/2022) hingga Minggu (19/6/2022).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com