Advertorial

Gelorakan Semangat Juang Bung Karno, BASP Gelar Diskusi Kepemudaan

Kompas.com - 07/06/2022, 17:07 WIB

KOMPAS.com – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-121 Bung Karno sekaligus bulan Bung Karno pada Juni 2022, movement Beri Aku Sepuluh Pemuda (BASP) menggelar diskusi secara hibrida bagi kalangan generasi muda bertajuk “Bung Karno as Youth Inspiration” di Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (5/6/2022).

Diskusi tersebut merupakan hasil kerja sama BASP dengan berbagai pihak, yaitu brand fesyen lokal Rown Division, Rumah Milenial, dan Persatuan Masyarakat Surakarta (PMS).

Pada diskusi luring, BASP menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai latar belakang, yakni founder sekaligus owner BASP Casytha Arriwi Kathmandu, ilustrator BASP Tsalitsa Kamila, owner Rown Division Kusdarmawan Aryo Baskoro, perwakilan Qun Films Dani Huda, dan perwakilan PMS.

Sementara, narasumber yang hadir pada sesi webinar adalah perwakilan Rumah Milenial Taufan Akbari, sejarawan Asep Kambali, dan commission artist BASP Candra Dwiyanto.

Casytha mengatakan, acara diskusi tersebut digelar untuk membangkitkan semangat juang dan gotong royong generasi muda dalam berkarya, serta mendorong inovasi dengan memetik inspirasi dari sosok Bung Karno.

“Melalui acara tersebut, BASP diharapkan senantiasa konsisten menghadirkan reimajinasi sosok Bung Karno dengan menerjemahkan kisah inspiratif serta nilai-nilai luhurnya agar tetap relevan bagi generasi muda Indonesia,” ujar Casytha dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (7/6/2022).

Sesi akhir diskusi, photo bersama dengan penyerahan cinderamata ilustrasi BASP kepada narasumber. Casytha A Kathmandu (Founder BASP), Tsalitsa(Kolam Susu Studio), Sumartono Hadinoto (Ketua Perkumpulan Masyarakat Surakarta), Aryo Baskoro (Owner RownDivision) dan Dani Huda (Qunfilm/Director). Terselenggara di kawasan Solo, Jawa Tengah. Dok. BASP Sesi akhir diskusi, photo bersama dengan penyerahan cinderamata ilustrasi BASP kepada narasumber. Casytha A Kathmandu (Founder BASP), Tsalitsa(Kolam Susu Studio), Sumartono Hadinoto (Ketua Perkumpulan Masyarakat Surakarta), Aryo Baskoro (Owner RownDivision) dan Dani Huda (Qunfilm/Director). Terselenggara di kawasan Solo, Jawa Tengah.

Casytha menambahkan, BASP adalah streetwear youth brand yang mengusung filosofi kekuatan anak muda Indonesia. Penamaan brand ini dinilai sejalan dengan ungkapan sarat makna yang diucapkan Bung Karno, yaitu “beri aku sepuluh pemuda”.

“BASP hadir untuk memberi ruang kreativitas generasi muda serta menghidupkan kembali narasi nasionalisme dan visualisasi sosok Bung Karno sebagai founding father bangsa Indonesia,” terang Casytha.

Untuk diketahui, BASP telah menghasilkan sejumlah karya, seperti mural, t-shirt, dan karya digital non-fungible token (NFT). Seluruh karya tersebut merupakan besutan ilustrator muda berbakat di Tanah Air.

Karya unik dan inovatif para ilustrator yang bergabung bersama BASP tersebut diunggah di media sosial (medsos) Instagram BASP @beriakusepuluhpemuda. Setiap karya yang ditampilkan telah melalui serangkaian tahapan kurasi oleh para profesional.

“Konsep kreatif yang diusung para ilustrator dikurasi oleh Direktur Eksekutif YouthLab Indonesia M Faisal. Lembaga ini merupakan biro riset yang mendalami geliat komunitas anak muda sejak 2009,” kata Casytha.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com