Advertorial

Tunjukkan Komitmen Keberlanjutan, Pertamina Raih Penghargaan Sustainability Business Award 2022

Kompas.com - 07/06/2022, 19:25 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil meraih penghargaan dari Global Initiatives untuk kategori Highly Commended di ajang Indonesia Sustainability Business Awards (SBA) ke-9, Kamis (2/6/2022).

Prestasi tersebut tak terlepas dari komitmen kuat Pertamina untuk menjadi perusahaan ramah lingkungan, bertanggung jawab secara sosial, dan memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

Sebagai informasi, penghargaan kategori Highly Commended diberikan kepada perusahaan dengan komitmen keberlanjutan yang sangat kuat.

Selain itu, penghargaan tersebut juga ditujukan kepada perusahaan yang memperlihatkan usaha konsisten dalam berbagai area keberlanjutan dan memiliki roadmap yang baik.

Penjabat Sementara (Pjs) Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Heppy Wulansari mengatakan, Pertamina memastikan implementasi kebijakan environmental, social, and governance (ESG) yang diterjemahkan ke dalam 10 fokus keberlanjutan.

"Kami menempatkan perubahan iklim sebagai prioritas dalam pemberdayaan seluruh aspek. Untuk aspek sosial, sustainable stock exchange (SSE) merupakan salah satu pembanding yang juga melibatkan para mitra kami," ujar Heppy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (7/6/2022).

Heppy menambahkan bahwa komitmen Pertamina terhadap keberlanjutan telah diungkapkan setiap tahun dalam Laporan Keberlanjutan sejak 2011.

"Kami berusaha untuk menghasilkan dampak positif (secara) jangka panjang untuk kepentingan planet dan manusia," katanya.

Sementara itu, President Director PT PHR Jaffee Suardin mengatakan bahwa pihaknya juga memastikan setiap program yang dilaksanakan selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"Ini adalah komitmen kami untuk mempertahankan bisnis yang berkelanjutan dengan menekankan pelestarian alam lingkungan serta kesempurnaan pembangunan sosial dan ekonomi. Kami berharap, program PHR dapat membawa manfaat dan perbedaan positif bagi lingkungan dan masyarakat di negeri ini," tutur Jaffee.

Untuk diketahui, ajang Indonesia SBA diselenggarakan oleh Global Initiative. Perusahaan yang berbasis di Singapura ini memiliki perhatian terhadap isu sustainability

Ajang tersebut merupakan hasil kerja sama dengan beberapa perusahaan dan institusi lokal, seperti PwC Indonesia, Dewan Bisnis Indonesia untuk Pembangunan Berkelanjutan (IBCSD), Control Union, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Selain di Indonesia, SBA juga diadakan di sejumlah negara lain di Asia tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, and Thailand.

Adapun Pertamina pernah mendapatkan apresiasi tersebut secara berturut-turut sejak 2016 hingga 2019.

Pada SBA 2016, Pertamina berhasil mendapatkan penghargaan pada dua kategori, yaitu Best Flagship Initiative dan Best Stated-Owned Enterprise.

Sementara untuk SBA 2017, Pertamina membawa pulang penghargaan Best Stated-Owned Enterprise.

Selanjutnya, di SBA 2018, perusahaan pelat merah tersebut mendapatkan Best Energy Management, Special Recognition on Stakeholder Engagement and Materiality, dan Special Recognition on UN Sustainable Development Goals SBA.

Terakhir, pada SBA 2019, Pertamina berhasil menggondol Recognition for The Submission. Selain itu, salah satu afiliasi pertamina, yakni PHR juga mendapatkan penghargaan pada kategori Highly Commended.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com