Advertorial

Jawab Kebutuhan Masyarakat, RSBP Batam Tingkatkan Layanan Kesehatan

Kompas.com - 14/06/2022, 12:58 WIB

KOMPAS.com - Dua layanan kesehatan baru, yakni klinik anak dan instalasi farmasi, diresmikan oleh Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) pada Senin (13/6/2022).

Untuk klinik anak, rumah sakit yang terletak di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), tersebut telah meningkatkan fasilitas ruangan yang lebih privat, nyaman, dan ramah bagi pasien anak. Pihak RSBP Batam juga melengkapi ruang main anak dengan stiker-stiker dinding bergambar kartun.

“Kami merenovasi ruang poliklinik lama menjadi ruang poliklinik anak yang representatif dan dirancang khusus agar nyaman dan ramah anak,” kata Direktur RSBP Batam Afdhalun A Hakim dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Afdhalun mengatakan, semula poliklinik anak berada satu ruangan dengan layanan kesehatan lainnya. Kini, layanan tersebut dibuat khusus dan terpisah karena anak-anak rentan tertular penyakit.

“Ruang poliklinik anak itu spesifik. Sebaiknya, tidak dicampur dengan orang dewasa,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Afdhalun, layanan farmasi atau depo obat juga dibuat terpisah dari layanan reguler Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Layanan farmasi dibangun dengan memperhatikan kenyamanan pasien umum dan pasien langganan.

“Layanan ini juga kami bangun untuk memisahkan pasien agar tidak terlalu crowded (ramai) saat menunggu di apotek reguler,” katanya.

Afdhalun mengatakan, pembangunan dua layanan kesehatan baru tersebut merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu layanan kesehatan di RSBP Batam. Pihaknya pun berkomitmen untuk selalu peduli terhadap masukan dari masyarakat dan pelanggan.

“Kami selalu improve agar kepercayaan masyarakat kepada RSBP Batam makin meningkat,” ujarnya.

Adapun peningkatan fasilitas di RSBP Batam juga menjadi bagian dari rencana besar Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi dalam mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Internasional Sehat di Sekupang.

Selain fasilitas, Rudi juga mengembangkan mutu sumber daya manusia (SDM) dan mengadakan peralatan kesehatan modern untuk RSBP Batam.

Ia berharap, program yang sedang dijalankan tersebut dapat menjadi stimulan bagi peningkatan ekonomi Kota Batam yang makin progresif dan positif di semua leading sector.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com