Advertorial

PPSDM KEBTKE dan Pemprov Jateng Gelar Pelatihan serta Uji Kompetensi untuk Siswa dan Alumnus SMK

Kompas.com - 18/06/2022, 21:58 WIB

KOMPAS.com - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) membuka kegiatan pelatihan serta sertifikasi Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah untuk masyarakat pada Jumat (17/6/2022).

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari siswa dan alumnus sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri di Jateng.

Kepala PPSDM KEBTKE Laode Sulaeman mengatakan, kegiatan tersebut memiliki tujuan utama, yakni membantu masyarakat kurang mampu agar memiliki akses yang setara dan berkelanjutan. Khususnya, akses terhadap layanan dasar yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup seperti pekerjaan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Jateng) yang telah memfasilitasi kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini. Berkat dukungan itu, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan baik,” ujar Laode dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/6/2022).

Laode menambahkan, pelatihan teknis yang diselenggarakan oleh PPSDM KEBTKE berbasis kompetensi. Dengan demikian, peserta bisa menambah sejumlah kemampuan, seperti pengetahuan, keterampilan, serta sikap dan perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas.

Laode pun meminta kepada para peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu, mereka dapat mencapai tujuan dan target yang telah ditentukan.

“Tak hanya itu, peserta juga dapat menyandang sertifikasi lulus dengan kualifikasi terbaik,” jelas Laode.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Uswatun Hasanah mengatakan, antusiasme dari calon peserta untuk mengikuti seleksi pemilihan pelatihan cukup tinggi.

Oleh karena itu, ia berharap, peserta terpilih bisa memiliki masa depan yang baik dan menjadi orang hebat usai mengikuti kegiatan.

“Saya ucapkan selamat mengikuti pelatihan dan sertifikasi. Serap ilmunya dan kuasai agar kalian mendapatkan sertifikat sebagai bukti pemahaman. Tetap semangat, terlebih untuk peserta putri yang memiliki nilai juang dan semangat yang tinggi. Semoga pelatihan dan sertifikasi ini bermanfaat dan dapat melahirkan tenaga teknik yang andal,” kata Uswatun.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kesempatan bagi sekolah untuk menciptakan putra-putri terbaiknya.

Pasalnya, lewat kegiatan pelatihan dari PPSDM KEBTKE, para peserta dapat mengembangkan diri, baik dari aspek fisik, teknis, maupun kemanusiaan (nation character building).

Dari sisi ESDM, kegiatan pelatihan ini pun juga punya arti penting. Pasalnya, Dinas ESDM tengah menangani beberapa urusan penting, khususnya yang berkaitan dengan energi baru terbarukan (EBT) dan konservasi energi. Kedua hal ini menjadi awal perubahan industri di kemudian hari.

Peserta kegiatan pelatihan serta sertifikasi Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah.Dok. BPSDM Peserta kegiatan pelatihan serta sertifikasi Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik Tegangan Rendah.

“Melalui pelatihan ini, pemerintah ingin lebih banyak generasi muda yang siap bertugas di bidang ketenagalistrikan dan EBT yang ramah lingkungan sehingga tidak bergantung pada energi fosil,” ucap Sujarwanto.

Sebagai informasi, setelah mengadakan kegiatan pelatihan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara PPSDM KEBTKE dan Dinas ESDM Provinsi Jateng.

Untuk informasi terkait pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum yang diselenggarakan PPSDM KEBTKE, silakan kunjungi tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com