Advertorial

Mengulik Kemolekan Kota Perth yang Tak Pernah Redup, Cocok Jadi Destinasi Wisata

Kompas.com - 20/06/2022, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Di wilayah Australia bagian barat, terdapat sebuah kota yang cantik dan memesona. Kota ini adalah Perth, rumah suku Aborigin Noongar.

Di kota ini, mengalir Sungai Swan. Konon, keindahan sungai ini memikat suku Noongar. Keindahannya bahkan sampai ke telinga orang Inggris. Mendengar keindahan itu, bangsa Inggris pun mendarat di Perth pada 1829.

Kapten James Stirling, orang Inggris yang pertama kali menginjakkan kaki di Kota Perth, memuji keindahannya. Ia bilang, Perth merupakan kota dengan pemandangan terindah yang pernah ada.

Sejak saat itu, bangsa Inggris mulai membangun Perth. Bangsa Inggris juga menemukan tambang emas yang memberikan keuntungan besar. Hal ini ikut mendongkrak dan mendorong pembangunan Perth menjadi kota modern dari waktu ke waktu.

Alhasil, Perth pun bertransformasi bak seorang “putri kerajaan” yang megah. Sungai Swan yang indah juga disulap menjadi akses vital transportasi perdagangan di wilayah Australia.

Saat wisatawan menginjakkan kaki di kota tersebut pada masa sekarang, Perth sudah dipenuhi gedung-gedung pencakar langit yang merupakan buah pembangunan di masa lampau.

Destinasi menarik di Kota Perth

Kota PerthDok. Wita Tour Kota Perth

Bila berkunjung ke Kota Perth, Anda bisa menyambangi Jembatan Matagarup yang elok dan megah. Konstruksi jembatan ini dibangun melengkung khas jembatan modern. Namun, saat dilihat dengan saksama, lengkungan tersebut berbentuk seperti sepasang angsa berwarna hitam dan putih yang saling berhadapan.

Adapun konsep pembangunan dan nama Jembatan Matagarup diambil dari kebudayaan suku Aborigin Noongar. Dalam bahasa suku Noongar, kata “matagarup” berarti sungai dangkal yang dapat diseberangi.

Sementara, sepasang dua angsa merupakan bagian dari kepercayaan suku Noongar. Bagi suku ini, angsa putih dilambangkan sebagai kesucian Sang Pencipta. Sementara, angsa hitam melambangkan kekuatan magis Sang Pencipta.

Di jembatan yang dibuka pada 2018, wisatawan bisa menjajal sejumlah aktivitas ekstrem. Wisatawan dapat mendaki jembatan yang memiliki ketinggian 72 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Wisatawan bisa pula mencoba flying fox yang meluncur menyusuri permukaan sungai.

Usai dari Jembatan Matagarup, Anda bisa menyusuri kawasan central business district (CBD) di jantung Kota Perth. Di sana, Anda bisa mampir ke dua pusat perbelanjaan ikonik dengan konsep the street shopping mall, yakni Murray Street dan Hay Street. Beragam toko dari sejumlah merek lokal dan internasional berjajar di seluruh penjuru kawasan.

Toko-toko di kawasan tersebut pun memberikan beragam penawaran menarik untuk wisatawan. Dengan konsep window shopping, toko-toko dapat menarik minat wisatawan sehingga membeli pernak-pernik menarik.

Selain memanjakan mata, kawasan Perth CBD juga dapat memanjakan perut Anda. Anda bisa menemukan sejumlah restoran yang menyajikan makanan khas lokal, yakni grilled lobster, di kawasan tersebut. Makanan ini disajikan dengan bumbu khas lokal yang gurih dan wangi. Makanan juga dilengkapi dengan sentuhan sayuran segar dan perasan lemon yang memanjakan lidah.

Pemandangan pesisir Kota PerthDok. Wita Tour Pemandangan pesisir Kota Perth

Selain kotanya yang cantik, Perth juga memiliki keindahan yang membuat pengalaman berlibur Anda semakin lengkap. Sebut saja, Rottnest Island, pulau yang terletak 18 kilometer (km) dari pesisir Kota Perth. Pulau ini menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan air laut biru jernih dan pasir putih.

Di pulau tersebut, Anda bisa melihat fauna endemik Australia, yakni Quokka. Hewan berperawakan kecil dan menggemaskan ini senang berinteraksi dengan wisatawan. Anda juga dapat berswafoto dengan hewan tersebut untuk mengabadikan momen.

Selain itu, Kota Perth juga memiliki kawasan unik lain, yakni The Pinnacles. Kawasan ini menawarkan keindahan pemandangan gumuk pasir dengan pantulan cahaya matahari yang cocok untuk difoto.

Di kawasan yang menjadi salah satu ikon alam Kota Perth tersebut, Anda juga dapat menemukan sejumlah struktur batuan kapur yang membentuk formasi unik.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Kota Perth? Anda bisa berkunjung ke Kota Perth bersama Wita Tour. Perusahaan tour ini memiliki program Perth Adventure Package yang dapat membawa Anda menikmati Perth hingga ke pelosok kotanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com