Advertorial

Ini Kisah Alumni UPER yang Raih Beasiswa dan Bekerja di Perusahaan Ternama

Kompas.com - 22/06/2022, 22:15 WIB

KOMPAS.com - Keuntungan beasiswa pendidikan ternyata tidak hanya sekadar memberikan keringanan biaya bagi penerimanya. Portal lowongan pekerjaan Indeed.com menyebut, para penerima beasiswa cenderung memiliki networking yang lebih luas dan prospek karier yang lebih baik.

Rektor Universitas Pertamina (UPER) Prof Ir IGN Wiratmaja Puja, PhD mengatakan bahwa setiap tahun, UPER membuka pendaftaran beasiswa, baik bagi mahasiswa baru maupun yang telah berkuliah di UPER. Tahun ini, pihaknya menggelontorkan tak kurang dari Rp 24 miliar untuk beragam program beasiswa. Pelajar yang tertarik dengan program ini dapat mengunjungi laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id/beasiswa.

“Untuk mahasiswa baru, misalnya, ada beasiswa yang kami tujukan bagi siswa dan siswi dari sekolah unggulan atau sekolah yang memiliki kekhasan,” jelasnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, lanjut Prof Wirat, tersedia juga beasiswa untuk pelajar dari wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Ada pula beasiswa untuk pelajar berprestasi secara akademik ataupun nonakademik, aktif di kegiatan organisasi, serta aktif di media sosial.

Berikut sejumlah manfaat yang dapat diraih pelajar melalui program beasiswa UPER.

  1. Motivasi belajar lebih besar

Salah satu penerima beasiswa UPER, Prayogi, berhasil meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,92. Alumnus Program Studi (Prodi) Manajemen UPER ini mengaku, prestasi tersebut diraih berkat tuntutan untuk menjaga dan meningkatkan nilai akademis sebagai penerima beasiswa.

“Menjadi penerima beasiswa membuat saya jadi terpacu untuk meraih nilai tinggi di setiap mata kuliah. Ditambah lagi, setelah melihat teman-teman penerima beasiswa lain juga sangat bersemangat dalam belajar. Rasanya tidak ingin kalah,” tuturnya.

Kini, Prayogi bekerja sebagai Cost Estimator and Business Development di PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi.

  1. Prestasi akademik cemerlang

Tak sekadar IPK tinggi, penerima beasiswa UPER juga berpeluang besar menorehkan prestasi akademik yang cemerlang. Hal ini dibuktikan oleh penerima beasiswa UPER, Alzahid Muhasabah.

Setelah menerima beasiswa, Alzahid mengaku bahwa dirinya menjadi lebih termotivasi untuk mengikuti kejuaraan di berbagai level.

“Ketika wawancara beasiswa, sebagai bentuk sumbangsih terhadap kampus yang telah memberikan beasiswa penuh, saya berjanji untuk terus mengukir prestasi,” ujarnya.

Selama berkuliah, alumnus Prodi Ilmu Komputer UPER itu berhasil meraih 17 penghargaan. Salah satunya, Juara 3 Research and Development di ajang Indonesia Entrepreneur TIK yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Selain itu, Alzahid juga menerima penghargaan Best Design Award, Gold Award, dan IAJ Special Award di kejuaraan World Innovation Technology Expo (WINTEX) yang digelar oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA).

“Capaian IPK dan prestasi di luar kampus ini merupakan modal utama bagi saya untuk memoles curriculum vitae (CV) jadi lebih menarik,” imbuhnya.

  1. Dikenal para profesional di berbagai bidang

Tak hanya memiliki prestasi cemerlang, penerima beasiswa UPER juga dikenal oleh para profesional di berbagai bidang karena memiliki etos kerja berkualitas. Hal ini juga menjadi salah satu nilai tambah yang dimiliki oleh Alzahid.

Alzahid menceritakan bahwa dirinya selalu mengamati dan mencontoh etos kerja para seniornya ketika kerja praktik atau magang di sejumah startup.

Saat di Tokopedia, misalnya, Alzahid banyak belajar, berkomunikasi, dan berkonsultasi dengan para profesional di platform e-commerce tersebut.

“Berkat saran yang diberikan oleh para profesional (di berbagai startup), saya mendapatkan banyak pengalaman bekerja sebagai software engineer sebelum benar-benar terjun ke industri,” katanya.

Pengalaman tersebut pun membantu Alzahid mewujudkan mimpinya untuk bekerja di sebagai software engineer di salah satu unicorn startup terbesar, Tokopedia.

  1. Prospek karier cerah

Manfaat lain yang dapat diraih penerima beasiswa UPER adalah prospek karier yang cerah ke depan. Hal ini pun dirasakan oleh penerima beasiswa UPER selanjutnya, yakni Pradana Vian Prasetyo.

Ia bercerita bahwa torehan prestasi dan kegiatan yang diikuti selama menjadi penerima beasiswa memudahkannya untuk memetakan prospek karier masa depan.

“Kemudahan tersebut ditunjang oleh kehadiran laboratorium dan peralatan praktikum UPER yang mutakhir. Ini memudahkan saya dalam menjalankan tugas saat ini sebagai Associate Drilling Engineer di PT Rigsis Energi Indonesia,” ujar alumnus Prodi Teknik Perminyakan UPER ini.

Saat ini, UPER tengah membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes), Ujian Masuk Online periode Mei – Juni, dan Seleksi Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK (Non Tes) periode Juni - Juli untuk Tahun Akademik 2022/2023.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com