Advertorial

Dibuka di Malang, Pesta Rakyat Simpedes 2022 Ajak Pelaku UMKM Tanah Air Bangkit

Kompas.com - 24/06/2022, 07:52 WIB

KOMPAS.com – Keberhasilan pemerintah mengendalikan angka kasus Covid-19 mulai dapat dirasakan sejak awal 2022. Aktivitas masyarakat dan perputaran ekonomi Indonesia mulai kembali normal, bahkan meningkat. Hal ini jadi angin segar bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terpuruk selama pandemi.

Seperti diketahui, pelaku UMKM merupakan salah satu yang terimbas, khususnya pada masa awal pandemi.

Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui “Survei Kajian Cepat Dampak Pandemi COVID-19” yang dilakukan pada 1 – 20 Mei 2020 menemukan hal itu.

Data survei dari 679 responden menunjukkan bahwa 94,69 persen usaha mengalami penurunan penjualan.

Berdasarkan skala usaha, penurunan penjualan lebih dari 75 persen dialami oleh usaha ultra-mikro, 43,3 persen usaha mikro, 40 persen usaha kecil, dan 45,83 persen usaha menengah.

Karenanya, kondisi pemulihan ekonomi yang saat ini mulai terasa sebaiknya dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk mulai bangkit.

Hingga saat ini, pemerintah bersama-sama sejumlah pihak, termasuk perbankan, turut mengupayakan hal itu. Beragam program pun dibuat untuk menggairahkan kembali sektor UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Mengacu data dari Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah sektor bisnis UMKM di Indonesia pada 2021 mencapai 64,19 juta dengan partisipasi terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,97 persen atau senilai Rp 8,6 triliun.

Adapun salah satu program yang digelar oleh perbankan, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), untuk menggairahkan kembali sektor UMKM adalah Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022.

Gelaran yang diinisiasi BRI melalui Tabungan BRI Simpedes tersebut segera dimulai pada Jumat (24/6/2022).

Untuk diketahui, PRS 2022 adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan BRI untuk mendukung pelaku UMKM.

Penyelenggaraan PRS memiliki tiga tujuan yakni membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan pasarnya, mengajak seluruh pelaku UMKM di Indonesia agar lebih percaya diri dalam berinovasi dan berbisnis, serta mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya nasabah Tabungan BRI Simpedes, agar percaya diri dalam berkarier, berelasi, dan mengelola keuangan.

“Kami hadir lewat PRS 2022 untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, memberdayakan dan menumbuhkan pelaku UMKM, serta memberikan layanan yang utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes,” ujar Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (22/6/2022).

Dibuka di Malang

PRS 2022 akan dibuka di Kota Malang, Jawa Timur, sebagai titik pertama dari 379 lokasi penyelenggaraan PRS 2022.

Di Malang, PRS 2022 akan berlangsung di Graha Polinema mulai Jumat sampai Minggu (26/6/2022). Acara diikuti oleh sejumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nasabah BRI Regional Office Malang yang akan menampilkan produk unggulannya.

Perlu diketahui, Malang merupakan salah satu kota yang memiliki potensi besar di sektor UMKM. Saat ini, para pelaku UMKM di kota itu hadir dalam beragam industri, mulai dari furnitur, pariwisata, ekonomi kreatif, sandang, pangan, hingga otomotif.

Tak heran kalau Malang turut dipilih jadi salah satu titik utama penyelenggaraan PRS 2022 bersama dengan Medan, Semarang, Tasikmalaya, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Makassar, Sidoarjo, Denpasar, dan Sleman.

Gelaran PRS 2022 di 11 kota tersebut akan dimeriahkan oleh Slank, Gigi, Via Vallen, Ungu, Padi, Anji,Armada, Rizky Febian, Indra Jegel, Rigen, Mamat Alkatiri, dan Ridwan Remin.

Acara diselenggarakan secara hibrida. Pengunjung bisa datang secara langsung ataupun online melalui KompasTV dan kanal Youtube Bank BRI.

Secara bertahap, PRS akan menyambangi ratusan titik yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Selain 11 titik utama, ada juga pagelaran teritorial yang dilaksanakan di 14 titik, seperti Karawang, Samarinda, Tangerang, Jember, Kediri, Madiun, Gresik, Bone, Palu, Bukittinggi, Tegal, Pati, Purwokerto, dan Solo Kartasura.

Sementara itu, 354 titik lainnya akan diselenggarakan di tingkat Kantor Cabang BRI yang tersebar di 354 Kota, Kabupaten, dan Kecamatan.

Sebagai informasi, PRS 2022 menghadirkan enam pilar, yakni Pasar, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, Panen, dan Panggung.

Keenam pilar utama tersebut menyajikan rangkaian keseruan kegiatan yang berbeda-beda, mulai dari karnaval budaya dan mobil hias, bazar UMKM, layanan keuangan, area foto, games, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, workshop yang menghadirkan sejumlah narasumber inspiratif, undian berhadiah, hingga penampilan para musisi dan komedian tunggal ternama.

Dengan hadirnya PRS 2022, sektor UMKM Tanah Air diharapkan dapat kembali bangkit sehingga mampu mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com