Advertorial

4 Cara Cerdas Memilih Software Kasir Terbaik untuk Bisnis Coffee Shop

Kompas.com - 24/06/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Bisnis coffee shop berpotensi untuk semakin berkembang di kemudian hari. Pasalnya, kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup generasi muda.

Selain makanan, minuman, fasilitas, dan suasana kafe, pelayanan di meja kasir juga berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis coffee shop.

Pelayanan yang cepat dan pilihan metode pembayaran yang beragam bakal turut memengaruhi kepuasan konsumen. Oleh karena itu, pelaku bisnis coffee shop wajib menggunakan software kasir online dengan sistem point of sale (POS). Pasalnya, software kasir memiliki sejumlah fitur yang mampu menyederhanakan operasional bisnis.

Software kasir dapat membantu mengelola transaksi di bisnis coffee shop dengan baik. Software ini memiliki sistem automasi penjualan yang dilengkapi fungsi pembayaran dan cetak nota pesanan. Sistemnya pun berbasis cloud sehingga dapat diakses kapan saja.

Saat ini, ada banyak software kasir yang bisa menjadi pilihan. Agar tidak salah pilih, berikut adalah empat cara cerdas memilih aplikasi kasir untuk kafe Anda.

  1. Cari tahu seluk-beluk software kasir

Program kasir dengan sistem POS memiliki banyak fitur pendukung yang dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis. Oleh karena itu, sebaiknya, Anda mencari tahu mengenai software kasir sebelum memutuskan untuk membelinya.

Lakukanlah survei sederhana untuk mengetahui fitur yang ditawarkan, termasuk jaminan garansi dan testimoni dari pembeli lain.

  1. Pilih fitur

Biasanya, aplikasi kasir online menawarkan beragam fitur yang dapat dipilih pengguna. Namun, sebelum memilih ada baiknya Anda memahami fitur apa yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha. Sebab, keberadaan fitur-fitur tersebut akan membantu mempermudah aktivitas bisnis di kafe, seperti membuat laporan.

Fitur penjualan dan pembelian merupakan fitur mendasar yang umumnya dimiliki aplikasi kasir. Jika Anda memiliki bisnis kafe sederhana, keberadaan dua fitur ini sudah cukup untuk membantu operasional bisnis. Kedua fitur ini dapat membantu menginformasikan ketersediaan stok dan pembuatan laporan.

Jika memiliki bisnis yang lebih besar, Anda bisa melengkapi aplikasi kasir online dengan berbagai fitur lain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

  1. Sesuaikan harga

Software kasir memiliki banyak fitur. Oleh karena itu, jangan asal memilih semua fitur. Semakin banyak fitur yang dipilih, maka harganya pun lebih mahal. Ingatlah bahwa Anda belum tentu membutuhkan semua fitur yang ditawarkan.

Jangan pula hanya mencari harga program yang murah. Anda boleh memilih program yang murah, terlebih jika baru memulai usaha. Namun, carilah program yang mempunyai spesifikasi bagus dengan harga terjangkau.

Jadi, Anda tetap bisa memperoleh software kasir berkualitas dengan biaya sesuai bujet.

  1. Cari software yang efisien, cepat, dan akurat

Beberapa penyedia jasa software kasir biasanya memberikan penawaran uji coba gratis untuk pelanggan. Anda bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk memastikan sistem POS yang ditawarkan dapat bekerja secara efisien, cepat, dan akurat.

Lihatlah aspek kemudahan akses software saat dipakai. Pastikan pula software tidak mengalami eror saat digunakan. Coba juga analisis laporan yang dihasilkan dari program tersebut.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memilih aplikasi kasir yang cocok untuk kafe Anda.

Selain langkah tersebut, Anda bisa pula membaca testimoni pelanggan penyedia software kasir sebagai pertimbangan. Sebagai contoh, Sidik dari Kafe Bias Bias memakai aplikasi kasir dari Olsera. Ia merasa puas dengan aplikasi tersebut. Aplikasi ini juga memiliki kegunaan yang bermanfaat dan mudah dipahami. Hal ini membuat Sidik dan timnya terbantu dalam mengelola kafe

Sebagai informasi, saat ini, Olsera menyediakan aplikasi kasir untuk berbagai jenis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), termasuk bisnis coffee shop. Fitur-fiturnya pun dibuat dengan mempertimbangkan detail keinginan konsumen sehingga cocok dijadikan pilihan.

Untuk mengetahui fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Olsera, Anda bisa mengunjungi situs web olsera.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com