Advertorial

Gramedia Academy Ramaikan Acara Temu Raya Prakerja 2022

Kompas.com - 24/06/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com – Setelah berjalan selama 32 gelombang pelatihan, program Kartu Prakerja mengadakan acara Temu Raya Prakerja 2022 di Sentul International Convention Center (SICC), Jumat (17/6/2022).

Acara bertajuk #KitaPrakerja tersebut dihadiri oleh 7.000 peserta yang meliputi perwakilan alumni, mitra program dari digital platform dan lembaga pelatihan, serta seluruh pihak yang terlibat dalam program Kartu Prakerja.

Sebagai informasi, Temu Raya Prakerja 2022 merupakan kegiatan yang digelar Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi). Acara ini turut dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil.

Jokowi memaparkan, sebanyak 115 juta orang sudah terdaftar dan terverifikasi dalam program yang diinisiasi pemerintah pada 2020 tersebut.

“Dari jumlah itu, sekitar 84 juta orang telah diterima dan 12,8 juta lainnya telah menerima manfaat dari program Kartu Prakerja,” ujar Jokowi pada keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Sebagai mitra lembaga pelatihan (LP) program Kartu Prakerja, Gramedia Academy turut hadir dan meramaikan acara Temu Raya Prakerja 2022 dengan mengirimkan tujuh perwakilan tim mitra.

Institusi yang menyediakan pengetahuan dan pelatihan (knowledge and training provider) itu menghadirkan dua materi pelatihan dalam program Kartu Prakerja.

Materi pelatihan disusun secara tajam dan spesifik, menggunakan model user-to-user, serta berfokus pada best practice. Ke depan, Gramedia akan menambah dua materi tambahan yang dapat diakses oleh anggota program.

Selain menjadi perwakilan mitra, Gramedia Academy juga mendukung acara Temu Raya Prakerja 2022 lewat pengadaan suvenir yang diberikan kepada seluruh peserta acara. Adapun suvenir tersebut meliputi goodie bag, buku nonfiksi, dan voucer pelatihan kelas online Gramedia Academy yang bisa diakses dengan memindai barcode yang tertera.

Melalui program Kartu Prakerja, Gramedia Academy berharap, masyarakat luas bisa mendapatkan insight serta ilmu. Manfaat ini diharapkan dapat membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Hal tersebut sejalan dengan pesan Presiden Jokowi yang menekankan bahwa hal terpenting dari pembangunan adalah SDM. Sebab, SDM berkualitas dapat mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam negara Indonesia yang melimpah ruah.

Pada acara tersebut, Jokowi juga mengajak perwakilan alumni program Kartu Prakerja untuk membagikan pengalamannya saat proses mendaftar, verifikasi data, dan penerimaan. Mereka juga diminta untuk memaparkan manfaat dari program ini, baik dari segi ilmu maupun finansial.

Tak ketinggalan, Jokowi pun memberikan kuis berhadiah sepeda kepada para peserta.

Acara yang dipandu oleh aktor ternama Ronald Surapradja dan Astrid Tiar tersebut juga diisi dengan sejumlah hiburan. Sebut saja, penampilan dari band komedi Jigo, penampilan lagu tema Prakerja dari duo Power Star Rap, dan pertunjukan komedi tunggal oleh komedian Ephy Pae. Lalu, acara ditutup dengan penampilan band D’Masiv.

Bagi rekan-rekan penerima manfaat, Gramedia Academy menghimbau untuk tidak lupa mengakses materi Kartu Prakerja. Salam #PeopleDevelopment.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com