Advertorial

Buka Cabang di Amsterdam, Belanda, Ekspansi BNI Dipuji DPR

Kompas.com - 24/06/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI secara proaktif melebarkan sayap bisnis internasional dengan membuka jaringan di Amsterdam, Belanda. Melalui upaya ini, BNI mampu menjaring komunitas diaspora dan membantu pengembangan bisnisnya ke arah yang lebih berkelanjutan.

Langkah ekspansif BNI tersebut pun diapresiasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Dalam kunjungan kerjanya, anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengapresiasi program pengembangan diaspora BNI di Den Haag, Belanda. Menurutnya, BNI tergolong agresif karena langsung melakukan ekspansi setelah izin kantor jaringannya disetujui.

Dia meyakini bahwa program diaspora BNI menjadi pembuka jalan bagi produk Indonesia untuk go international, sekaligus menarik wisatawan Belanda lebih banyak berkunjung ke Tanah Air. 

"Kolaborasi diaspora Indonesia dengan BNI selaku perusahaan BUMN dalam meningkatkan produk-produk Indonesia untuk dijual ke pasar internasional harus kita dukung penuh dan apresiasi," katanya seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Salah satu diaspora yang terbantu oleh BNI adalah Uni Suprapti Tanjung, warga asal Nareh Pasir Baru, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, yang mengelola Restoran Padang Waroeng Makan Lapek. Uni Suprapti sendiri telah menjadi nasabah melalui program pengembangan diaspora BNI.

Andre memaparkan, Uni Suprapti sudah tinggal di Belanda selama 20 tahun dan telah merintis usaha kuliner secara keliling selama 10 tahun. Ia pun akhirnya membuka restoran. Selama 2 tahun 7 bulan beroperasi, restoran milik Uni berhasil meraup omzet 60.000 euro per bulan.

"Saat saya berbincang dengan beliau. Uni Suprapti berencana mengembangkan restoran baru yang lebih luas dengan dukungan program Pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN dengan Program BNI Diaspora Go Global. Ini harus kita apresiasi dan dukung," tutur Andre.

Dalam kesempatan terpisah, General Manager BNI London Roekma Hari Adji mengatakan bahwa Uni Suprapti merupakan salah satu debitur BNI yang cukup sukses dalam menunjukkan eksistensi budaya dan bisnis lokal Indonesia di luar negeri.

“Sebagai bank global asal Indonesia, kami secara langsung mengemban tugas untuk membantu pengembangan bisnis para diaspora di Belanda, termasuk bisnis kuliner restoran Padang milik Uni Suprapti,” katanya.

Adji menyampaikan bahwa BNI adalah bank asal Indonesia yang memiliki jaringan luar negeri terluas, yakni Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, New York, Seoul, dan Amsterdam.

Potensi diaspora diperkirakan mencapai 600.000 orang. Khusus untuk Belanda, diperkirakan saat ini tercatat ada sekitar 1,7 juta orang diaspora.

Adji menjelaskan, populasi diaspora di Belanda merupakan potensi yang luar biasa bagi Indonesia. Pasalnya, bisa menjadi sumber kekuatan untuk ekonomi Indonesia, antara lain dari jumlah dana remitansi yang dikirim ke Indonesia. 

"Belanda sendiri memiliki daya tarik dan potensi bisnis yang sangat besar. Ini yang menjadi latar belakang BNI menambah jaringan luar negeri di negara-negara potensial dan Amsterdam merupakan salah satu pusat ekonomi Eropa serta jalur perdagangan internasional,” imbuhnya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com