Advertorial

Pertama di Indonesia, Instagram Luncurkan Program #TawaDiReels untuk Mencari Bakat Komedian Tanah Air

Kompas.com - 27/06/2022, 12:43 WIB

KOMPAS.com – Pembuat konten atau content creator merupakan bagian penting dalam ekosistem Instagram. Bahkan, Chief Executive Officer (CEO) Meta Platform Mark Zuckerberg berencana berinvestasi lebih dari 1 miliar dollar Amerika Serikat (AS) untuk para pembuat konten di seluruh dunia.

Selain sebagai bentuk penghargaan, investasi tersebut juga dilakukan sebagai upaya membangun platform terbaik bagi jutaan pembuat konten dalam memperoleh kesuksesan jangka panjang.

Guna mewujudkan visi tersebut, Instagram meluncurkan program edukasi bertajuk #TawaDiReels untuk pembuat konten komedi di Indonesia.

Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Meta di Indonesia Revie Sylviana mengatakan, program tersebut diluncurkan untuk menemukan dan mengangkat talenta komedi baru dari seluruh Indonesia.

Program #TawaDiReels juga membantu pembuat konten komedi di Indonesia untuk menggapai audiens yang lebih besar lewat ?tur Reels di Instagram.

“Pada peluncuran perdana (program tersebut), Instagram bekerja sama dengan program Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) X di Kompas TV,” ujar Revie dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Reels jadi fitur favorit

Revie menjelaskan bahwa Reels telah menjadi fitur favorit masyarakat Indonesia untuk menemukan konten yang kreatif, orisinal, serta menghibur.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada 2021, fitur Reels telah mendorong kemunculan bibit-bibit komedian muda yang lihai dalam memanfaatkan format video pendek di Instagram. Mereka menyajikan berbagai kisah jenaka yang dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia.

“Saya berharap, kerja sama kami dengan SUCI X Kompas TV pada program #TawaDiReels bisa mengangkat lebih banyak lagi talenta komedian dari seluruh pelosok Indonesia," paparnya.

Sementara itu, Executive Producer SUCI X Kompas TV Fina Merliane mengatakan, SUCI merupakan pelopor ajang kompetisi stand-up comedy di Indonesia yang sudah melahirkan banyak komedian ternama. Bahkan, SUCI juga menjadi tolok ukur pencapaian karier tertinggi bagi stand-up comedian di Indonesia.

Untuk diketahui, 2022 merupakan momen bersejarah karena SUCI tepat menginjak usia satu dekade. Pada musim ke-10, Kompas TV ingin membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia untuk menunjukkan kemampuan stand-up comedy-nya.

Fina meyakini bahwa masih banyak komika–sebutan untuk pelaku stand-up comedy–dari pelosok nusantara yang belum mendapat kesempatan menunjukkan bakat istimewanya dikarenakan berbagai faktor.


Oleh karena itu, Kompas TV bekerja sama dengan Instagram mengadakan rangkaian aktivasi digital melalui Reels yang melibatkan kontestan dan masyarakat umum dari seluruh wilayah Indonesia.

“Kami percaya, sinergi Reels dan KompasTV lewat ajang SUCI X mampu menyaring dan menampilkan lebih banyak talenta baru stand-up comedy di Tanah Air,” ujar Fina.

Rangkaian program #TawaDiReels SUCI X

Fina menjelaskan bahwa program #TawaDiReels SUCI X yang terdiri dari pelatihan intensif serta rangkaian aktivasi digital lewat fitur Reels. Program ini tidak hanya bisa diikuti oleh kontestan SUCI X, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Adapun program kolaboratif tersebut terdiri dari empat rangkaian. Pertama, #AudisiSUCIXdiReels yang merupakan tahap audisi online. Para peserta dapat mengikuti audisi SUCI X secara virtual dengan mengunggah konten stand-up comedy melalui Reels.

Kedua, #KelasTawaDiReels. Program ini merupakan pelatihan intensif oleh tim Creator Partnership Instagram. Para kontestan SUCI X akan dibekali dengan best practices dalam menghasilkan dan membagikan konten komedi melalui Reels, serta kiat-kiat membangun engagement yang lebih erat dengan audiens.

Ketiga, #SUCIXTerfavoritDiReels. Pada babak ini, 13 kontestan SUCI X akan bersaing dalam menciptakan konten komedi terlucu di Reels.

“Keempat, #RameinSUCIXdiReels yang mengajak masyarakat umum turut serta meramaikan kompetisi SUCI X. Masyarakat bisa mengunggah konten stand-up comedy orisinal melalui Reels. Konten komedi terbaik akan ditayangkan dalam program SUCI X,” kata Vina.

Juri Audisi SUCI X Reels David Nurbianto memandang bahwa pandemi Covid-19 memaksa komika yang sudah eksis di dunia hiburan untuk berinovasi dan bertransformasi menjadi pembuat konten. Pasalnya, dunia digital mampu memangkas jarak antara performer (komika) dengan penikmat karyanya.

Ia tidak memungkiri, pandemi Covid-19 telah melahirkan para kreator jenius di bidang komedi. Keberadaan audisi SUCI X via Reels, menurutnya, dapat membuka peluang masuknya pembuat konten komedi ke ranah yang lebih spesi?k, yaitu seni stand-up comedy.

Seperti diketahui, program SUCI di Kompas TV telah melahirkan banyak komika hebat yang telah mengisi dunia hiburan Tanah Air.

“Sekarang, semua orang berpeluang jadi bintang. Hanya dengan mengunggah video stand-up comedy di Reels Instagram selama 90 detik, impian masyarakat untuk menjadi komika dapat terwujud,” ujar David.

Untuk diketahui, audisi online SUCI X di Reels berlangsung hingga 20 Juli 2022. Cara mengikuti audisi online pun sangat mudah. Peserta cukup mengunggah konten stand-up comedy orisinal dengan durasi maksimal 90 detik melalui ?tur Reels di Instagram pribadi. Pastikan akun tidak terkunci.

Selanjutnya, peserta harus tag akun Instagram @sucikompastv serta tambahkan hashtag #AudisiSUCIXdiReels #SUCIXTemanTertawa #TawaDiReels.

Sebanyak 10 peserta dengan konten terlucu akan memenangkan hadiah senilai total Rp 30 juta. Selain itu, tiga peserta terbaik akan diterbangkan ke Jakarta untuk mengikuti audisi utama pada akhir Juli 2022.

Selain secara online, audisi SUCI X juga dilakukan secara langsung di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Yogyakarta, Banjarmasin, Bali, Surabaya, Palembang, serta Semarang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com