Advertorial

BP Batam Raih Penghargaan Opini WTP Ke-6 secara Beruntun

Kompas.com - 28/06/2022, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Opini WTP itu diberikan berkat laporan keuangan BP Batam dan laporan keuangan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran Bendahara Umum Negara (UAKPA BUN) BP Batam 2021.

Adapun penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua BPK Isma Yatun dan diterima oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi di Auditorium BPK RI, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022).

Berkat penghargaan tersebut, BP Batam telah mendapatkan opini WTP selama enam kali berturut-turut sejak 2017.

Rudi mengatakan, raihan opini WTP dapat menjadi pendorong seluruh pegawai di lingkungan BP Batam untuk meningkatkan kinerja organisasi.

“Karena hanya dengan kerja keras, opini WTP atas laporan keuangan BP Batam dapat diraih,” ujar Rudi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Sementara itu, Isma mengatakan, pemeriksaan pada laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini peringkat kewajaran pada penyajian laporan keuangan.

Opini tersebut merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang diberikan dalam laporan keuangan.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi menerima penghargaan opini WTP dari Ketua BPK Isma Yatun. Dok. BP Batam Kepala BP Batam Muhammad Rudi menerima penghargaan opini WTP dari Ketua BPK Isma Yatun.

Adapun pemberian opini didasari pada empat aspek. Pertama, kesesuaian standar akuntansi pemerintahan. Kedua, kecukupan pengungkapan. Ketiga, kepatuhan atas perundang-undangan. Keempat, efektivitas pengendalian internal.

“Entitas harus meningkatkan pengendalian dan melakukan langkah-langkah perbaikan yang sistematis. Sinergi yang baik antarinstansi juga perlu ditingkatkan untuk laporan keuangan yang lebih baik,” kata Isma.

Sebagai informasi, kegiatan pemberian penghargaan opini WTP turut dihadiri oleh Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam Wahjoe Triwidijo Koentjoro, Kepala Satuan Pemeriksa Intern BP Batam Konstantin Siboro, dan Kepala Biro Keuangan BP Batam Siswanto.

Selanjutnya, Kepala Biro Humas, Promosi, Protokol BP Batam Ariastuty Sirait, Kepala Kantor Perwakilan BP Batam di Jakarta Purnomo Andiantono, dan sejumlah pejabat tingkat tiga di lingkungan BP Batam.

Para peraih penghargaan opini WTP dari BPK RI. Dok. BP Batam Para peraih penghargaan opini WTP dari BPK RI.

Selain BP Batam, opini WTP juga diserahkan kepada sejumlah kementerian dan lembaga, seperti Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Agama (Kemenag), dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Selanjutnya, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), dan Badan Pelaksana—Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BP-BPWS).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com