Advertorial

Kawasan Bintan Resort Mulai Disinggahi Kapal Pesiar, Bentuk Komitmen Gubernur Kepri Percepat Recovery Ekonomi

Kompas.com - 03/07/2022, 14:26 WIB

KOMPAS.com – Harapan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad agar sektor pariwisata di wilayahnya kembali menggeliat perlahan-lahan mulai terwujud.

Kawasan Wisata Bintan Resort kembali disinggahi kapal pesiar sejak sempat terhenti pada awal 2020 akibat pandemi Covid-19.

Genting Dream, nama kapal pesiar yang singgah ke perairan Kepri, bertolak dari Marina Bay Cruise Centre Singapura pada Jumat (1/7/2022) dan tiba di perairan Bintan pada Sabtu (2/7/2022) pagi.

Kedatangan kapal pesiar tersebut disambut dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bintan Resorts dengan Resort World Cruises di Doulos Phos The Ship Hotel, Lagoi, Bintan, Sabtu (2/7/2022).

MoU ditandatangani pihak pengelola kawasan wisata Bintan Resorts, yaitu Vice President Director PT Bintan Resort Cakrawala Frans Gunara dan Chief Operating Officer (COO) Resorts World Cruises Singapura Raymond Lim.

Ansar yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kepri Luki Zaiman hadir menyaksikan penandatanganan MoU tersebut.

Hadir pula Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, Bupati Bintan Roby Kurniawan beserta jajaran pemerintah, serta Chief Executive Officer (CEO) Gallant Venture Pte Ltd Eugene Cho Park.

Kerja sama tersebut merupakan bentuk dukungan Ansar terhadap percepatan investasi pariwisata di Kepri. Pasalnya, Bintan merupakan salah satu kawasan pariwisata unggulan di Kepri.

Penandatanganan MoU itu juga menjadi bukti keseriusan pemerintah daerah dalam percepatan recovery ekonomi di Kepri.

Singgahnya kembali kapal pesiar ke perairan Kepri juga membuka asa bagi Ansar yang selalu menyatakan harapannya pada beberapa kesempatan.

Dia berharap bahwa ke depannya penumpang kapal pesiar dapat pula singgah ke Pulau Penyengat yang sejalan dengan proyek revitalisasi Pulau Penyengat.

Acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bintan Resorts dengan Resort World Cruises di Doulos Phos The Ship Hotel, Lagoi, Bintan, Sabtu (2/7/2022). DOK. Humas Pemprov Kepulauan Riau Acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bintan Resorts dengan Resort World Cruises di Doulos Phos The Ship Hotel, Lagoi, Bintan, Sabtu (2/7/2022).

Penting diketahui, kerja sama mendatangkan kapal pesiar dari luar negeri di dekat kawasan wisata Bintan Resorts itu bukanlah yang pertama kalinya.

Sebab, sejak 2018, Bintan Resorts kerap disinggahi kapal pesiar. Namun, pelayaran kapal pesiar terpaksa berhenti karena pandemi.

Sebelumnya, kapal pesiar Voyager of the Seas milik perusahaan Royal Caribbean International juga sempat dua kali melakukan pelayaran di perairan Indonesia di Bintan Utara.

Kapal tersebut membawa 4.000 penumpang setiap berlayar untuk melancong ke Bintan Resorts melalui pelabuhan laut Bandar Bentan Telani yang terletak di dalam kawasan wisata ini.

Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab mengatakan, kapal pesiar Resorts World Cruises merupakan salah satu entry point yang dapat meningkatkan pengunjung internasional yang mayoritas berasal dari negara Singapura, India, Malaysia, dan wilayah regional lainnya.

“Diproyeksikan perjalanan mingguan kapal pesiar ini akan menyumbangkan angka pelancong berkisar rata-rata 4.000 hingga 5.000 orang per bulan. Kita sudah menandatangani nota kesepakatan untuk 52 minggu,” ungkap Abdul.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com