Advertorial

Praktis dan Lezat, Yuk Buat 4 Kreasi Menu Sarapan Berbahan Roti Tawar

Kompas.com - 04/07/2022, 00:11 WIB

KOMPAS.com – Sarapan punya peran penting bagi tubuh karena memberikan energi sebelum berkegiatan.

Fungsi sarapan ibarat bahan bakar tubuh. Nutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein pada sarapan mengandung kalori yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Oleh karena itu, sarapan yang praktis dan bernutrisi akan membantu kita untuk mengawali aktivitas sehari-hari.

Meski begitu, banyak orang masih mengabaikan sarapan. Salah satu alasannya adalah aktivitas pagi hari yang padat sehingga tak sempat menyiapkan sarapan. Padahal, menu makan pagi bisa dibuat dari bahan yang mudah didapat dan gampang disajikan, seperti roti tawar. Roti tawar yang lembut dan beraroma butter dapat meningkatkan selera makan sebelum beraktivitas.

Perlu diketahui, roti tawar juga mengandung berbagai nutrisi penghasil energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas, salah satunya karbohidrat. Selain dapat dimakan langsung, roti tawar juga mudah dikreasikan menjadi beragam menu sarapan.

Berikut adalah empat rekomendasi menu sarapan berbahan roti tawar yang praktis, lezat, dan cukup gizi. Keempat menu berikut bisa dibuat hanya dalam waktu kurang dari 15 menit.

  1. Roti gulung selai

    Paduan roti tawar dan selai umum dipilih banyak orang untuk menu sarapan. Selain lezat dan mudah dibuat, menu ini juga bergizi. Jadi, asupan karbohidrat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh sebelum memulai kegiatan pun dapat terpenuhi.

    Untuk membuatnya, siapkan beberapa lembar roti tawar. Lalu, pipihkan roti dengan menggunakan rolling pin. Setelah itu, oleskan selai buah favorit dan gulung.

    Agar lebih praktis, potonglah gulungan roti menjadi beberapa bagian. Anda bisa menambahkan bahan isian lain, seperti keju atau irisan buah, agar lebih lezat.

  2. Sandwich telur

    Selain roti tawar dan telur sebagai bahan utama, pada menu ini, Anda juga bisa menyiapkan selada, irisan tomat, serta keju, sebagai isian. Seluruh bahan tersebut akan memberikan banyak nutrisi bagi tubuh.

    Untuk membuat sandwich telur, hal pertama yang mesti dilakukan adalah mendadar telur. Sambil menunggu bahan tersebut matang, tata roti tawar dengan bahan isian.

    Setelah itu, letakkan telur di atas roti tawar yang sudah ditata. Tambahkan saus atau mayones untuk memperkaya rasa sandwich.

    Untuk memudahkan Anda dalam mengonsumsi, potonglah sandwich secara melintang atau berbentuk segitiga.

  3. Piza roti

    Berbeda dengan menu-menu sebelumnya, piza roti dibuat dengan cara dipanggang. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki wajan antilengket untuk membuat masakan tersebut.

    Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat piza roti adalah roti tawar, mentega, sosis atau daging yang sudah matang, parutan keju, dan saus bolognese.

    Langkah pertama pembuatan menu tersebut adalah siapkan roti dan olesi dengan saus bolognese secara merata. Lalu, tambahkan sosis, daging, dan keju sesuai selera.

    Setelah itu, oleskan mentega pada wajan yang sudah dipanaskan. Saat mentega mulai mencair, letakkan roti dan panggang hingga kecoklatan. Jika sudah, piza roti siap dihidangkan.

  4. Sandwich buah

    Pembuatan sandwich buah mirip dengan sandwich telur. Bedanya, bahan yang digunakan untuk isian adalah buah-buahan, seperti pisang, jeruk, kiwi, stroberi, dan anggur. Anda juga membutuhkan whipped cream.

    Untuk membuat sandwich buah, siapkan dua lembar roti tawar. Lalu, oleskan whipped cream pada salah satu lembar roti.

    Setelah itu, tambahkan buah-buahan yang sudah dipotong pada roti yang diolesi whipped cream dan tutup dengan roti tawar yang belum dilapisi krim. Kemudian, tekan pelan-pelan kedua sisi roti hingga teksturnya padat. Sandwich buah sudah dapat disajikan.

    Agar lebih mudah dimakan, Anda dapat memotong sandwich menjadi empat bagian.

    Itulah empat rekomendasi menu sarapan berbahan roti tawar yang bisa dicoba di rumah. Sajian-sajian tersebut juga cocok untuk sarapan bersama keluarga. Anda dapat memilih menu yang sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisi keluarga.


    Agar menu yang dibuat lebih lezat, Anda bisa menggunakan produk roti tawar keluaran terbaru dari Sari Roti, yakni Sari Roti Double Soft Premium, sebagai bahan dasar keempat menu tersebut. Selain rasanya yang premium, roti ini bertekstur lebih lembut daripada varian roti tawar lain sehingga bisa menjadi kesukaan keluarga.

    Sari Roti Double Soft Premium juga memiliki rasa yang enak sehingga bisa dikonsumsi langsung dengan atau tanpa topping. Roti ini juga mudah dikreasikan menjadi berbagai menu.

    Selain itu, Sari Roti Double Soft Premium juga mudah didapatkan. Anda dapat membeli produk ini di gerai minimarket terdekat. Anda pun bisa membelinya secara online melalui Whatsapp.

    Yuk, cukupi kebutuhan asupan nutrisi harian dengan sarapan sehat setiap hari bersama Sari Roti Double Soft Premium. Premium lembutnya, premium enaknya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com