Advertorial

Apresiasi Program Subsidi Tepat Sasaran, Ketua Organda Manado: Sopir Angkot Dapat Perlindungan Penerima Hak Subsidi

Kompas.com - 06/07/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com – Program bahan bakar minyak (BBM) subsidi tepat sasaran yang dijalankan Pertamina disambut baik dan didukung oleh berbagai elemen masyarakat di Indonesia.

Terbukti, semakin banyak masyarakat yang telah mendaftarkan kendaraannya sebagai pengguna BBM subsidi melalui website, aplikasi, dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina.

Salah satu dukungan datang dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organisasi Angkutan Darat (Organda) Manado Khazali.

Khazali mengatakan, sempat meragukan program Pertamina tersebut karena masyarakat, seperti sopir angkutan kota (angkot), akan mengalami kendala dalam mendaftar. Sebaliknya, program ini justru menjadi jawaban atas keluhan mereka selama ini.

“Selama ini, sopir angkot habis waktu untuk mengantre BBM karena mobil mewah ikut menikmati BBM bersubsidi. Kami sebagai sopir angkot wajib mendapatkan BBM bersubsidi. Jangan sampai jatah kami dimakan oleh mobil-mobil mewah karena semua ikut menimbrung di antrean BBM bersubsidi,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (6/7/2022).

Dengan kebijakan tersebut, Khazali melanjutkan, hanya masyarakat yang berhak, termasuk supir angkot, yang dapat menikmati BBM subsidi.

Para anggota organda pun telah diimbau untuk melakukan registrasi guna mengikuti sosialisasi program Pertamina tersebut secara bertahap.

Selain itu, dukungan terhadap program BBM subsidi tepat sasaran juga diberikan oleh dari Wali Kota Manado Andrei Angouw. Ia mengatakan, suatu kebanggaan bagi Kota Manado karena telah menjadi salah satu lokasi pertama implementasi program tersebut.

“Kami nilai, program tersebut dapat membantu konsumen dalam mengontrol pemakaian BBM, berperilaku hemat, dan memberikan kontribusi pajak kepada daerah nantinya,” ujar Andrei.

Ia pun turut mengajak warga Manado untuk menyukseskan program tersebut dengan mendaftarkan kendaraannya sesegera mungkin.

“Mari warga Manado, daftarkan ngoni pe oto ke dalam (website) subsiditepat.mypertamina.id,” ujarnya.

Antusiasme masyarakat

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting berterima kasih atas sambutan baik yang diberikan berbagai pihak dan masyarakat Indonesia. Terutama, mereka yang telah memberikan dukungan dan aksi nyata dengan melakukan registrasi ke sistem subsidi tepat sasaran.

“Berdasarkan data yang kami himpun, sejak Jumat (1/7/2022) hingga Selasa, total pendaftar se-Indonesia yang telah meregistrasikan kendaraannya di website subsiditepat.mypertamina.id sudah mencapai lebih dari 50.000. Masyarakat Kota Manado turut berkontribusi atas jumlah tersebut,” ujar Irto.

Ia melanjutkan, antusiasme masyarakat juga terlihat dari peningkatan jumlah pengguna aplikasi MyPertamina yang tercatat bertambah sebanyak 4 juta dalam waktu 4 hari. Saat ini, pengguna aplikasi ini telah mencapai lebih dari 28 juta dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurutnya, antusiasme yang besar itu menunjukkan bahwa para pengguna kendaraan bermotor mendukung langkah program subsidi tepat sasaran yang dilakukan Pertamina.

Ia menambahkan, pendaftaran masih terus dibuka bagi konsumen di seluruh Indonesia yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM subsidi. Selain melalui website dan aplikasi MyPertamina, masyarakat bisa mendaftar secara langsung dengan mendatangi booth pendaftaran di beberapa titik SPBU.

“Pertamina telah memberikan berbagai kemudahan untuk konsumen,” kata Irto.

Sebagai informasi, masyarakat Kota Manado yang ingin mengetahui mekanisme pendaftaran pengguna BBM Subsidi dapat mendatangi SPBU terdekat.

Selain itu, masyarakat juga dapat menghubungi call center Pertamina di nomor saluran 135, mengecek tautan mypertamina.id/faq-subsidi-tepat, atau mengikuti akun Instagram @mypertamina dan @ptpertaminapatraniaga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com