Advertorial

Ini 4 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan secara Alami agar Tubuh Tidak Overweight

Kompas.com - 06/07/2022, 12:56 WIB

KOMPAS.com - Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan atau overweight biasanya kerap dilanda rasa kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, jalan yang bisa ditempuh adalah mengurangi berat badan.

Walau tak semudah yang dibayangkan, menurunkan berat badan dapat dilakukan secara alami. Caranya, Anda harus mengatur pola makan yang sehat dengan mengendalikan asupan kalori dalam makanan. Lalu, perbanyak asupan protein dan mengurangi konsumsi makanan berlemak.

Lakukan langkah tersebut sembari rutin berolahraga. Apabila dilakukan dengan disiplin, Anda bisa mencapai berat badan ideal dalam jangka panjang.

Tantangannya, Anda perlu memperhatikan dan mengontrol perubahan gaya hidup, serta kebiasaan setelah berat badan turun.

Karena itu, cobalah untuk mengatur pola hidup selama menurunkan berat badan. Chief Executive Officer Rimbalife.id Clinton Augusto Kartawijaya punya tips-tips jitu berdasarkan pengalaman pribadinya.

Untuk diketahui, Clint melalui akun Instagramnya, @augstclint, mengaku pernah mengalami kesulitan menurunkan berat badan. Hal itulah yang membuat dirinya termotivasi untuk memproduksi merek Rimbalife.id. Adapun salah satu produk yang dihasilkan jenama tersebut adalah susu protein RimbaWhey yang dapat membantu diet secara alami.

Berikut tips menurunkan berat badan secara alami ala Clint.

  1. Ukur indeks massa tubuh (BMI)

“Sebelum memulai gaya hidup sehat sebagai upaya menurunkan berat badan, hitung indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) terlebih dahulu. Sebab, BMI merupakan ukuran yang dapat menentukan berat badan Anda kurang, kelebihan, atau ideal,” ujar Clint seperti dikutip lewat rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Selain itu, kata Clint, mengetahui BMI juga dapat membantu Anda untuk menentukan berat jumlah berat badan yang harus diturunkan. Sebagai contoh, orang yang masuk dalam kategori obesitas perlu menurunkan antara 5-10 persen berat awalnya.

Setelah mengetahui BMI, barulah Anda dapat mengatur pola makan dan aktivitas yang cocok untuk mengurangi berat badan.

  1. Makan dalam porsi kecil

Clint mengatakan, agar gula darah tidak melonjak atau turun drastis secara tiba-tiba, porsi makan harus dijaga. Makan dalam porsi makan seimbang atau kecil dapat membantu tubuh berfungsi dengan baik. Hal ini juga dapat mencegah kenaikan berat badan.

Selain itu, kadar glukosa yang tidak teratur juga dapat memicu ketidakstabilan tingkat energi. Alhasil, fungsi tubuh tidak bekerja dengan baik.

“Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa sesekali berpuasa atau intermittent fasting guna mengurangi berat badan,” tambahnya.

  1. Banyak konsumsi protein dan serat

Untuk mengurangi berat badan secara alami, hindari untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung banyak lemak dan kalori. Usahakan untuk selalu sarapan dengan menu yang mengandung nilai gizi sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.

“Adapun (gizi yang harus terkandung pada) sarapan dapat meliputi protein, karbohidrat, dan serat. Contoh menunya seperti telur, roti, yoghurt, susu protein, serta berbagai macam jenis sayuran untuk memenuhi gizi seimbang dan juga mengurangi lemak yang masuk dalam tubuh,” ujar Clint.

  1. Rutin olahraga

Clint berpendapat, upaya mengurangi berat badan tidak akan efektif dengan menjaga pola makan sehat saja. Upaya ini juga perlu diimbangi dengan aktivitas fisik. Bila merasa kesulitan mengimbangi aktivitas fisik yang intens, Anda bisa mencoba olahraga ringan yang bisa mengurangi berat badan, seperti olahraga cardio atau angkat beban.

Meski demikian, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat dan dipaksakan. Sebab, hal tersebut justru membuat tubuh menjadi stres.

“Berolahraga ringan secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot, mempercepat metabolisme, dan memudahkan penurunan berat badan,” ujar Clint.

Itulah empat cara mengurangi berat badan yang dirangkum oleh Clint. Ingat, tidak ada proses yang instan. Oleh karena itu, lakukan secara perlahan dan jangan paksakan kemampuan tubuh Anda, ya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com