Advertorial

Perkuat Kinerja Perbankan Internasional, BNI Dorong Kolaborasi Diaspora dan Layanan UMKM Go Global

Kompas.com - 12/07/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memperkuat kinerja perbankan internasional.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, potensi peningkatan kinerja perbankan internasional tergolong kuat. Pasalnya, perseroan berkode saham BBNI tersebut memiliki dua segmen bisnis strategis, yakni UMKM Go Global dan komunitas diaspora.

“Kinerja internasional BNI akan terus tumbuh positif. Kami mendorong kolaborasi antara UMKM Go Global dan diaspora, baik pekerja imigran maupun warga yang sudah menetap di mancanegara. Mereka menjadi target kami,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/6/2022).

Royke mengungkapkan bahwa saat ini, terdapat sekitar 8 juta diaspora di luar negeri yang berpotensi menjadi target BNI. Sebanyak 4 juta di antaranya merupakan pekerja imigran, sedangkan sisanya telah menjadi warga negara asing.

Jika diaspora menabung sebesar 1.000 dollar Amerika Serikat (AS) per tahun, lanjut Royke, potensi dana pihak ketiga (DPK) yang akan dihimpun BNI mencapai 8 miliar dollar AS.

Royke mengatakan, BNI juga akan menghadirkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia ke luar negeri guna mendukung tujuan tersebut sekaligus mendorong pelaku sektor ini semakin naik kelas. Upaya ini dilakukan dengan memanfaatkan jaringan komunitas diaspora.

Pengembangan layanan perbankan luar negeri yang dilakukan BNI tak lepas dari perannya sebagai salah satu bank milik negara. Terlebih, sejak memiliki kantor cabang di Singapura pada 1955.

Dalam upaya mengembangkan bisnis secara global, BNI memanfaatkan seluruh aset digitalnya. Sebut saja, BNI Mobile Banking untuk melayani transaksi internasional nasabah individu dan BNIDirect dalam melayani solusi bisnis.

Selain itu, BNI Xpora yang berfungsi meningkatkan kapasitas bisnis pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) juga bakal dimanfaatkan.

“BNI Xpora menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar di kancah global. Platform ini dapat diakses melalui domain xpora.id,” jelas Royke.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com