Advertorial

Ranca Upas Ciwidey, Tempat Wisata Ramah Anak di Bandung

Kompas.com - 15/07/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Kota Bandung menyimpan segudang destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Ranca Upas, misalnya, merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang mencengangkan.

Kawasan tersebut begitu memikat karena menawarkan pengalaman wisata yang seru dan asyik, mulai dari menikmati hamparan rumput hijau yang memanjakan mata, mandi air panas, hingga menjelajahi hutan sembari merasakan udara sejuk.

Pengalaman menarik apa lagi yang bisa Anda temukan selama di Ranca Upas? Simak ulasannya berikut ini!

  1. Berada di kawasan perbukitan

    Terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang, Ranca Upas dapat ditempuh sekitar dua jam dari pusat Kota Bandung.

    Berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), Anda akan disambut dengan suasana sejuk meski di siang hari. Adapun kisaran suhu kawasan ini berada di kisaran 17-23 derajat Celcius.

    Ranca Upas juga merupakan kawasan pelestarian dan konservasi berbagai tumbuhan langka. Jadi, selain jalan-jalan, Anda bisa mendapatkan berbagai edukasi di sini.

    Tidak jauh dari Ranca Upas, Anda dapat mengunjungi objek wisata lain, seperti Situ Patenggang, Kawah Putih, dan pemandian air panas alam Cimanggu.

  2. Berkuda dan bermain bersama kawanan rusa

    Saat berkunjung ke Ranca Upas, Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan. Selain berswafoto ria, Anda juga bisa memberi makan rusa-rusa jinak dengan pangan yang dijual di kawasan penangkaran.

    Anda juga dapat menyewa kuda selama berkeliling di Ranca Upas. Anda pun tidak perlu khawatir soal keamanan karena akan ada pemandu profesional yang mendampingi. Jika ingin melakukan aktivitas yang lebih menantang, cobalah mengendarai all-terrain vehicle (ATV) untuk menjelajahi segala bentuk medan jalan, aspal, rerumputan, dan area lumpur.

  3. Memanjakan diri dengan berendam

    Ranca Upas juga cocok bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari rutinitas harian. Kawasan ini memiliki program Healing Forest yang dapat membantu wisatawan menurunkan tingkat stres. Program ini dimulai dengan aktivitas menjelajahi hutan agar pengunjung dapat menikmati alam dengan memaksimalkan pancaindra.

    Selanjutnya, Anda akan diajak mengikuti meditasi dan kelas seni sederhana. Lalu, program ditutup dengan sesi tukar pikiran serta merendam kaki di onsen–kolam pemandian air panas a’la Jepang. Untuk mengikuti sesi ini, Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu dengan tarif Rp 300.000 per lima orang.

    Setelah seharian melakukan aktivitas seru, Anda bisa memanjakan diri dengan berendam di kolam air panas. Menghangatkan tubuh dari cuaca dingin Bandung sembari menghirup udara sejuk dapat menjadi pilihan tepat untuk menikmati waktu liburan.

  4. Pengalaman menginap di alam terbuka

    Untuk memasuki kawasan Ranca Upas seluas 215 hektare, Anda perlu membeli tiket masuk dengan harga Rp 27.000 per orang. Jika ingin bermalam, terdapat area camping ground yang aman dengan biaya tambahan sebesar Rp 15.000 per orang.

    Anda juga bisa menikmati sensasi menginap di igloo tent dengan tarif Rp 700.000 per tenda (weekdays) dan Rp 900.000 per tenda (weekend).

    Sementara itu, jika ingin menginap di luar kawasan Ranca Upas, ada banyak pilihan hotel di Bandung yang dapat Anda jadikan akomodasi selama berwisata.

    Terakhir, jangan lupa untuk mengisi perut yang keroncongan usai bermain seharian. Di sekitar kawasan Ranca Upas, Anda mudah menemukan warung-warung yang buka selama 24 jam dan menyediakan makanan ringan, minuman, hingga menu nasi lengkap.

    Itulah ulasan seputar Ranca Upas, salah satu tempat wisata di Bandung yang ramah anak. Pastikan kawasan ini masuk ke dalam bucket list untuk liburan bersama keluarga, sahabat, atau pasangan, ya.

    Bagi yang berada di luar kota dan tertarik berkunjung ke Bandung pada weekend mendatang, Anda bisa pesan tiket pesawat, kereta, bus dan travel, serta hotel di Bandung dengan harga terbaik hanya di Pegipegi.

    Temukan juga berbagai promo menarik untuk #PegipegiLagi #PegipegiYuk yang lebih hemat! Jangan lupa pula untuk selalu jaga protokol kesehatan kapan dan di mana pun demi keamanan, kenyaman, dan kesehatan Anda selama liburan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com