Advertorial

Jawab Kekhawatiran Orangtua, Mayapada Hospital Hadirkan Layanan Dokter Anak Multisubspesialisasi

Kompas.com - 15/07/2022, 23:07 WIB

KOMPAS.com – Orangtua kerap bingung ke mana harus membawa anak yang sakit. Testimoni dari kerabat atau tetangga yang pernah mengalami pengalaman serupa menjadi referensi pengobatan.

Tak jarang, anak dibawa pada fasilitas-fasilitas kesehatan yang direkomendasikan orang dewasa atas dasar kesamaan gejala yang diderita. Padahal, hal ini justru menimbulkan masalah baru.

Perlu diketahui, jenis penyakit yang sama, seperti diare, flu, sakit perut, atau masalah jantung, yang diderita anak dan orang dewasa bisa saja berbeda-beda. Apalagi, saat ini, penyakit yang umumnya diderita orang dewasa juga mulai ditemukan pada anak-anak dan remaja.

Hal tersebut menunjukkan bahwa penyakit anak perlu penanganan khusus dan komprehensif dari dokter anak dengan subspesialis khusus pula. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan penanganan tepat dan hasil maksimal.

Sebagai contoh kasus, seorang anak mengeluhkan bengkak dan nyeri sendi tanpa ada riwayat cedera sebelumnya. Setelah diperiksa secara mendalam oleh dokter spesialis anak, keluhan tersebut merupakan gejala dari gangguan imunologi anak. Dengan demikian, dokter tersebut dapat berkolaborasi dengan dokter spesialis anak dengan subspesialis alergi dan imunologi anak untuk penanganan yang tepat.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Pediatric Center Mayapada Hospital hadir dengan pendekatan multisubspesialisasi. Pendekatan ini hadir untuk membantu para orangtua dalam memenuhi kebutuhan anak yang spesifik. Jadi, anak bisa mendapatkan perawatan yang tepat dan meminimalisasi risiko komplikasi.

Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan dr Benny H Tumbelaka, SpOT, MHKes, MARS mengatakan bahwa layanan unggulan anak di Mayapada Hospital merupakan layanan yang komprehensif dan terintegrasi.

Pasalnya, Pediatric Center Mayapada Hospital didukung oleh tim multisubspesialis yang ahli di bidangnya. Fasilitasnya pun lengkap sehingga dapat menunjang diagnosis.

“Layanan tersebut didesain dan dibangun sedemikian rupa untuk mengakomodasi kebutuhan ibu dan anak sehingga memberikan perasaan aman. Dengan demikian, anak, orangtua, dan pendamping merasa nyaman ketika menjalankan proses perawatan kesehatan selama di rumah sakit,” ujar dr Benny dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Dokter Benny melanjutkan, subspesialis bagian anak hadir karena Mayapada Hospital memahami kekhawatiran orangtua saat menghadapi anak yang sakit.

“Kami juga ingin memberikan perawatan yang terbaik dan tepat pada buah hati. Sebab, apabila kompleksitas penyakit anak yang tidak ditangani dengan tepat dan baik dapat menimbulkan risiko yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Layanan pediatri lengkap dan nyaman

Dokter Benny menuturkan bahwa dari 56 dokter anak yang ada di Mayapada Hospital, 34 di antaranya merupakan dokter subspesialis khusus anak. Adapun dokter anak tersebut meliputi Konsultan Hati dan Saluran Cerna Anak Dr dr Eva Jeumpa Soelaeman, SpA(K) dan dr Nuraini Irma Susanti, SpA(K).

Kemudian, Konsultan Paru dan Pernapasan ditangani oleh dr Madeleine Ramadhani Jasin SpA(K) dan Konsultan Alergi dan Imunologi Anak oleh dr Harun Wijaya, SpA(K).

Untuk permasalahan anak yang rumit dan membutuhkan penanganan khusus, seperti tumor, kanker, dan kelainan darah, orangtua bisa berkonsultasi dengan dr Sri Mufti Ardani Fita Moeslichan, SpA dan Dr dr Aulia Fitri Swity, SpA(K).

Pediatric Center Mayapada Hospital juga menyediakan Konsultan Mata Anak, Konsultan Saraf Anak, serta Konsultan Kegawatdaruratan dan Perawatan Intensif untuk kasus-kasus yang membutuhkan penanganan intensif.

Selain itu, ada pula Konsultan Jantung dan Kelainan Anak untuk menangani permasalahan jantung pada anak. Untuk kasus yang memerlukan tindakan pembedahan, Pediatric Center Mayapada Hospital menyiapkan Konsultan Bedah Jantung dan Bedah Umum Anak

Terdapat pula Konsultan Infeksi Tropik Khusus untuk penyakit tropik dan konsultan kasus-kasus pada bayi baru lahir atau neonatal, hingga Konsultan Gigi Anak.

Untuk diketahui, layanan unggulan anak Mayapada Hospital tersedia di semua unit jaringan rumah sakit tersebut dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung.

Layanan dilengkapi dengan ruang tunggu poli yang luas, menarik, dan nyaman. Ada pula ruang laktasi untuk ibu menyusui, pojok bermain anak untuk mengeksplor kreativitasnya, serta sistem administrasi terintegrasi yang berada dalam ruang yang sama dengan Pediatri Center.

Sebagai informasi, layanan pediatri di Mayapada Hospital terpisah dari gedung perawatan Covid-19 dan didisinfeksi secara berkala setiap hari. Dengan demikian, orangtua bisa merasa aman dan nyaman ketika mendampingi buah hati sepanjang proses perawatan di Mayapada Hospital.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang layanan kesehatan anak di Mayapada Hospital, Anda dapat mengunjungi laman web www.mayapadahospital.com. Anda juga dapat menghubungi call center Mayapada Hospital di nomor saluran 150770.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com