Advertorial

Tingkatkan Kualitas Pendamping Nasabah, PNM Adakan Program Pelatihan Community Leaders

Kompas.com - 16/07/2022, 17:54 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bersama Karya Digital Madani (KDM) menyelenggarakan Pelatihan Community Leaders dengan tema “Insan PNM Berkualitas, Dukung UMKM Naik Kelas” di Menara PNM, Jakarta Selatan (Jaksel), Jumat (15/7/2022).

Pelatihan yang diadakan melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) tersebut merupakan wujud komitmen pendampingan PNM dengan nasabah dalam membangun hubungan emosional.

Selain itu, program pelatihan juga bertujuan untuk mendukung para pendamping nasabah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang berdampak baik kepada kemajuan usaha nasabah PNM.

Untuk diketahui, community leaders atau pemimpin komunitas adalah para pendamping yang membantu nasabah PNM Mekaar saat melakukan pelatihan agar usahanya semakin maju dan naik kelas.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Direktur Utama PNM Arief Mulyadi, Direktur Operasional PNM Sunar Basuki, Direktur Utama PNM Venture Capital Rahfie Syaefulshaaf, Kepala Divisi PKU Dicky Fajrian, dan narasumber Catharina Martha selak.

Arief mengatakan, program Pelatihan Community Leader hadir untuk menciptakan agen perubahan yang berperan besar dalam kegiatan pemberdayaan nasabah pada era digitalisasi.

Adapun pelatihan kali ini merupakan pertemuan pertama bagi para pendamping nasabah yang juga akan dilakukan secara nasional.

“Pelatihan ini adalah bentuk kolaborasi PNM PKU dengan KDM. Mereka (KDM) yang memfasilitasi materi pelatihan dan program di media sosial (medsos), seperti Bakool, Produk Keren UMKM (PKU), Belajar Bareng PNM, dan Ngobrol Bareng PNM,” ujar Arief dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (16/7/2022).

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi. Dok. PNM Direktur Utama PNM Arief Mulyadi.

Arief menambahkan, program pelatihan PNM tersebut dihadiri oleh sekitar 180 peserta yang merupakan pendamping nasabah PNM Mekaar.

“Semuanya adalah kepala cabang dan account officer dari kantor cabang PNM yang ada di wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta,” terangnya.

Sebagai informasi, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 87.18 triliun kepada total 12,16 juta nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,16 juta nasabah hingga Jumat (15/7/2022).

Saat ini, PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, serta 5.640 Kecamatan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com