Advertorial

Ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards Ke-8 Diharapkan Jadi Simbol Kebangkitan Sektor Properti

Kompas.com - 19/07/2022, 17:56 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan manufaktur asal Amerika Serikat (AS), Kohler, segera mengadakan ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-8 di Hotel The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Ajang tersebut kembali hadir untuk memberikan penghargaan kepada para pengembang terbaik di Indonesia.

Seperti diketahui, properti merupakan salah satu sektor terdampak secara signifikan selama pandemi Covid-19.

Namun, berdasarkan data dari situs properti Rumah.com, sektor properti mulai kembali bergeliat pada kuartal I 2022. Hal tersebut terlihat dari peningkatan indeks harga perumahan.

Oleh karena itu, PropertyGuru Indonesia Property Awards 2022 juga diharapkan dapat menjadi simbol kebangkitan sektor real estat.

Pada tahun ini, PropertyGuru Indonesia Property Awards akan menghadirkan kategori penghargaan baru, yakni Best Luxury Developer dan Best Overseas Developer.

Selain itu, pengembang dengan proyek residensial dan komersial juga dapat bersaing untuk mendapatkan penghargaan yang belum pernah dihadirkan sebelumnya.

Penghargaan tersebut akan diberikan untuk produk pengembang yang memenuhi sejumlah kriteria, seperti transit-oriented, bermerek, ramah hewan peliharaan, ramah lingkungan, cerdas, dan berorientasi kesehatan di Indonesia.

Secara total, PropertyGuru Indonesia Property Awards memberikan 60 kategori penghargaan pada tahun ini.

Senior Director and Head of Advisory PT Jones Lang Lasalle (JLL) Indonesia sekaligus Ketua Panel Juri Independen PropertyGuru Indonesia Property Awards Vivin Harsanto mengatakan, pengembang properti Indonesia termasuk yang paling cepat tumbuh di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan, berdasarkan kualitas konstruksi dan desain, para pengembang asal Indonesia terbukti mampu bersaing dengan pengembang internasional.

“Beberapa pengembang Indonesia telah membuktikan kualitasnya dan berhasil memenangkan PropertyGuru Asia Property Awards pada 2021 melalui proyek-proyeknya,” ujar Vivin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Vivin menambahkan, pendaftaran peserta PropertyGuru Asia Property Awards akan ditutup pada Jumat (19/8/2022).

Kemudian, penyelenggara akan melakukan inspeksi lokasi, mulai senin (5/9/2022) hingga Jumat (30/9/2022). Adapun penjurian terakhir akan diadakan pada Selasa (4/10/2022).

Setelah itu, ajang PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-8 akan diselenggarakan di Hotel The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta pada Jumat (11/11/2022).

“Pemenang utama PropertyGuru Indonesia Property Awards 2022 berhak bersaing untuk mendapatkan penghargaan Best of Asia pada Grand Final PropertyGuru Asia Property Awards ke-17 yang akan berlangsung pada Jumat (9/12/2022), di Bangkok, Thailand,” terang Vivin.

Untuk diketahui, pada 2021, perusahaan pengembang Indonesia, Sinar Mas Land, berhasil meraih gelar Best Developer (Asia) pada grand final edisi ke-16.

Penghargaan tersebut adalah satu dari tujuh gelar ‘Best in Asia’ yang diberikan kepada perusahaan dari Indonesia pada Grand Final PropertyGuru Asia Property Award.

Tingkatkan kualitas pengembang lokal

Kualitas dan prestasi yang ditunjukkan oleh pengembang lokal mampu menarik minat berbagai perusahaan internasional untuk bekerja sama. Utamanya, dalam mengembangkan proyek multiguna dan pembangunan rumah tapak.

“Kehadiran pengembang asing ternama yang dipimpin oleh perusahaan Jepang ke Indonesia dan bekerja sama dengan pengembang lokal tentu sangat baik. Sebab, bisa menjadi salah satu faktor yang membuat standar kualitas kami (pengembang lokal) semakin tinggi,” ucap Vivin.

Vivin menambahkan, saat ini, pengembang Indonesia juga telah beradaptasi dengan baik terhadap penggunaan teknologi. Bagi sektor properti, hal tersebut menjadi salah satu poin penting agar dapat membangun bisnis yang berkelanjutan.

 “Mereka mengikuti tren untuk membentuk masa depan real estat dengan memprioritaskan kesehatan, kebugaran, teknologi, dan keberlanjutan proyek,” terangnya.

Sebagai informasi, PropertyGuru Indonesia Property Awards edisi 2022 akan diselenggarakan secara hibrida, yakni virtual dan tatap muka.

Adapun program Penghargaan Properti PropertyGuru Indonesia Tahunan ke-8 didukung oleh sejumlah pihak, seperti Kohler, Rumah.com, PropertyGuru Property Report, Publicom Communications, Suara Indonesia, dan Kompas.com.

Selain itu, LST Yayasan Baan Dek, International Finance Corporation–Excellence in Design for Greater Efficiency, dan HLB.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com