Advertorial

Mengenal Karakteristik Software Akuntansi untuk Dukung Perkembangan Bisnis

Kompas.com - 21/07/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com – Akuntansi memegang peranan penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Pasalnya, akuntansi memiliki sejumlah fungsi, yakni membantu stakeholders mengambil keputusan, berperan sebagai pengendali keuangan, penyedia informasi tentang keuangan, serta penghubung dengan pihak ketiga.

Perkembangan bisnis di era digital menuntut proses akuntansi yang lebih cepat. Tak heran, penggunaan software akuntansi semakin dibutuhkan. Pasalnya, software akuntansi menawarkan pencatatan data keuangan yang lebih cepat dan akurat.

Sebelum memilih, Anda perlu memahami delapan karakteristik software akuntansi yang wajib ada untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan bisnis.

  1. Laporan keuangan

Laporan keuangan diperoleh dari proses akuntansi bisnis. Penggunaan software akuntansi memudahkan pembuatan laporan keuangan perusahaan. Terlebih, sebanyak 50 persen perusahaan menggunakan software akuntansi untuk pencatatan laporan keuangan.

Dengan menggunakan software tersebut, proses laporan keuangan yang panjang dan rumit dapat dilakukan secara otomatis dan real-time.

  1. Purchasing

Setiap kegiatan bisnis tentu melakukan pemesanan barang dan jasa (purchasing) untuk melancarkan kegiatan operasional. Pada kegiatan ini, volume transaksi dapat terjadi secara masif dalam sehari.

Software akuntansi dapat membantu pemilik usaha saat melakukan purchasing. Melalui software ini, pemilik usaha dapat melihat status sekaligus laporan transaksi, mulai dari pembelian, jatuh tempo, hingga pelunasan. Semua itu dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Selain itu, software akuntansi biasanya sudah dibekali fungsi pembuatan faktur, retur pembelian, serta pengiriman pada supplier.

  1. Cash flow forecasting

Karakteristik software akuntansi berikutnya adalah kemampuan memprediksi cash flow keuangan perusahaan untuk beberapa waktu ke depan. Kemampuan ini diperoleh dengan cara mengolah seluruh data pada sistem yang pernah dimasukkan sebelumnya.

Berdasarkan data tersebut, software akuntansi akan mencari pemasukan rutin dan kecenderungan pengeluaran perusahaan dalam beberapa periode.

  1. Manajemen utang dan piutang

Manajemen utang dan piutang cukup merepotkan jika pencatatannya dilakukan secara manual. Tak heran, sebagian besar perusahaan menggunakan software akuntansi untuk melakukan aktivitas ini.

Software akuntansi bisa membuat pengaturan manajemen utang dan piutang secara otomatis, mulai dari pencatatan, penagihan, pembayaran, penerbitan faktur, hingga pengarsipan.

Pencatatan secara digital dan otomatis tersebut membuat manajemen utang dan piutang lebih mudah dan efisien.

  1. Manajemen persediaan

Selain manajemen utang piutang, software akuntansi juga mampu mengefisiensikan pencatatan manajemen persediaan. 

Fungsi tersebut umumnya diandalkan oleh pemilik usaha ritel. Pasalnya, bidang ini mengandalkan pencatatan banyak barang.

Melalui software akuntansi, kontrol stok barang dapat dilakukan lebih baik. Bahkan, proses inventori barang secara periodik dan integrasi data inventori dengan pencatatan keuangan juga bisa dilakukan.

  1. Budgeting

Perusahaan biasanya akan melakukan budgeting rutin dalam pengaturan keuangan setiap awal bulan. Kegiatan ini bertujuan agar biaya yang dikeluarkan dalam satu bulan ke depan tidak melebihi kemampuan perusahaan.

Selama budgeting, software akuntansi bisa mengalkulasikan kebutuhan yang harus dikeluarkan dan membuat penganggaran untuk estimasi dana.

  1. Keamanan

Software akuntansi punya karakteristik keamanan yang lebih kuat jika dibandingkan laporan keuangan yang dibuat secara manual.

Sebab, data yang dimasukkan dan tersimpan pada program sudah terlindungi firewall. Dengan demikian, pihak lain yang tidak memiliki hak akses tak akan bisa melihatnya.

  1. Rekonsiliasi bank

Selain memudahkan pengelolaan bisnis, software akuntansi juga memudahkan rekonsiliasi dengan pihak luar, khususnya bank.

Seperti diketahui, urusan birokrasi kerap menjadi penghalang bagi pelaku bisnis. Untungnya, hal ini dapat diminimalisasi dengan memanfaatkan software akuntansi.

Pasalnya, software akuntansi memiliki program untuk menghubungkan dan menyinkronkan data di rekening bank perusahaan. Hal tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah serta data terkini dari pencatatan akuntansi.

Semua fungsi dan karakteristik software akuntansi di atas terdapat pada Olsera Point of Sale (POS). Salah satu pihak yang telah merasakan manfaat, fungsi, serta keandalan software akuntansi Olsera POS adalah pemilik Raaxo Coffee, Fadly.

Fadly mengatakan, aplikasi kasir Olsera POS membantu dan meringankan pekerjaannya bersama tim Raaxo Coffee. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur lengkap serta penggunaannya mudah dipahami.

Selain itu, software tersebut juga dapat terhubung dengan e-wallet sehingga memudahkan serta melancarkan setiap transaksi pelanggan di toko.

“Fitur lain pada Olsera POS juga terbukti memudahkan pengelolaan bisnis Raaxo Coffee,” ujar Fadly dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (20/7/2022).

Fadly menjadi satu dari sekian banyak pemilik usaha yang sudah merasakan manfaat dan keandalan Olsera POS dalam mengelola bisnis.

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi Olsera POS yang dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan bisnis perusahaan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur lengkap Olsera POS, Anda bisa mengakses laman olsera.com.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com