Advertorial

Daripada “Nganggur”, Manfaatkan Propertimu untuk 4 Bisnis Berikut

Kompas.com - 21/07/2022, 14:36 WIB

KOMPAS.com – Selain sebagai hunian, properti bisa dimanfaatkan sebagai salah satu instrumen investasi untuk menambah penghasilan.

Pasalnya, rumah bisa digunakan untuk bisnis sampingan. Hal ini tentu bisa menjadi ladang keuntungan sekaligus tabungan untuk masa depan.

Dewasa ini, pemanfaatan rumah sebagai lahan bisnis mulai beragam. Tak hanya diperjualbelikan, Anda juga dapat memanfaatkan properti untuk deretan bisnis berikut.

1. Sewa rumah

Opsi ini cocok dipilih jika properti berada di dekat kampus atau perkantoran. Anda bisa menjadikan rumah sebagai indekos atau kontrakan.

Agar kondisi aset tetap terjaga, Anda harus membuat aturan, syarat, dan ketentuan yang harus dipatuhi penyewa. Langkah ini perlu dilakukan agar hak dan kewajiban antara Anda dan penyewa terkait properti jelas sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

Perlu diperhatikan, bisnis sewa rumah juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya terkait perawatan rumah. Sebab, belum tentu penyewa bisa menjaga rumah dengan baik.

2. Rumah syuting

Jika memiliki rumah yang cukup luas, Anda bisa memanfaatkannya sebagai lokasi syuting. Biasanya, rumah untuk syuting disewakan secara harian.

Untuk menunjang bisnis tersebut, Anda bisa menyulap rumah menjadi bangunan yang estetik dan rapi. Anda juga harus menyediakan daya listrik yang tinggi karena peralatan syuting membutuhkan keperluan listrik yang besar.

3. Studio foto

Selain menjadi lokasi syuting, Anda juga bisa menyewakan rumah sebagai studio foto untuk pemotretan prewedding atau keperluan lain.

Agar studio tampak lebih menarik, tata dan sediakan beberapa spot foto di setiap ruangan yang ada di rumah. Lengkapi juga dengan perabotan yang bisa mendukung pemotretan, seperti kursi, bantal, dan karpet.

4. Cloud kitchen

Cloud kitchen merupakan bisnis dapur bersama yang menyediakan fasilitas untuk beberapa usaha kuliner dengan sistem penjualan pesan antar makanan. Singkatnya, properti disewakan sebagai dapur sekaligus lokasi pick up makanan atau minuman yang dijual.

Saat ini, model bisnis cloud kitchen sedang meningkat, terutama di kota besar. Jika aset properti yang Anda miliki luas, opsi ini bisa jadi pertimbangan untuk menambah pendapatan.

Itulah empat cara menambahkan penghasilan dari properti yang Anda miliki. Pilihlah model bisnis rumah yang cocok dengan properti Anda.

Sebagai informasi, jika sudah siap dan ingin memiliki properti, Anda bisa cek harga rumah di wilayah pilihan pada tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com