Advertorial

Jadi Penggerak Koperasi Terbaik, Mas Dhito: Masih Banyak Hal Perlu Dipelajari

Kompas.com - 22/07/2022, 10:38 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau akrab dipanggil Mas Dhito mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Daerah Penggerak Koperasi Terbaik dalam Peringatan Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kediri, Jatim, Kamis (21/7/2022).

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kepedulian Mas Dhito terhadap koperasi. Ia dinilai berkomitmen untuk terus mendorong koperasi serta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kediri supaya lebih berkembang dan berdaya saing.

"Pembinaan koperasi di Kabupaten Kediri sejauh ini sudah sangat baik," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Salah satu bentuk pemberdayaan yang dilakukan Mas Dhito adalah dengan mendirikan klinik koperasi dan UMKM. Dengan kehadiran klinik ini, pemerintah daerah dapat membantu koperasi dan UMKM yang mengalami permasalahan melalui serangkaian pembinaan dan pendampingan terpadu.

Adapun pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah, yaitu mulai dari pemberian layanan konsultasi, informasi bisnis, bantuan advokasi bisnis, layanan short course, akses pembiayaan, akses pemasaran, fasilitasi perijinan, hingga pelatihan. Klinik yang didirikan tersebut juga didampingi oleh konsultan manajemen koperasi dan UMKM.

Bupati Kediri setelah menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Penggerak Koperasi Terbaik dalam Peringatan Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jawa Timur. Dok. Pemkab Kediri Bupati Kediri setelah menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Penggerak Koperasi Terbaik dalam Peringatan Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jawa Timur.

Meski demikian, Mas Dhito tidak menampik bahwa masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi dalam mengembangkan koperasi di Kabupaten Kediri.

"Karena banyak hal yang harus dipelajari untuk Kabupaten Kediri, (seperti) cara menata koperasi dengan baik dan benar," katanya.

Lebih lanjut, Mas Dhito juga mengatakan bahwa sejak awal dirinya telah mendukung ditunjuknya Kabupaten Kediri sebagai tuan rumah Peringatan Hari Koperasi ke-75 Provinsi Jatim.

Ia juga berharap, koperasi dapat terus maju dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Hal ini mengingat usianya yang sudah 75 tahun dan telah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com