Advertorial

Kunjungi Jawa Timur, KOTRA Dukung Pengembangan Smart City

Kompas.com - 22/07/2022, 19:38 WIB

KOMPAS.com - Korea Trade-Investment Promotion Agency (KOTRA) Surabaya memfasilitasi presentasi terkait pengembangan smart city untuk wilayah Jawa Timur (Jatim) di Vasa Hotel Surabaya, Kamis (21/7/2022).

Presentasi tersebut adalah salah satu bentuk dukungan divisi Information and Communications Technology (ICT) KOTRA untuk perusahaan asal Korea Selatan yang fokus pada bidang teknologi smart city, khususnya bidang smart lighting, Ecolant. Kegiatan ini dihadiri oleh 34 perusahaan, kantor perwakilan pemerintah, dan universitas.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Promosi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jatim Norma Isnawati.

Adapun materi presentasi dibawakan oleh General Manager Ecolant Baik Young-ho.

General Manager Ecolant Baik Young-ho saat melakukan presentasi.Dok. KOTRA General Manager Ecolant Baik Young-ho saat melakukan presentasi.

Sebagai informasi, ICT KOTRA adalah konsorsium yang bertujuan untuk mendukung setiap proyek perusahaan asal Korea Selatan dalam melakukan riset pasar, pemasaran lokal, dan pembentukan jaringan klien melalui jaringan kantor KOTRA di seluruh dunia.

Konsorsium tersebut meliputi sektor smart city, smart farm, digital government, smart learning, dan 5G.

Direktur KOTRA Surabaya Kim Jun-sung mengatakan, KOTRA selaku jembatan penghubung antara Korea Selatan dan Indonesia akan terus memberikan dukungan. Apalagi, saat ini, proyek yang sempat terhenti akibat Covid-19 mulai berjalan kembali.

Kegiatan presentasi dari Ecolant yang diadakan di Surabaya, Jatim.Dok. KOTRA Kegiatan presentasi dari Ecolant yang diadakan di Surabaya, Jatim.

“Tingginya permintaan akan pengembangan infrastruktur, terutama smart city dan teknologi yang baru di Indonesia adalah sebuah peluang yang potensial. Jadi, kerja sama antara Indonesia dan Korea Selatan melalui teknologi yang inovatif dapat tercipta,” ujar Kim dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Selain presentasi, KOTRA juga melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Madiun pada Jumat.

KOTRA bersama Ecolant saat mengunjungi Pemkab Madiun.Dok. KOTRA KOTRA bersama Ecolant saat mengunjungi Pemkab Madiun.

Pada kunjungan tersebut, KOTRA dan Ecolant bertemu dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun untuk berdiskusi lebih jauh mengenai proyek smart city. Utamanya, terkait proyek pemasangan lampu dari Ecolant yang akan dilaksanakan mulai Januari 2023.

Pada proyek tersebut, Ecolant akan memasang sekitar 2.000 smart lamp senilai 400.000 dollar Amerika Serikat (AS). Pemasangan smart lamp ini diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagi proyek smart city lainnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com