Advertorial

Pendaftar Program Subsidi Tepat Sasaran Tembus Lebih dari 220.000 Kendaraan

Kompas.com - 24/07/2022, 16:27 WIB

KOMPAS.com – Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Pertamina Patra Niaga, mengapresiasi masyarakat yang telah mendaftarkan diri pada Program Subsidi Tepat Sasaran.

Adapun pendaftaran dilakukan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau lokasi yang ditentukan, laman subsiditepat.mypertamina.id, serta aplikasi MyPertamina.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, saat ini seluruh proses pendaftaran masih terus berlangsung. Jumlah kendaraan yang telah terdaftar hingga Sabtu (23/7/2022) sebanyak lebih dari 220.000 unit.

“Dari jumlah tersebut, hampir 80 persen kendaraan yang terdaftar adalah jenis kendaraan yang mengonsumsi Pertalite. Sementara itu, sisanya pengguna solar subsidi,” ujar Irto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (24/7/2022).

Masyarakat yang mendaftarkan kendaraannya pada Program Subsidi Tepat, lanjut Irto, tidak hanya terbatas pada kota atau kabupaten yang periode pendaftarannya telah dibuka secara resmi, tapi dari seluruh provinsi di Indonesia.

Melihat tingginya animo masyarakat dari seluruh wilayah untuk mengikuti program tersebut, Pertamina Patra Niaga sudah memperluas wilayah pendaftaran hingga 50 kota atau kabupaten pada beberapa waktu lalu.

“Perluasan tersebut dibarengi dengan evaluasi. Bagaimana kesiapan sistem serta pelaksanaan di lapangan dalam menentukan wilayah mana yang akan menjalankan Program Subsidi Tepat,” ujarnya. 

Untuk memudahkan akses masyarakat dalam mendaftarkan kendaraannya, lanjut Irto, Pertamina Patra Niaga juga memastikan kesiapan di lapangan dengan menyediakan booth pendaftaran langsung. Masyarakat hanya perlu mendatangi booth tersebut dengan membawa dokumen pendukung.

Petugas di tiap booth pendaftaran pun akan membantu proses pengisian data para calon pendaftar. Irto mengatakan booth pendaftaran langsung tersebut khusus disediakan untuk masyarakat yang tidak memiliki handphone atau akses internet.

“Bagi masyarakat yang memiliki handphone atau akses internet, bisa langsung mendaftar ke website subsiditepat.mypertamina.id atau melalui menu Subsidi Tepat di Aplikasi MyPertamina. Tinggal isi dan upload dokumen yang diperlukan,” tutur Irto. 

Dia menegaskan bahwa saat ini pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dibuka. Pembelian Pertalite dan solar subsidi juga masih dilakukan seperti biasa dan belum ada pembatasan.

Ke depan, Program Subsidi Tepat Sasaran akan disinergikan dengan regulasi penetapan penyaluran BBM subsidi yang ditentukan pemerintah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Program Subsidi Tepat Sasaran, masyarakat dapat mengecek akun media sosial resmi Pertamina di @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina, serta menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com