Advertorial

Gernas BBI 2022 Kalsel: Pertamina Dukung Percepatan Pemulihan UMKM dari Dampak Pandemi

Kompas.com - 24/07/2022, 20:08 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) menggelar Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI untuk percepatan pemulihan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Untuk mendukung kebangkitan UMKM yang akan memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan bangsa,” kata Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (24/7/2022).

Melalui gerakan ini, lanjut Nicke, Pertamina memberi berbagai dukungan pembinaan kepada lebih dari 66 ribu UMKM mitra binaan yang tersebar di seluruh Tanah Air. Dukungan tersebut diharapkan dapat mempercepat kebangkitan kembali UMKM setelah dihantam pandemi sejak 2020.

“Kami yakin berbagai rangkaian kegiatan Gernas BBI dapat membantu UMKM dalam mempromosikan produk unggulannya serta membangun motivasi para pelaku UMKM agar tetap bertahan, terus berkembang, dan naik kelas, sehingga produknya dapat dikenal tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di internasional,” tuturnya. 

Menurut Nicke, perilaku konsumen yang bergeser ke belanja online selama pandemi Covid-19 mengharuskan para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dengan platform digital. Misalnya, memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen dan meningkatkan awareness sehingga dapat memperluas pangsa pasar.

Menjawab kebutuhan tersebut, Gernas BBI 2022 yang digelar di Kalimantan Selatan ini menjadi ajang bagi para pelaku UMKM lokal untuk mempromosikan dan mengampanyekan brand serta produknya agar dikenal hingga mancanegara.

Sejak 2020, melalui program Pendanaan UMK dan Rumah BUMN, Pertamina telah menyelenggarakan hampir seribu kegiatan online training, baik melalui sosial media maupun webinar, dengan total peserta mencapai lebih dari 36 ribu orang.

Nicke mengatakan Pertamina secara konsisten melakukan pembinaan UMK agar naik kelas dengan melakukan pembinaan sesuai kurikulum go modern, go digital, go online, dan go global.

“Dengan semangat 'Energizing You dan Energizing Indonesia', Pertamina mengajak seluruh masyarakat untuk dapat meningkatkan kepedulian dalam mencintai dan membeli produk-produk Indonesia, serta bangga menggunakan produk dalam negeri,” pungkasnya.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui implementasi program-program berbasis environmental, social, and governance (ESG) di seluruh wilayah operasionalnya. Ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com