Advertorial

Wamendagri Apresiasi Berbagai Pihak atas Dukungan terhadap Pembentukan Provinsi Papua Tengah

Kompas.com - 26/07/2022, 10:25 WIB

KOMPAS.com – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengapresiasi berbagai pihak atas dukungan dan komitmen terhadap Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tengah.

Apresiasi tersebut disampaikan Wempi saat melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, Senin (25/7/2022).

Ia juga meyebut salah satu dukungan didapat dari Bupati Nabire Mesak Magai. Ia terkesan karena Bupati Nabire berencana merelakan rumah dinasnya untuk ditempati Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah.

“Bupati Nabire mengatakan, beliau (Pj Gubernur Papua Tengah) tinggal di rumah pribadi saya saja. Jadi, rumah dinas saya serahkan kepada Pj Gubernur untuk bisa membangun wilayah Papua Tengah,” ujar Wempi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Di sisi lain, dukungan juga diwujudkan dengan disiapkannya lahan untuk jajaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Papua Tengah. Menurut Wempi, kesediaan para Bupati dan masyarakat menunjukkan dukungan terhadap pembangunan di daerah tersebut agar berjalan lebih baik.

Dukungan masyarakat Papua terhadap DOB Provinsi Papua Tengah. (

Dok. Kemendagri Dukungan masyarakat Papua terhadap DOB Provinsi Papua Tengah. (

Wempi melanjutkan, berbagai dukungan dan komitmen tersebut akan ia sampaikan olehnya kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Terutama, yang berkaitan dengan rencana pembangunan infrastruktur di Papua Tengah.

Ia menambahkan, momentum adanya DOB saat ini merupakan waktu yang tepat untuk saling bersatu.

“Saya ajak (seluruh pihak) untuk bersatu, baik yang menerima maupun yang menolak, sudah waktunya bersatu untuk membangun kesejahteraan rakyat Papua menjadi lebih baik,” kata Wempi.

Ke depan, lanjutnya, pembangunan infrastruktur di wilayah DOB tersebut akan terus membutuhkan dukungan berbagai pihak. Karenanya, Wempi mendorong seluruh pihak terkait di Papua untuk terus berkomitmen mendukung adanya DOB.

 Dukungan masyarakat Papua terhadap DOB Provinsi Papua Tengah. 

Dok. Kemendagri Dukungan masyarakat Papua terhadap DOB Provinsi Papua Tengah.

Di akhir sambutannya, Wempi kembali menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, terutama yang telah memberi dukungan terhadap rencana pembangunan di Provinsi Papua Tengah.

“Sekali lagi, saya atas nama Mendagri RI menyampaikan penghargaan yang tulus kepada kita semua. Nanti, sosialisasi turunannya (terhadap DOB) segera kami jalankan,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com