Advertorial

Rekomendasi Platform Investasi Reksa Dana dan Keuntungannya

Kompas.com - 26/07/2022, 17:36 WIB

KOMPAS.com – Saat ini, para anak muda, termasuk generasi milenial, sedang gencar mempersiapkan kebebasan finansial di masa depan dengan berinvestasi. Salah satunya, melalui investasi reksa dana.

Reksa dana merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang cocok bagi pemula. Pasalnya, instrumen ini relatif aman dan mudah, serta dapat dimulai dengan modal kecil.

Untuk diketahui, reksa dana adalah salah satu produk investasi yang digunakan sebagai tempat perhimpunan dana masyarakat pemodal. Dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi (MI) ke dalam berbagai produk investasi, seperti saham, obligasi, pasar uang, atau deposito.

Dalam praktiknya, MI juga akan dibantu oleh tim analis yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk mengelola portofolio Anda.

Instrumen tersebut juga relatif aman karena sudah diatur dalam Undang Undang (UU) Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995. Aturan ini menyebutkan bahwa setiap dana yang Anda investasikan di dalam reksa dana akan dikelola oleh orang yang bertanggung jawab.

Saat ini, terdapat banyak platform yang bisa Anda gunakan tempat untuk berinvestasi reksa dana. Salah satu platform tersebut adalah BukaReksa yang merupakan produk dari Bukalapak.

Platform investasi tersebut menyediakan berbagai macam produk reksa dana yang dikelola oleh para MI terbaik. BukaReksa juga berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BukaReksa memberikan kemudahan dalam mengelola produk investasi hanya dalam satu portofolio.

Terdapat 4 jenis reksa dana di BukaReksa yang dapat dipilih sesuai profil investor. Pertama, reksa dana pasar uang yang seluruh dananya akan diinvestasikan dalam instrumen pasar uang. Misalnya, deposito berjangka, sertifikat Bank Indonesia atau SBI, serta obligasi, yang jatuh temponya di bawah satu tahun.

Kedua, reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana ini akan mengalokasikan dana Anda ke dalam jenis instrumen obligasi atau surat utang, serta produk pasar uang, seperti deposito berjangka dan SBI.

Ketiga, reksa dana campuran yang akan mengalokasikan uang ke dalam berbagai produk investasi, seperti instrumen surat berharga berupa efek utang atau obligasi dan efek ekuitas atau saham. Selain itu, sebagian dana juga dapat dialokasikan ke dalam instrumen pasar uang.

Keempat, reksa dana saham. Dalam reksa dana ini, dana terkumpul akan diinvestasikan ke dalam instrumen investasi saham atau efek ekuitas, serta obligasi atau efek surat utang. Adapun proporsi saham minimum sebesar 80 persen dari total nilai aktiva bersih atau NAB yang ada.

Keuntungan investasi reksa dana di BukaReksa

Investasi reksa dana di BukaReksa memiliki beberapa keuntungan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Minimum dana pembelian terjangkau

Beberapa platform investasi reksa dana menawarkan minimal pembelian sampai angka ratusan ribu rupiah. Sementara, Anda dapat membeli produk reksa dana mulai dari Rp 10.000 di BukaReksa.

Minimum pembelian itu jauh di bawah rata-rata dana minimum untuk membeli produk reksa dana. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk memulai investasi reksa dana.

2. Transaksi sederhana

Transaksi pembelian dan penjualan reksa dana di dalam BukaReksa cukup sederhana sehingga mudah dilakukan. Anda cukup mengisi atau memilih jenis reksa dana serta berapa nominal yang diinginkan.

3. Keuntungan (return) dapat dijual kapan saja

Investasi reksa dana akan memberikan keuntungan yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito berjangka atau tabungan di bank. Pembeli dapat menjual unit reksa dana, kemudian dana hasil penjualannya akan dikirim ke dalam rekening para kembali. Hal ini dapat dilakukan tanpa adanya batas waktu jatuh tempo.

4. Banyak pilihan

Seperti diketahui, MI akan menempatkan dana investasi ke dalam berbagai instrumen yang menguntungkan. Hal ini dilakukan supaya keuntungan yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

BukaReksa sendiri menawarkan berbagai jenis produk reksa dana yang dapat dipili sesuai profil risiko investor, mulai dari yang berisiko rendah sampai tinggi.

5. Beragam pilihan metode pembayaran

BukaReksa memiliki banyak metode pembayaran reksa dana yang dapat Anda pilih, mulai dari BukaDompet, instant payment, seperti BCA KlikPay, transfer, transfer virtual account, swalayan, seperti Alfamart dan Indomaret, rekening ponsel, sampai Pos Indonesia.

6. Tidak ada biaya transaksi

Pembelian produk reksa dana yang ada dalam BukaReksa tidak dikenakan biaya transaksi sehingga dapat memaksimalkan keuntungan Anda. Selain itu, prosesnya dapat dilakukan kapan saja, tanpa dikenakan biaya transaksi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com