Advertorial

Sapa Warga Medan, Pesta Rakyat Simpedes 2022 Hibur Masyarakat dan Dukung Pertumbuhan UMKM

Kompas.com - 27/07/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 sukses diselenggarakan di kota kedua acara, yaitu Kota Medan. Acara yang digelar oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Simpanan Masyarakat Pedesaan (Simpedes) ini berlangsung di Lapangan Benteng, Medan, pada Jumat (22/7/2022) hingga Minggu (24/7/2022).

Sebagai informasi, acara yang dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution tersebut diikuti oleh 80 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan BRI. Selain menikmati acara, para UMKM binaan juga ikut menampilkan produk unggulan mereka.

Ada pula serangkaian kegiatan yang digelar untuk menyemarakkan acara. Sebut saja, layanan keuangan, pasar murah UMKM, kuliner, cek kesehatan gratis, edukasi bisnis, dan penampilan hiburan oleh band ternama.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, saat ini merupakan momentum yang tepat untuk kebangkitan UMKM. Oleh karena itu, pemerintah bersama sejumlah pihak turut menciptakan berbagai program, seperti PRS, untuk menaikkan kembali sektor UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Melalui PRS 2022, kami hadir untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, memberdayakan, dan menumbuhkan semangat pelaku UMKM. Kami juga berupaya memberikan layanan yang utuh kepada seluruh nasabah Tabungan BRI Simpedes,” ujar Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (26/7/2022).

Untuk diketahui, PRS 2022 hadir dengan mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”. Lewat acara ini, BRI ingin membangun kepercayaan diri para pelaku UMKM dalam berinovasi.

Gelaran tersebut juga diselenggarakan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya nasabah Tabungan BRI Simpedes, agar percaya diri dalam bekerja, berbisnis, serta mengelola keuangan. Dengan demikian, para pelaku UMKM bisa membawa perubahan positif bagi perekonomian Indonesia.

Micro Business Department Head Regional Office Medan Ferdiantes mengatakan, UMKM yang turut serta dalam PRS 2022 di Kota Medan tak hanya berasal dari wilayah tersebut.

“Pesta ini juga diikuti oleh UMKM dari seluruh wilayah Sumatera Utara,” ujar Ferdiantes.

Berkonsep edutainment

 

Kegiatan edukasi UMKM dalam PRS 2022 dikemas dalam konsep edutainment agar dapat menarik minat dan antusiasme para pelaku UMKM. Adapun konsep ini dihadirkan dalam tiga kelas, yakni workshop, kelas UMKM, dan talkshow yang diisi oleh influencer di bidang UMKM.

Melalui kelas-kelas tersebut, para pelaku UMKM bisa mendapatkan tiga poin edukasi. Pertama, mengenai kepercayaan diri dalam mengelola keuangan melalui fitur-fitur Simpedes yang dikemas dalam program Simpedes Bisa. Program ini memfasilitasi edukasi kepada pelaku UMKM untuk mewujudkan impian dan mempersiapkan tabungan di masa depan.

Kedua, program Pede Berbisnis. Program ini diwujudkan melalui fasilitas BRImo yang bisa memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sehingga bisa menerima pembiayaan digital.

Ketiga, program Pede Bekerja. Program ini diwujudkan dengan fitur Proteksi Simpedes. Melalui fitur ini, pelaku UMKM tidak perlu khawatir mencoba tantangan baru dalam bekerja. Sebab, BRI telah menyiapkan berbagai kegiatan guna meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di Kota Medan dengan membawa enam pilar utama PRS. Keenam pilar tersebut meliputi pasar, pojok x-sis, peduli, pawai, panen, dan panggung.

Selain itu, PRS 2022 di Kota Medan juga hadir menghibur masyarakat setempat dengan rangkaian acara seperti pawai, selfie booth, dan taman bermain. Gelaran ini turut dimeriahkan oleh penampilan artis sebagai pelengkap acara, antara lain Slank, Wali, Tipe X dan Jamrud. Ada pula komedian Tanah Air, Indra Jegel dan Oki Rengga.

Para pelaku UMKM serta masyarakat yang hadir pada gelaran PRS 2022 di Medan mengaku senang dapat berpartisipasi pada acara tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari kehadiran lebih dari 20.000 pengunjung selama tiga hari penyelenggaraannya. Pengunjung yang hadir pun dipastikan telah mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan telah melakukan vaksin booster sesuai imbauan pemerintah.

Pada pengujung acara, BRI memberikan hadiah istimewa bagi para pengunjung, khususnya nasabah BRI. Adapun hadiah diberikan lewat pengundian program Panen Hadiah Simpedes, TikTok challenge, dan BRI Cerdas Cermat Quiz.

Para pengunjung juga berkesempatan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1 juta. Ada pula doorprize utama berupa satu unit motor Yamaha Fazzio.

Sebagai informasi, PRS 2022 diagendakan berlangsung mulai Juni hingga Desember 2022. Acara ini digelar di 379 titik di seluruh Indonesia.

Setelah sukses digelar di Kota Malang dan Medan, PRS akan berlanjut ke kota lain, yakni Karawang, Semarang, Tasikmalaya, Palembang, Lampung, Bandung, Makassar, Sidoarjo, Denpasar, Sleman, dan beberapa kota lain.

Untuk diketahui, PRS 2022 diadakan secara hybrid dan tidak dipungut biaya apa pun. Jadi, masyarakat yang tidak bisa hadir secara offline tetap bisa menyaksikan acara secara online melalui Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com