Advertorial

Mudah Digunakan, Berikut Rekomendasi 8 Aplikasi Kompres Video yang Berguna bagi Kreator Konten

Kompas.com - 28/07/2022, 10:32 WIB

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat siapa pun dapat menghasilkan konten kreatif. Cukup bermodal smartphone ataukamera digital, materi tersebut jadi. Sang kreator konten tinggal membagikan karyanya ke media sosial (medsos) agar dilihat banyak orang.

Biasanya, dalam merekam obyek menjadi konten video, file yang dihasilkan berukuran besar. Namun, hal ini tergantung pada perangkat yang digunakan. Misalnya, perekaman yang dilakukan dengan smartphone, ukuran file-nyaterbilang lebih kecil dibandingkan kamera digital.

Adapun ukuran file yang terlalu besar kerap menjadi tantangan tersendiri bagi kreator konten, terutama mereka yang masih pemula. Pasalnya, file berukuran besar sulit diunggah di berbagai platform. Hal ini lantaran beberapa media digital tak dapat mengakomodasi pengunggahan konten video dalam ukuran besar.

Untuk mengatasi hal itu, diperlukan sebuah perangkat pendukung untuk memudahkan para kreator konten, salah satunya adalah aplikasi kompres video.

Aplikasi tersebut memudahkan seseorang dalam mengedit konten dalam bentuk video sehingga wajib dimiliki, baik oleh pemula maupun profesional.

Sesuai namanya, aplikasi kompres video berfungsi untuk mengubah ukuran (resizefile suatu video menjadi lebih kecil ataupun besar, sesuai kebutuhan.

Ada beberapa manfaat penggunaan aplikasi kompres video. Pertama, mempermudah proses transfer file video karena ukurannya sudah dikompres menjadi lebih kecil.

Transfer video dengan ukuran asli memang bisa dilakukan. Namun, proses transfer kerap gagal di tengah jalan karena adanya batasan ukuran pengiriman file. Selain itu, mengirim file berukuran besar dapat memakan waktu lama sehingga tidak efisien.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa menyesuaikan ukuran file sesuai kebutuhan sehingga transfer file menjadi lebih mudah dan efisien.

Kedua, hemat kapasitas memoriSeperti diketahui, ukuran file yang terlalu besar dapat menghabiskan kapasitas ruang penyimpanan pada perangkat, baik smartphone maupun personal computer (PC).

Bagi kreator konten yang kerap menghadapi persoalan ukuran file yang terlalu besar, berikut Kompas.com rangkumkan delapan aplikasi kompres video PC gratis yang perlu kamu ketahui.

Ilustrasi apikasi kompres video 

Dok. Sanctuary Ilustrasi apikasi kompres video

  1. Freemaker Video Converter

Freemaker Video Converter adalah perangkat lunak yang bisa mengoperasikan kompres video melalui PC, laptop, ataupun desktop. Aplikasi kompres video satu ini dapat mendukung format file, seperti audio video interlaced (AVI), MP4, ROW, wireless mesh network (WMN), MPG.

Dengan begitu, kamu bisa mengompres file video dalam berbagai jenis format. Selain itu, tampilan Freemake Video Converter menggunakan user interface (UI) yang cukup sederhana sehingga lebih mudah dioperasikan.

  1. Movavi Video Converter

Movavi Video Converter merupakan aplikasi kompres video yang menawarkan durasi proses kompres lebih cepat. Meski demikian, kualitas hasil kompres video tetap bagus.

Aplikasi tersebut memiliki kurang lebih 180 format file video konversi sehingga memudahkan kreator konten menyesuaikan bentuk format berdasarkan kebutuhan.

  1. Online UniConverter

Online UniConverter juga salah satu aplikasi kompres video yang memudahkan pengguna untuk mengecilkan ukuran file tanpa mereduksi kualitasnya.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa langsung menyimpan hasil video yang sudah disunting dan mengunggahnya di Dropbox ataupun platform digital, seperti YouTube dan Instagram.

  1. Any Video Converter

Aplikasi Any Video Converter kini tersedia dalam versi anyar yang sudah diperbarui dengan kualitas tinggi. Aplikasi kompres video ini juga menghadirkan beragam format atau jenis video untuk dikompres.

Aplikasi tersebut mudah dioperasikan, baik di ponsel pintar, tablet, maupun komputer. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh file musik atau video melalui aplikasi ini.

  1. FFmpeg

Aplikasi kompres video FFmpeg memudahkan pengguna dalam memilih format file sesuai kebutuhan, yakni measurable organizational value (MOV), AVI, dan juga MP4.

Aplikasi FFmpeg juga dapat digunakan pada PC berbasis Mac, Windows, dan Linux. Dengan begitu, kamu yang memiliki komputer dengan sistem operasi tersebut tak perlu khawatir karena dapat melakukan kompres video dengan lebih mudah.

Selain itu, kamu juga bisa menyunting dengan menyisipkan musik pada satu video dengan aplikasi FFmpeg sehingga video yang dihasilkan jadi lebih menarik.

  1. VivaVideo Editor

Aplikasi kompres video satu ini dikenal memiliki beragam fitur format file. Kualitas video yang dikompres menggunakan aplikasi ini pun tetap terjaga.

Selain video, aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk mengompres file gambar dan sekaligus menyuntingnya. Hasil kompresan juga dapat langsung diunggah di berbagai platform

Tak hanya itu, pengguna juga diberikan pilihan berupa resolusi video high definition (HD), yaitu 720p, 1080p, Full HD, dan 4K.

  1. Video Converter

Jika kamu adalah kreator konten yang membutuhkan beberapa peralatan untuk mengompres file dengan format MP3, MP4, MKV, 3GP, MOV, WMN, MTS, AAC, ataupun VOB, aplikasi Video Converter bisa jadi pilihan.

Aplikasi tersebut dapat digunakan dengan mudah melalui smartphone. Pengguna juga dapat mengatur resolusi video, frame rate, dan bitrate file video. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa menyunting video, baik memangkas, menggabungkan klip, maupun menyisipkan file musik.

  1. Smart Video Compressor and Resizer

Aplikasi kompres video berikutnya yang wajib dijajal adalah Smart Video Compressor Resizer. Aplikasi ini dapat mengubah dimensi file, memilih dan mengatur resolusi file, serta mengatur durasi kompres. Dengan begitu, pengompresan menjadi lebih mudah dan praktis.

Nah, itulah delapan aplikasi kompres video yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas para kreator konten. Selamat berkreativitas.

Referensi: Techno City

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com