Advertorial

Rawat Kulit Wajah agar Tetap Sehat dengan Cara Berikut

Kompas.com - 29/07/2022, 15:47 WIB

KOMPAS.com - Kulit wajah yang sehat menjadi impian hampir semua perempuan. Pasalnya, kulit yang sehat akan menampilkan rona cerah pada wajah.

Selain itu, makeup juga lebih mudah diaplikasikan pada kulit wajah yang sehat. Hal ini membuat seseorang jadi lebih percaya diri.

Atas dasar itu, banyak perempuan merawat kulit wajah agar selalu sehat. Salah satunya, dengan rajin membersihkan wajah saat malam hari sebelum tidur.

Akan tetapi, wajah tidak boleh dibersihkan secara asal. Apalagi, hanya sekadar mencuci wajah dengan sabun muka. Anda harus mengikuti beberapa tahapan supaya wajah bersih secara sempurna.

Langkah pertama, hapus riasan menggunakan cleanser wajah. Tahapan ini penting karena sisa makeup yang tidak terangkat sempurna dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu jerawat.

Adapun cleanser wajah tersedia dalam beberapa jenis. Salah satunya, micellar water. Cleanser wajah ini berfungsi untuk mengangkat kotoran, debu, dan sisa makeup yang menempel pada wajah. Selain itu, micellar water juga dapat menghidrasi kulit dan mencegah jerawat.

Meski demikian, tidak semua micellar water dapat membersihkan makeup dengan sempurna. Jika sedang menggunakan makeup yang cukup berat, khususnya pada area mata, pakailah eye and lip remover atau pembersih mata dan bibir untuk membersihkannya.

Perlu diingat, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk cleanser wajah. Pastikan kandungan di dalamnya aman untuk kulit wajah.

Setelah wajah bersih dari makeup dan debu, Anda dapat mencuci muka dengan sabun wajah. Jangan lupa sesuaikan suhu air basuhan dengan jenis kulit Anda.

Bagi wajah berjerawat atau berminyak, Anda sebaiknya gunakan air suam-suam kuku. Artinya, suhu air tidak terlalu panas atau dingin. Sebab, air panas atau hangat dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan kerusakan jaringan.

Selain itu, air panas dapat pula mengurangi produksi minyak alami (sebum) sehingga kulit wajah lebih cepat kering.

Setelah dicuci dengan sabun, jangan lupa keringkan wajah. Anda dapat menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah. Caranya, tepuk-tepuk secara perlahan pada bagian wajah. Ingat, Anda tidak disarankan untuk menggosok wajah dengan handuk.

Hindari juga membiarkan muka kering dengan cara diangin-anginkan. Sebab, air yang menguap akan membuat wajah menjadi kering.

Setelah wajah bersih dan kering, Anda dapat mengaplikasikan pelembap secara merata ke seluruh wajah dan leher. Penggunaan pelembap akan membantu wajah tetap terhidrasi dengan baik.

Dengan rutin melakukan seluruh tahapan perawatan tersebut, Anda akan mendapatkan wajah yang sehat.

Untuk mendapatkan produk perawatan wajah, seperti cleanser wajah, micellar water, pembersih mata dan bibir, sabun wajah, serta pelembap, Anda dapat membelinya melalui Tokopedia.

Dapatkan juga berbagai keuntungan, seperti gratis ongkos kirim (ongkir), flash sale, dan promo lainnya dengan berbelanja di Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com