Advertorial

Jasa Marga Dinobatkan sebagai Perusahaan Peduli Pelestarian Sungai dalam Ajang Banksasuci Award

Kompas.com - 29/07/2022, 16:21 WIB

KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil meraih penghargaan sebagai Perusahaan Peduli Pelestarian Sungai dalam ajang Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Award yang diselenggarakan pada Festival Sungai Tahang di Tangerang, Banten, Rabu (27/7/2022).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Banksasuci Foundation Ade Yunus kepada Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional Division Irra Susiyanti.

Adapun penghargaan itu diperoleh atas kontribusi Jasa Marga dalam program pengelolaan sampah dan limbah di sekitar Sungai Cisadane yang melintas di bawah Jalan Tol Jakarta-Tangerang. Program ini merupakan kolaborasi Jasa Marga dengan Banksasuci Foundation.

Perlu diketahui, Banksasuci merupakan organisasi binaan Jasa Marga yang diarahkan untuk mengelola sungai secara terintegrasi.

Pada kesempatan berbeda, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, pengembangan wilayah Banksasuci merupakan bagian dari program “Giving Back To Nature”.

Pengembangan berupa penanaman pohon tersebut bertujuan untuk mengurangi polusi, mengelola keragaman hayati yang berada di bantaran sungai, dan mengelola sampah yang didapat dari Sungai Cisadane.

“Penghargaan tersebut juga sebagai bentuk nyata dari komitmen Jasa Marga dalam pelestarian lingkungan hidup melalui program-program corporate social responsibility (CSR) yang turut memberdayakan masyarakat sekitar,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.co, Jumat (29/7/2022).

Tidak hanya itu, lanjut Lisye, Jasa Marga juga berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain dalam pengembangan Banksasuci.

“Dengan demikian, program tersebut dapat dijalankan secara berkelanjutan. Tidak sekedar dibangun, tetapi terus dipelihara dan dijaga ke depannya,” kata Lisye.

Sebagai informasi, program pengembangan wilayah Banksasuci tersebut berawal dari pembinaan komunitas Jasa Marga sejak 2015, yaitu Jasa Marga River Front Edu Centre Banksasuci.

 Jasa Marga River Front Edu Centre Banksasuci. Dok. Jasa Marga Jasa Marga River Front Edu Centre Banksasuci.

Di lokasi tersebut, Jasa Marga mengembangkan kawasan botani dengan menanam pohon buah dan tanaman bunga untuk menjaga keanekaragaman hayati serta pembangunan dan perbaikan jogging track.

Selain itu, pada lokasi tersebut juga terdapat Gudang Rezeki yang merupakan tempat pengelolaan sampah plastik menggunakan alat modern dengan sistem press untuk didaur ulang.

Bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan sarana dan fasilitas pendidikan, Banksasuci juga menyediakan sarana belajar khusus pendidikan anak usia dini (PAUD). Kawasan ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti flying fox, wall climbing,dan amphitheater. Ada pula penambahan speed boat yang bisa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk menyeberangi Sungai Cisadane.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com