Advertorial

Kinerja Pelayanan Pelanggan Memuaskan, PLN Raih 5 Penghargaan Tertinggi pada Ajang CCW-APAC

Kompas.com - 31/07/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - PT PLN (Persero) melalui contact center PLN 123 berhasil mendapat lima kategori penghargaan dalam ajang Contact Center World-Asia Pacific (CCW-APAC) yang digelar di Denpasar, Bali, pada Senin (25/7/2022) hingga Jumat (29/7/2022).

Kelima penghargaan tersebut adalah Use of Social Media, Customer Service Center, The Best Contact Center, Community Spirit, dan Sales Campaign. Semua penghargaan ini termasuk dalam kategori Gold yang merupakan penghargaan tertinggi dalam event CCW-APAC.

Sebagai informasi, CCW-APAC merupakan ajang serupa olimpiade bagi banyak perusahaan global yang memiliki perhatian pada contact center sebagai sarana layanan untuk pelanggan.

Bagi perusahaan yang ingin tampil di ajang tersebut, mereka harus melewati sejumlah tahapan seleksi agar bisa berkompetisi di tingkat global.

Adapun setelah sukses di lingkup Asia Pasifik, PLN akan berkompetisi di ajang CCW global yang akan digelar pada November 2022.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas penghargaan yang diberikan. Menurutnya, penghargaan tersebut menjadi bukti kualitas layanan yang diberikan PLN untuk masyarakat.

"Alhamdulillah, PLN mendapat lima penghargaan tertinggi untuk layanan contact center. Ini menjadi bukti jika PLN terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Namun, PLN tak akan berpuas diri. PLN akan terus melakukan perbaikan," ujar Darmawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (31/7/2022).

Penghargaan tersebut, lanjut Darmawan, juga menjadi bukti bahwa manajemen dan insan PLN terus melakukan transformasi dan menerapkan nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) seperti yang digaungkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Sebagai perusahaan negara yang menjalankan amanah untuk memberikan layanan listrik ke masyarakat, PLN terus beradaptasi dengan kemajuan zaman. Kami juga mendorong digitalisasi demi memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan," jelasnya.

Darmawan pun mengingatkan agar seluruh insan PLN senantiasa dapat menjaga prestasi tersebut. Sebab, buah transformasi PLN yang terdiri dari empat aspirasi yaitu, green, lean, innovative, dan customer focused telah terlihat lewat prestasi ini.

“Transformasi yang sedang berjalan di PLN telah membuahkan hasil. Kami berharap, prestasi ini akan mendukung keseluruhan transformasi yang diharapkan dapat menjadikan PLN sebagai perusahaan kelistrikan terkemuka di Asia Tenggara,” katanya.

Darmawan menambahkan, PLN akan terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

Layanan tersebut, seperti memperhatikan perkembangan teknologi dan dinamika yang ada pada media sosial. Dengan begitu, layanan PLN 123 bisa semakin berkembang dan kian terintegrasi.

“PLN juga akan terus mengembangkan layanan dalam genggaman untuk pelanggan lewat aplikasi New PLN Mobile. Aplikasi tersebut hadir untuk menghubungkan pelanggan dengan perusahaan melalui smartphone,” tutur Darmawan.

Tak hanya itu, transformasi bisnis juga telah dilakukan PLN, yakni dengan meningkatkan pelayanan kelistrikan pelanggan melalui Pelayanan Teknik (Yantek) Optimization.

Lewat upaya tersebut, PLN akan mensinergikan aplikasi New PLN Mobile dengan sistem virtual command centre (VCC) di internal PLN agar pengaduan bisa termonitor.

“Kami optimistis, manajemen pelanggan PLN akan semakin baik di era digital ini. Seluruh insan PLN siap mendukung kebutuhan pelanggan melalui contact center yang kian terintegrasi,” ucap Darmawan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com