Advertorial

Taspen Raih 3 Penghargaan Human Capital on Resilience Award 2022

Kompas.com - 01/08/2022, 20:17 WIB

KOMPAS.com – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus dalam Human Capital on Resilience Award 2022. Capaian ini dapat diraih berkat upaya perseroan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui transformasi digital.

Tiga penghargaan yang diraih adalah The Best Excellence in Women Empowerment Strategy, The Best HR Support on Business Transformation, dan The Best CEO Focus on HC atas nama Direktur Utama Taspen ANS Kosasih.

Penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Penyelenggara Human Capital on Resilience Award 2022 Maya Yulianti kepada Kosasih yang didampingi Direktur SDM dan Teknologi Informasi (TI) Taspen Ovita Susiana Rosya di Gedung A Lantai 4, Kantor Pusat Taspen, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Kosasih mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga telah menerima tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Human Capital on Resilience Award 2022. Atas raihan tersebut, pihaknya pun mengapresiasi seluruh insan Taspen atas dukungan penuh terhadap transformasi digital dalam pengelolaan SDM melalui Human Capital Information System (HCIS).

Berkat sistem terintegrasi yang berfungsi menunjang serta mengukur produktivitas kinerja SDM secara real-time, valid, dan reliable, lanjut Kosasih, saat ini SDM Taspen memiliki nilai dan daya saing unggul dalam menghadapi tantangan.

“Penghargaan ini kami harap dapat menjadi pemicu semangat bagi insan Taspen untuk terus semangat dalam mengembangkan diri sehingga dapat berkontribusi terhadap kinerja Taspen,” ujar Kosasih dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Kosasih menyampaikan, HCIS memiliki sejumlah fitur, di antaranya Talent Management System yang menghadirkan data karyawan secara lengkap dan terstruktur, serta mengelola talenta-talenta perusahaan berdasarkan klasifikasi talenta.

Lalu, ada fitur Performance Management System yang berfungsi mengelola kinerja karyawan secara real time, mulai dari performance planning, performance review hingga performance evaluation.

Ada juga fitur Multirater yang mengukur implementasi Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) pada karyawan melalui mekanisme penilaian 360 derajat.

HCIS juga dilengkapi fitur Career Management. Fitur ini digunakan untuk mengelola karier karyawan yang meliputi Employee Career Plan dan Succession Career Plan.

Terakhir, terdapat fitur Collaboration & Communication dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone dengan model employee self-service. Fitur ini memudahkan karyawan dalam mengelola aktivitas secara mobile serta membangun suatu grup untuk sharing interest antarkaryawan.

Maya Yulianti mengatakan, penyelenggaraan Resilience Award 2022 bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu kesuksesan human capital di era new normal.

“Kami melihat dari sisi strategis perusahaan dalam mengembangkan SDM menuju ketahanan ekonomi bisnis, percepatan transformasi human capital melalui penguatan budaya korporat dan leadership, serta inovasi dalam rangka mendesain ulang SDM di kondisi yang menantang dan penuh ketidakpastian,” tutur Maya.

Maya melanjutkan, penghargaan Human Capital on Resilience Award 2022 merupakan apresiasi sekaligus penghargaan kepada perusahaan-perusahaan atas komitmen dan implementasi kebijakan, program, ataupun strategi human capital yang sistematis dan berdaya guna.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com