Advertorial

Pertamina Dorong Kemampuan Industri Nasional di Hulu Migas dalam Forkapnas 2022

Kompas.com - 02/08/2022, 11:13 WIB

KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Marine Logistics (SH IML) berkomitmen untuk mendorong kemampuan industri nasional dengan berperan aktif dalam pengembangan hulu minyak dan gas (migas) nasional.

Komitmen tersebut diwujudkan perseroan saat mengikuti Forum Kapasitas Nasional (Forkapnas) 2022 yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) pada Sabtu (27/7/2022).

Sebagai perwakilan SH IML di forum tersebut, PT Pertamina International Shipping (PIS) dan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) menyampaikan berbagai peluang sinergi industri nasional untuk melakukan sinergi bagi industri nasional sekaligus informasi terkait bisnis dan operasional perusahaan.

Informasi tersebut meliputi prestasi sebelas rute global, milestone perusahaan, pemanfaatan teknologi program automasi tank monitor atau enhanced daily tanker position (EDTP) di perkapalan, penanganan tumpah minyak oleh PTK, dan green shipping.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, Forkapnas 2022 dapat menjadi wadah komunikasi antara pemerintah daerah (pemda), pelaku usaha hulu migas, dan perusahaan jasa pendukung nasional ataupun lokal. Tujuannya, agar dapat menciptakan multiplier effect.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Niaga PIS Arief Sukmara mengatakan bahwa partisipasi PIS dalam Forkapnas 20222 diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pertumbuhan perekonomian nasional. Secara khusus, PIS juga membuka peluang kerja sama dengan perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) serta industri pendukung lainnya.

“Ini merupakan partisipasi pertama PIS dalam forum kapasitas nasional. Kami sangat gembira dengan ramainya peserta dan para pemangku kepentingan yang hadir di Forkapnas 2022,” kata Arief dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Direktur Utama PTK Nepos Pakpahan menambahkan, Forkapnas 2022 telah memberi kesempatan bagi perusahaan untuk menginformasikan variasi layanan yang dimiliki PTK.

Menurut Nepos, pelaksanaan Forkapnas 2022 menjadi kesempatan untuk menangkap peluang kerja sama dengan perusahaan nasional yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Melalui keikutsertaan dalam Forkapnas 2022, Pertamina berkomitmen untuk memastikan bendera Indonesia bisa terus berkibar di kapal-kapal PIS dalam kancah industri hulu dan migas global.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com