Advertorial

BRI Pesta Rakyat Simpedes Karawang Hadirkan 10.000 Pelaku UMKM

Kompas.com - 02/08/2022, 18:13 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali hadir menyapa dan menghibur masyarakat melalui Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang digelar di 379 titik di kabupaten dan kota di seluruh Indonesia sepanjang 2022.

Adapun gelaran BRI PRS 2022 telah berlangsung di Malang, Jawa Timur, dan Medan, Sumatera Utara. Berikutnya, BRI PRS 2022 akan menyambangi masyarakat Karawang di lapangan Galuh Mas, Karawang, Jawa Barat, mulai dari Jumat (5/8/2022) sampai Minggu (7/8/2022).

Mengusung tema “Berbagi Makan SeIndonesia”, BRI mengajak 10.000 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Karawang dan sekitarnya untuk selalu berinovasi serta berdigital dalam menjalankan bisnis.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bahwa PRS BRI 2022 di Karawang merupakan acara spesial dalam rangkaian gelaran PRS 2022.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman digitalisasi kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM, dalam pengelolaan keuangan serta memberikan pemberdayaan melalui berbagai pelatihan kepada UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya,” ujar Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Gelaran PRS 2022 sendiri akan diisi dengan berbagai acara dan hadiah menarik melalui kegiatan 6P, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli.

Adapun kegiatan pawai atau kirab, Simpedes melibatkan komunitas-komunitas dengan peminat terbanyak di setiap daerah dengan unsur kebudayaan setempat.

Kemudian, terdapat panggung sebagai area sentral untuk menampilkan para pemusik dan seniman lokal serta artis Ibu Kota. Ada pula pasar berupa bazar untuk area jual-beli berbagai produk unggulan milik debitur binaan BRI dengan sistem pembayaran secara cashless atau nontunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Kartu Debit BRI, BRIZZI, dan LinkAja.

Pada puncak acara, BRI menyelenggarakan Panen yang ditandai dengan pengundian hadiah. Selanjutnya, Pojok X’Sis difungsikan sebagai area yang ditujukan bagi para generasi milenial untuk mengaktualisasi diri.

Pada Pojok X’Sis terdapat area foto selfie dan lokasi untuk masyarakat yang ingin mengikuti lomba band, dance, dan game e-sports, seperti Mobile Legend dan PUBG. Terdapat pula pengenalan Digital Banking Experience, serta coaching clinic atau capacity building kepada komunitas.

Terakhir, terdapat kegiatan Peduli yang merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR). Program berupa pengobatan gratis ini ditujukan kepada masyarakat sekitar.

Sebagai informasi, dalam rangka mendorong pengembangan UMKM, hingga triwulan II 2022 BRI telah melakukan pemberdayaan dengan menyelenggarakan lebih dari 2.700 jenis pelatihan yang menyasar kepada peningkatan pada kapasitas produksi.

Selain itu, BRI juga telah memiliki platform pemberdayaan online terpadu yang dikenal dengan LinkUMKM. Platform ini dapat dinikmati oleh seluruh pelaku UMKM secara gratis melalui aplikasi yang dapat diunduh di Play Store atau melalui laman linkumkm.id .

Saat ini, sebanyak lebih dari 2,3 juta pelaku usaha sudah tergabung di dalam platform tersebut.

“Melalui event PRS, masyarakat dan pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk memperoleh pelatihan untuk peningkatan kapasitas usahanya, membuka peluang pasar yang lebih luas dan kolaborasi bisnis antar-UMKM,” kata Supari.

Dengan demikian, lanjut Supari, UMKM dapat naik kelas dan lebih tangguh dalam menghadapi perubahan besar di masa depan.

Kegiatan PRS tersebut akan diadakan secara hibrida atau dilakukan secara offline dan online. Masyarakat yang tidak bisa hadir secara langsung, bisa menyaksikan melalui Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI pada Sabtu (6/8/2022) pukul 20.00 WIB.

informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui laman http://s.id/PRSKRW.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com