Advertorial

Pesta Rakyat Simpedes di Karawang, 25 Ribu Orang Aktivasi BRImo Melalui Penyuluhan Digital BRI

Kompas.com - 08/08/2022, 20:59 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mendorong pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan edukasi layanan transaksi perbankan digital SuperApps BRImo.

Aplikasi tersebut dinilai mampu memudahkan aktivitas pelaku UMKM dengan transaksi yang lebih praktis, murah, dan cepat.

Adapun edukasi aplikasi Brimo sekaligus pendampingan kepada nasabah dan pelaku UMKM tersebut diselenggarakan melalui Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di Lapangan Galuh Mas, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai Jumat (5/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022).

Selama penyelenggaraan, lebih dari 25.000 masyarakat hadir dan melakukan aktivasi aplikasi BRImo. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari komitmen BRI dalam melakukan transformasi digital, peningkatan inklusi keuangan, dan literasi produk perbankan.

Untuk diketahui, BRImo semakin digemari oleh nasabah karena menghadirkan solusi holistik layanan keuangan dalam satu genggaman. Pada kuartal II 2022, aplikasi ini digunakan oleh 18,47 juta pengguna atau tumbuh 66,3 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa mendorong pelaku UMKM untuk naik kelas melalui digitalisasi bisnis.

“Melalui transformasi digital, BRI berupaya untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangan perbankan kepada masyarakat dengan lebih mudah dan cepat,” ujar Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (8/8/2022).

Supari menambahkan, PRS juga menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas.

“Dalam kegiatan PRS tersebut, BRI tidak hanya menyediakan hiburan bagi masyarakat, tetapi juga menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran, mendapatkan pelatihan untuk pengembangan usaha, dan kesempatan untuk kolaborasi bisnis,” tuturnya.

Sebagai informasi, PRS tahun ini berlangsung sejak Juni 2022 hingga Desember 2022 dan menyambangi 379 daerah di Indonesia. PRS sendiri merupakan acara tahunan BRI sebagai wadah pemberdayaan UMKM sejak 2008 yang memiliki 6 pilar.

Pertama, Pawai. Pilar ini merupakan literasi digital kepada pelaku UMKM yang tersebar di pasar atau sentra ekonomi, serta diikuti dengan kemeriahan pawai budaya.

Kedua, Panggung. Pada pilar ini, BRI menyelenggarakan kegiatan yang menampilkan hiburan oleh artis nasional.

Ketiga, Pasar. Pilar ini menghadirkan 300 UMKM binaan BRI yang memamerkan berbagai macam produknya.

Keempat, Panen. Pilar ini berupa acara undian hadiah Simpedes dan doorprize untuk pengunjung.

Kelima, Pojok X’Sis. Pada pilar ini, pengunjung dapat mengaktualisasikan diri dan menambah pengetahuan dengan berbagai aktivitas seni dan olahraga, literasi digital, pengenalan digital banking experience, serta coaching clinic atau capacity building kepada komunitas.

Keenam, Peduli. Pilar ini merupakan wujud komitmen corporate social responsibility (CSR) BRI yang ditujukan kepada masyarakat sekitar berupa cek kesehatan gratis untuk masyarakat.

Di samping itu, BRI juga terus melakukan digitalisasi dalam operasional bisnisnya. BRI telah mengembangkan kecerdasan buatan, BRIBRAIN, untuk menyimpan, memproses, dan mengonsolidasikan segala informasi dari berbagai sumber.

Digitalisasi juga dilakukan lewat BRISPOT yang dapat mempercepat sekaligus memperluas akses kredit bagi nasabah melalui aplikasi digital.

Lalu, ada pula aplikasi LinkUMKM sebagai one-stop solution bagi pelaku UMKM agar usaha yang dibangun dapat naik kelas. Aplikasi tersebut kini telah memiliki lebih dari 2,3 juta pengguna aktif.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022, Anda dapat mengakses melalui tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com