Advertorial

Punya Rencana Kuliah di UPH? Ini Daftar Fakultas dan Keunggulannya

Kompas.com - 11/08/2022, 15:02 WIB

KOMPAS.com - Menjadi seorang profesional dengan karier yang sukses perlu banyak persiapan dalam waktu yang tidak singkat. Perjalanan dimulai dari ketekunan dalam menempuh studi di masa sekolah hingga kuliah.

Adapun masa kuliah dianggap sebagai fase paling penting karena masa ini yang mengantar seseorang pada gerbang karier. Karenanya, pemilihan perguruan tinggi, termasuk fakultas, tak bisa dilakukan secara asal.

Pilihlah fakultas yang tepat dan sesuai dengan minat bakat. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu tentang universitas yang akan dituju, mulai dari fakultas yang tersedia dan keunggulannya.

Salah satu universitas yang dapat dijadikan pilihan adalah Universitas Pelita Harapan (UPH). Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini menyediakan 13 pilihan fakultas yang telah terbukti kualitasnya.

Berdiri sejak 1994, UPH telah melahirkan lebih dari 43.000 lulusan yang telah berkarya dalam berbagai bidang. Keunggulan universitas ini juga telah dibuktikan dengan terpilihnya UPH sebagai salah satu PTS Terbaik 2022 versi QS Asia University Rankings.

Beragam prestasi telah dibuktikan oleh mahasiswa, alumni, dan dosen UPH, baik dalam skala nasional maupun internasional. Contohnya, UPH meraih gelar Asia Young Designer of The Year di ajang Asia Young Designer Awards (AYDA) 2020 dan Juara 1 Philip C Jessup International Law Moot Court Competition (ILMCC) 2022.

Hal tersebut menjadi nilai tambah yang akan membuat calon mahasiswa yakin untuk bergabung di UPH. Tak hanya itu, mahasiswa UPH akan diajarkan kurikulum terbaik, jejaring luas, kesempatan untuk mengembangkan potensi diri dan berprestasi, serta peluang menemukan karier impian.

Berikut 13 fakultas UPH dengan lebih dari 30 program studi (prodi), mulai jenjang strata 1 (S1) hingga strata 3 (S3).

1.Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB)

FEB UPH memiliki dua prodi, yaitu Akuntansi dan Manajemen dengan konsentrasi peminatan yang beragam. FEB UPH juga memiliki program Dual Degree yang bekerja sama dengan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) dan La Trobe University di Australia untuk Prodi Akuntansi dan Manajemen, dan University of Newcastle khusus Prodi Manajemen.

FEB UPH dilengkapi fasilitas Laboratorium Investasi dan Business Incubator “Sparklabs”. Lulusan FEB UPH banyak yang sukses menjalani bisnis sendiri. Salah satunya, alumnus Manajemen UPH angkatan 2005, Reza Aryabima. Reza sukses mendirikan salah satu perusahaan bulu mata palsu terbaik di Indonesia, yakni Artisan Professionnel.

Mahasiswa FEB juga akan dibekali dengan keterampilan agar dapat meraih karier impian menjadi entrepreneur, akuntan, auditor, konsultan, analis, dan profesional di bidang bisnis lainnya. Informasi lengkap FEB UPH dapat dilihat di sini.


2.Fakultas Sains dan Teknologi (FaST)

FaST UPH bisa menjadi pintu awal bagi calon mahasiswa yang ingin berkontribusi dalam perkembangan dunia melalui sains dan teknologi. Mahasiswa FaST akan dilatih berinovasi dengan memilih salah satu dari enam prodi yang ada di UPH, yaitu Matematika, Biologi, Teknologi Pangan, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Industri.

Di FaSt, mahasiswa dapat bergabung melalui program Fast Track untuk mengambil S1 di UPH dan S2 di La Trobe University, Australia, dalam kurun waktu 5 tahun. Program Fast Track juga tersedia untuk Prodi Matematika, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Industri.

Untuk menunjang praktik dan pembelajaran, FaST juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti Asphalt Lab, Laboratorium Riset dan Inovasi, Electrical Engineering Lab, dan Laboratorium Inovasi Pangan.

Mahasiswa lulusan FaST bisa menjadi praktisioner, peneliti, kontraktor, dan pebisnis. Bagi mahasiswa yang ingin memiliki dua gelar S1 sekaligus dapat memilih program Dual Degree Teknologi Pangan UPH dengan University of Newcastle, Australia. Info lengkap FaST dapat diakses di sini.


3.Fakultas Desain atau School of Design (SoD)

Pada Fakultas Desain UPH, kreativitas dan potensi mahasiswa akan diasah untuk menghasilkan karya desain yang fungsional, berdampak, membawa perubahan, dan memberi solusi terhadap kebutuhan masyarakat.

Fakultas Desain UPH terdiri dari empat prodi pilihan, yaitu Arsitektur, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Lulusan Fakultas Desain juga telah mencetak beragam prestasi. Salah satunya, alumnus Desain Interior 2014 Greta Elsa Nurtjahja.

Ia merupakan peraih Medali Emas Asia Young Designer of The Year di ajang Asia Young Designer Awards (AYDA) 2020 dan Juara Pertama Saint Gobain Indonesia 2022 (National Rounds).

Mahasiswa Fakultas Desain UPH berkesempatan merasakan pengalaman kuliah dengan standar internasional, diajar oleh dosen yang kompeten, kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, dan fasilitas yang sangat lengkap seperti, Laboratorium 3D Printing, Laboratorium Wood, Studio Keramik, Jewelry Studio, Video Editing Studio, dan Computer Graphics Studio.

Setelah lulus, mahasiswa Fakultas Desain UPH memiliki banyak kesempatan untuk menjadi seorang desainer interior, desainer perhiasan, arsitek, atau konsultan branding. Info lengkap Fakultas Desain dapat diakses di sini.

Mahasiswa di Fakultas Pariwisata dapat melakukan praktik langsung di industri food and beverage. Dok. UPH Mahasiswa di Fakultas Pariwisata dapat melakukan praktik langsung di industri food and beverage.

4. Fakultas Pariwisata (FPar)

Mahasiswa FPar UPH akan mempelajari cara mengembangkan suatu tempat menjadi destinasi wisata pilihan wisatawan dan menjadi profesional di industri perhotelan serta food and beverages (FnB).

Fakultas tersebut memiliki dua prodi, yaitu Manajemen Perhotelan dan Manajemen Usaha Perjalanan Wisata. Mahasiswa juga dapat langsung praktik menggunakan berbagai fasilitas terbaik, seperti Laboratorium Kitchen, Coffee Lab, Pastry, Bar, Restaurant, Laboratorium Hotel, Bus Simulation Lab, dan Front Office Lab.

UPH terus mendukung para lulusan FPar meraih karier impian, seperti food and beverage industry manager, event organizer yang andal, dan entrepreneur. FPar juga menyediakan program Dual Degree yang bekerja sama dengan International College of Hotel Management, Australia. Info seputar FPar selengkapnya dapat diakses di sini.

Fakultas Musik atau Conservatory of Music menyediakan fasilitas Concert Hall, Laboratorium Sound Design, Practice Room untuk setiap alat musik, dan Vocal Practice Room. Dok. UPH Fakultas Musik atau Conservatory of Music menyediakan fasilitas Concert Hall, Laboratorium Sound Design, Practice Room untuk setiap alat musik, dan Vocal Practice Room.

5. Fakultas Musik atau Conservatory of Music (CoM)

CoM UPH akan membekali mahasiswa dengan ilmu dan teori musik, serta keterampilan praktis. Fakultas ini juga memiliki beragam peminatan yang dapat dipilih, seperti Pertunjukan Klasik, Pertunjukan Jazz dan Pop, Sound Design dan Music Production, Produksi dan Manajemen Seni Pertunjukan, Pendidikan Musik, Terapi Musik, serta Komposisi Musik.

Selain belajar di dalam kelas, mahasiswa juga akan diberi banyak kesempatan untuk praktik langsung dalam beragam acara bergengsi, salah satunya di acara tahunan untuk mencari musisi jazz muda, yaitu National Jazz Competition.

Acara tersebut melibatkan musisi Indonesia ternama, seperti Indra Lesmana dan Barry Likumahuwa.

Berbagai fasilitas yang dimiliki CoM UPH, yaitu Concert Hall, Laboratorium Sound Design, Practice Room untuk setiap alat musik, dan Vocal Practice Room.

UPH terus mendukung para mahasiswa untuk meraih karier impian, seperti music director, sound engineer, dan accompanist. Informasi lengkap Fakultas CoM UPH dapat diakses di sini.


6.Fakultas Hukum (FH)

Mahasiswa FH UPH dibekali dengan keterampilan hukum, fasilitas, dosen yang kompeten, dan networking dengan berbagai firma hukum ternama di Indonesia.

Mahasiswa FH UPH juga akan diasah kemampuannya untuk dapat memahami, memeriksa, merancang dokumen hukum dan peraturan, serta menangani beragam permasalahan hukum.

Lulusan FH dapat meraih karier profesionalnya, seperti menjadi jaksa, hakim, pengacara, diplomat, atau peneliti hukum. FH juga selalu mendorong para mahasiswa untuk aktif mengikuti beragam kompetisi bergengsi, baik berskala nasional maupun internasional.

Informasi terbaru, FH meraih prestasi sebagai Juara Nasional dalam kompetisi Philip C Jessup ILMCC 2022. Informasi mengenai Fakultas FH UPH dapat diakses di sini.


7.Fakultas Psikologi

Ilmu psikologi selalu hangat dan melekat dengan keseharian setiap individu. Kini, istilah “mental health” yang berkaitan dengan itu bahkan sering digunakan. Untuk memahami hal tersebut, diperlukan dasar ilmu yang tepat, yaitu psikologi.

Psikologi juga menjadi salah satu jurusan favorit di UPH. Di Fakultas Psikologi UPH, mahasiswa akan belajar secara mendalam terkait perilaku dan pemikiran manusia.

Mahasiswa Fakultas Psikologi akan dipersiapkan dengan berbagai keterampilan untuk menjadi konselor atau terapis yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan individu dan masyarakat.

Untuk menunjang pembelajaran mahasiswa, Fakultas Psikologi menyediakan Laboratorium Konseling, Laboratorium Psikodiagnostik, dan Laboratorium Eksperimen. Informasi terbaru, Fakultas Psikologi UPH juga telah resmi bekerja sama dengan California Baptist University (CBU), Amerika Serikat. Informasi lainnya tentang Fakultas Psikologi UPH dapat diakses di sini.

8.Fakultas Ilmu Komputer atau Sistem Information Science and Technology (SISTech)

Fakultas Ilmu Komputer UPH menghadirkan kurikulum pendidikan sesuai dengan kebutuhan yang ada demi mempersiapkan lulusan menjadi profesional di bidang teknologi sehingga mampu menjawab kebutuhan dalam bidang teknologi.

Fakultas ini memiliki dua prodi, yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi dengan beragam konsentrasi peminatan. Mahasiswa lulusan SISTech bisa menjadi programmer, business analyst, UI/UX designer, dan game developer.

Fakultas Ilmu Komputer UPH juga menawarkan program Fast Track khusus Prodi Sistem Informasi bersama La Trobe University, Australia. Info lebih lanjut tentang SISTech dapat diakses di sini.


9.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
FISIP UPH menghadirkan pendidikan terbaik yang didukung oleh kurikulum unggul, fasilitas lengkap, dan dosen yang kompeten.

Mahasiswa lulusan FISIP UPH dipersiapkan untuk berkarier menjadi praktisi hubungan masyarakat (humas), jurnalis, penyiar, analis, konsultan, diplomat, dan konsultan internasional atau spesialis regional Asia Tenggara.

FISIP UPH melengkapi layanannya dengan menghadirkan Laboratorium Radio dan Laboratorium TV untuk menunjang pembelajaran mahasiswa. Info lengkap tentang FISIP dapat diakses di sini.


10.Fakultas Kedokteran (FK)

Impian menjadi seorang dokter selalu populer dari masa ke masa. Untuk itu, UPH menghadirkan FK sebagai tempat yang tepat untuk menempuh pendidikan bagi calon dokter profesional di masa depan.

Selain fasilitas yang lengkap, FK UPH didukung dengan jaringan Medical Science Group (MSG) yang terdiri dari Rumah Sakit Siloam dan pusat penelitian swasta Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN).

Dengan jaringan yang disediakan, mahasiswa FK akan mendapatkan pengalaman kuliah yang komprehensif, bernilai unggul, dan siap menjadi lulusan dokter yang berkualitas. Info lengkap seputar FK UPH dapat dilihat di sini.


11.Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES)

Sama seperti dokter, ilmu dan tenaga kesehatan sangat diperlukan masyarakat. FIKES UPH menghadirkan Prodi Farmasi dan D4 Teknologi Laboratorium Medis yang dapat dipilih.

Dengan bekal pendidikan dan pelatihan yang diberikan, peran apoteker sangat penting, terutama dalam penggunaan obat dan penegakan diagnosa pasien untuk memberikan penanganan pada pasien dengan cepat dan tepat.

Selain menjadi apoteker, lulusan FIKES UPH juga memiliki berbagai prospek karier, seperti ahli farmasi klinik, aesthetician, dan quality control di lembaga pemerintahan. Dalam studinya, mahasiswa FIKES UPH akan dapat menggunakan berbagai fasilitas, seperti Laboratorium Farmasetika, Laboratorium Kimia, dan Laboratorium Biologi Farmasi. Info lengkap mengenai FIKES UPH dapat dilihat di sini.


12.Fakultas Keperawatan atau Faculty of Nursing (FoN)

Menjadi seorang perawat harus memiliki dedikasi sepenuh hati dengan sikap cepat tanggap dan mampu melayani secara tepat sasaran. Nilai-nilai ini juga yang selalu ditekankan di FoN UPH.

Para mahasiswa dipersiapkan menjadi perawat profesional, kompeten, dan berkomitmen dengan hati yang mau melayani. FoN UPH bermitra dengan berbagai rumah sakit sehingga akan memberikan kemudahan ketika mahasiswa melakukan praktik kerja.

Lebih dari itu, mahasiswa FoN UPH bisa mendapatkan pendidikan terbaik untuk mencapai impiannya menjadi perawat profesional. Informasi lengkap tentang FoN UPH dapat dilihat di sini.


13.Fakultas Ilmu Pendidikan atau Teachers College (TC)

Fakultas TC UPH memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih impian menjadi guru profesional dengan standar internasional. Fakultas ini memiliki 10 prodi dengan kurikulum pendidikan yang modern dan disesuaikan pada perkembangan teknologi dunia saat ini.

Setelah lulus, setiap mahasiswa TC UPH dapat langsung berdedikasi menjadi guru terbaik dengan berkarier di salah satu sekolah yang tergabung dalam Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) di seluruh penjuru Indonesia.

Fakultas TC UPH berkomitmen menghadirkan pendidikan berkualitas di seluruh indonesia. Komitmen ini juga yang mendorong Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara, resmi memilih TC untuk bekerja sama menghadirkan pendidikan transformasional di Tomohon. Cari tahu informasi lainnya tentang TC UPH di sini.

Selain menyediakan ragam pilihan fakultas yang unggul dengan fasilitas lengkap, UPH juga selalu mendorong tiap mahasiswa untuk meraih prestasi cemerlang dalam berbagai kesempatan, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Rektor UPH Dr (Hon) Jonathan L Parapak mengatakan bahwa UPH akan selalu berkomitmen dalam mengajarkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan kepada mahasiswa agar mereka menjadi profesional dan pemimpin yang hebat di masa depan.

UPH siap menjadi tempat bagi mahasiswa untuk menjadi The Great Achiever. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Student Consultant UPH di nomor 0811-1709-901. Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke UPH dapat mengakseslink ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com