Advertorial

Unggul dan Berkualitas, Berikut Ulasan Fitur dan Performa Web Hosting Niagahoster

Kompas.com - 12/08/2022, 15:05 WIB

KOMPAS.com – Sebagai penyedia web hosting, Niagahoster terus mengupayakan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. Berkat komitmen tersebut, perusahaan asal Yogyakarta ini memiliki telah memiliki sekitar 52.000 pelanggan setia sejak pertama kali beroperasi pada 2013.

Guna menyediakan web hosting unggulan, Niagahoster konsisten memaksimalkan performa dan fitur layanan. Perusahaan ini juga secara rutin menguji kualitas performa web hosting.

Berikut adalah ulasan lengkap keunggulan fitur dan layanan yang dihadirkan Niagahoster.

1. Menggunakan teknologi server tercanggih untuk kecepatan

Hasil uji load time web server Niagahoster Dok. Niagahoster Hasil uji load time web server Niagahoster

Web hosting besutan Niagahoster memakai LiteSpeed Enterprise yang merupakan web server tercepat saat ini. Hal ini telah terbukti dengan hasil uji load time menggunakan software GTMetrix Pro.

Hasilnya, skor rata-rata kecepatan layanan Niagahoster adalah sebesar 428 milisekon (ms). Sementara, standar skor load time provider hosting umumnya berkisar di angka 1.000 ms atau satu detik. Artinya, kecepatan ini lebih dari cukup untuk menyokong kebutuhan pelanggan.

Hasil uji uptime web hosting Niagahoster mencapai 99,98 persenDok. Niagahoster Hasil uji uptime web hosting Niagahoster mencapai 99,98 persen

Dari segi keandalan server, Niagahoster juga mampu menghasilkan uptime yang baik uptime yang diampu oleh Niagahoster juga cukup baik. Adapun uptime adalah persentase server beroperasi normal dalam kurun waktu tertentu. Makin tinggi uptime, maka semakin jarang server dan situs web di dalamnya mengalami down saat diakses.

Berdasarkan uji yang dilakukan lewat software Pingdom pada rentang 1 Juni 2022 hingga 18 Juli 2022, hasil uptime web hosting Niagahoster mendekati sempurna, yakni 99,98 persen. Performa tersebut sudah bisa mengakomodasi kebutuhan pelanggan.

2. Mengadopsi fitur keamanan yang berlapis

Sistem operasi dan fitur keamanan berlapis web hosting Niagahoster Dok. Niagahoster Sistem operasi dan fitur keamanan berlapis web hosting Niagahoster

Dari segi keamanan, Niagahoster melengkapi layanan web hosting dengan fitur berlapis agar terlindung dari kejahatan siber. Sejumlah teknologi mutakhir, mulai dari operating system (OS) hingga fitur, disematkan pada layanan yang ditawarkan. 

Adapun OS yang digunakan Niagahoster adalah CloudLinux, yakni sistem operasi khusus server yang mampu melakukan isolasi resource server pada setiap akun pelanggan. Dengan sistem ini, ekosistem OS menjadi lebih aman ketimbang sistem web hosting pada umumnya.

Lalu, sejumlah fitur keamanan yang digunakan oleh Niagahoster adalah CageFS, WanGuard, dan Imunify360. CageFS merupakan fitur proteksi khusus yang disematkan pada setiap akun pelanggan. Fitur ini dapat mencegah pembobolan oleh pelanggan lain, walaupun akun tersebut ditempatkan pada server yang sama.

Sementara, fitur WanGuard digunakan untuk mengatasi serangan distributed denial of service (DDos). Fitur ini dapat untuk mengidentifikasi dan memblokir traffic yang mencurigakan sehingga server tidak rusak.

Kemudian, fitur anti-malware Imunify360 digunakan untuk memblokade dan menghapus serangan berbahaya yang hendak masuk ke website pelanggan.

3. Didukung perangkat keras yang canggih

Layaknya perangkat komputer, server hosting juga tersusun dari berbagai perangkat dan fasilitas canggih yang saling bekerja sama.

Dari segi hardware atau perangkat keras, Niagahoster menggunakan prosesor 40-Core Intel Xeon. Adapun Xeon merupakan prosesor generasi baru dari Intel yang didesain khusus untuk server. Seperti namanya, prosesor ini terdiri dari 40 otak atau core yang masing-masing berdaya pacu hingga 2,40 gigahertz (GHz).

Lalu, random access memory (RAM) yang digunakan oleh Niagahoster berjenis DDR4 dengan kapasitas 256 gigabyte (GB). Dengan RAM jenis ini, kemampuan memproses data bisa lebih cepat ketimbang seri sebelumnya. Jumlah pemakaian sumber daya juga dapat ditekan sehingga lebih hemat.

Untuk penyimpanan, Niagahoster menggunakan solid state drive (SSD) RAID-10 System. Dengan SSD, kecepatan baca-tulis penyimpanan data bisa 10 kali lebih cepat ketimbang hard disk drives (HDD). Dilengkapi RAID-10, perangkat sanggup mempercepat sekaligus melindungi SSD dari risiko kerusakan data.

Perangkat keras web server Niagahoster Dok. Niagahoster Perangkat keras web server Niagahoster

4. Menggandeng fasilitas data center terbaik

Selain hardware, web hosting tentunya juga membutuhkan fasilitas data center. Fasilitas ini merupakan tempat provider hosting “menitipkan” servernya. Niagahoster menggandeng data center level tertinggi, yakni Tier 4 dari Data Center Indonesia (DCI). Adapun DCI data center Tier 4 ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Data Center Tier 4 milik DCI memiliki sejumlah keunggulan infrastruktur, yakni berada di lokasi aman dari bencana, fasilitas dijaga ketat, punya sistem pendingin yang optimal, minim risiko kebakaran, dan rutin dipelihara.

Dengan demikian, performa server tetap stabil meski mengalami kemungkinan terburuk sekalipun.

Selain itu, DCI menyediakan sejumlah jalur lalu lintas data sekaligus sehingga konektivitas data lancar tanpa kendala. Jika diperlukan, setiap koneksi didukung oleh saluran data terdedikasi. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko akses data pengguna terhambat saat traffic penuh.

Data center dari DCI disuplai oleh dua pembangkit listrik bertenaga tinggi secara terus-menerus. Dengan demikian, server bisa selalu online dan meminimalisasi risiko down akibat gangguan listrik.

5. Menyediakan empat fitur unik

Niagahoster menyediakan empat fitur unik yang belum tentu dijumpai pada penyedia webhosting lain.

Pertama, WordPress Accelerator. Fitur ini bisa mempercepat situs web WordPress dengan menyimpan konten yang sering dikunjungi pengguna menjadi data sementara. Fitur ini juga mampu membersihkan file sampah yang sudah tidak terpakai secara berkala.

Kedua, Cloudflare CDN, yakni teknologi pemrosesan konten dalam bentuk data sementara atau cache. Melalui fitur ini, cache akan diproses sesuai data center terdekat dari lokasi pengunjung sehingga laman web bisa dimuat lebih cepat.

Ketiga, Jet Backup Different Server, yakni metode backup otomatis menggunakan server backup terpisah. Dengan fitur ini, risiko kehilangan data backup atau file penting di server utama dapat diminimalisir.

Keempat, Self-Healing Network, yakni fitur khusus pada tingkat jaringan untuk mendeteksi masalah server dan bisa memulihkan diri secara otomatis. Dengan demikian, situs web pelanggan tetap bisa diakses dengan lancar saat ada kendala.

6. Layanan unggul dan maksimal

Paket langganan web hosting Niagahoster Dok. Niagahoster Paket langganan web hosting Niagahoster

Niagahoster menyediakan sejumlah layanan yang bisa diakses per bulan. Salah satunya, Unlimited Hosting yang menyediakan tiga paket yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Pertama, Bayi. Paket yang dibanderol mulai dari Rp 9.000 per bulan dan merupakan paling murah ini menyediakan resource server yang terbatas, seperti penyimpanan, jumlah email, dan add-on domain. Meski begitu, paket ini sudah dilengkapi fasilitas secure sockets layer (SSL) secara gratis.

Kedua, Personal. Paket ini dibanderol mulai dari Rp 29.000 per bulan. Layanan yang bisa dinikmati pelanggan dalam paket ini adalah resource server,email, unlimited add-on domain, dan SSL gratis. Anda bisa memilih sendiri domain yang diinginkan.

Ketiga, Bisnis yang dibanderol mulai dari Rp 54.000 per bulan. Selain mendapatkan unlimited resource, paket ini juga didukung oleh beberapa modul pemrograman, seperti Python dan Node.js. Paket ini sudah termasuk gratis SSL dan domain.

Sedikit tips, jika ingin mendapatkan harga termurah pada setiap paket, pelanggan harus berlangganan dengan durasi terlama, yakni tiga tahun.

Saat ini, Niagahoster memang belum memiliki opsi memilih server. Untungnya dalam waktu dekat, mereka berjanji untuk menyediakan fitur tersebut. Namun, jangan khawatir. Apabila terdapat kendala, Niagahoster bisa memberi jaminan uang kembali selama 30 hari tanpa syarat tertentu.

Untuk memudahkan pelanggan, Niagahoster menyediakan kanal bantuan yang lengkap. Anda bisa menghubungi bantuan pelanggan melalui telepon di nomor 021-50861682.

Anda juga bisa mengirim pesan ke WhatsApp di nomor 089539518603, alamat email cs@niagahoster.co.id, atau ke Telegram @niagahoster_bot.

Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan layanan bantuan lewat fitur live chat Intercom. Fitur ini bisa membantu pelanggan secara langsung sehingga lebih praktis dan efisien. Tak heran, sebanyak 93 persen pelanggan yang menggunakan fitur ini merasa puas.

Itulah uraian mengenai fitur dan performa unggul yang dimiliki oleh web hosting Niagahoster. Apabila tertarik untuk menggunakan layanan, Anda bisa mengunjungi tautan ini.

Masukkan kode “SPESIALKOMPAS” saat transaksi untuk mendapatkan potongan harga hingga 80 persen.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com