Advertorial

BRI Hadirkan Keseruan Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Kota Semarang

Kompas.com - 16/08/2022, 08:25 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar rangkaian Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di kota keempat, yakni Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

PRS 2022 juga menargetkan percepatan transmisi keuangan digital melalui instalasi layanan pembayaran digital kepada seluruh UMKM yang ikut serta dalam event tersebut.

Mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”, PRS mengajak seluruh pelaku UMKM di Indonesia agar percaya diri (Pede) dalam berinovasi dan berbisnis sehingga dapat membawa perubahan positif bagi perekonomian Indonesia.

PRS juga mengajak masyarakat Indonesia, khususnya nasabah tabungan BRI Simpedes, agar percaya diri dalam bekerja, berbisnis, dan mengelola keuangan.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk selalu beradaptasi melalui inovasi layanan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Perseroan senantiasa mendorong pelaku UMKM untuk ‘naik kelas’ melalui digitalisasi bisnis. Di samping itu, literasi digital juga mampu mempercepat proses inklusi keuangan,” tutur Supari dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Berlangsung sejak Minggu (14/8/2022) hingga Kamis (18/8/2022), PRS 2022 edisi Semarang dimulai dengan pawai internal di 11 titik pasar tradisional di Kota Semarang.

Dalam kegiatan tersebut, BRI mengedukasi dan menyosialisasikan layanan keuangan digital yang dapat membantu pedagang di pasar dalam mengelola keuangan.

Upaya tersebut mendapat sambutan positif dari para pedagang. Sebab, mereka merasa dimudahkan dalam mengelola keuangan dan menerima layanan perbankan tanpa harus meninggalkan kegiatan usahanya.

Rangkaian agenda acara kemudian dilanjutkan dengan kelas UMKM, workshop, dan talk show interaktif. Kegiatan ini digelar pada Jumat (19/8/2022) sampai Minggu (21/8/2022) di Lapangan Stadion Diponegoro, Semarang. 

Selain itu, agenda tersebut juga akan menghadirkan berbagai tenant UMKM yang menjual produk-produk unggulan. Mulai dari kuliner, kerajinan tangan, fesyen, hingga oleh-oleh khas Semarang.

UMKM yang berpartisipasi dalam PRS 2022 tidak hanya binaan BRI saja, tetapi juga seluruh UMKM dan mahasiswa dari Kota Semarang. BRI juga turut melibatkan komunitas lokal untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi dan rangkaian kegiatan PRS lainnya.

Sebagai informasi, PRS 2022 juga mendirikan booth Peduli  yang menyediakan cek kesehatan dan potong rambut gratis, serta donor darah untuk seluruh pengunjung.

Dalam memeriahkan acara tersebut, BRI menghadirkan penampilan musisi Tanah Air, seperti Tasya Rosmala, Nella Kharisma, dan Nidji. Ada pula penampilan dari deretan musisi lokal, seperti Hendra Kumbara, Serempet Gudal, dan Sanggar Srikandi by Izza.

Menariknya lagi, BRI menyediakan beragam hadiah bagi pengunjung yang beruntung, antara lain uang tunai mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 1.000.000, serta doorprize utama satu unit Yamaha Fazzio.

PRS 2022 Semarang juga akan diramaikan dengan pawai eksternal pada Sabtu (20/8/2022) pukul 14.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB). Pawai yang melibatkan 150 peserta komunitas lokal ini akan berkeliling dari Kantor Gubernur Jawa Tengah sampai Lapangan Stadion Diponegoro.

Pawai itu akan dimeriahkan oleh marching band, naga barongsai, komunitas tari kesenian Semarang, warak dugder, fashion carnival, komunitas sepeda tua Kota Semarang, dan parade becak.

Keseruan PRS 2022 di Kota Semarang bisa dinikmati hanya dengan membayar Rp 1 melalui scan QRIS di aplikasi BRImo yang tersedia di area ticket box. Pengunjung yang belum memiliki aplikasi BRImo dapat melakukan registrasi BRImo di area yang disediakan.

Seluruh pengunjung juga diwajibkan untuk melakukan scan aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki area PRS.

Saksikan juga kemeriahan PRS 2022 di Kota Semarang melalui Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com