Advertorial

3 Resep Dessert Enak dan Praktis Berbahan Roti Tawar yang Wajib Dicoba

Kompas.com - 18/08/2022, 09:33 WIB

 

KOMPAS.com - Roti tawar kerap dijadikan bahan utama beragam menu makanan lantaran bahan makanan ini praktis dan juga bernutrisi.

Meski sudah lezat saat disajikan secara sederhana, yakni dengan tambahan topping, seperti mentega, meses, dan selai buah, tak ada salahnya menyulap roti tawar menjadi menu spesial lainnya.

Dengan sedikit kreativitas, roti tawar juga bisa diolah menjadi menu pencuci mulut (dessert) yang dapat dinikmati setelah makanan utama. Penasaran resep dessert dengan bahan roti tawar? Simak penjelasan berikut :

  1. Puding roti

Untuk membuat puding roti yang lezat dan bertekstur lembut, bahan yang mesti disiapkan adalah 200 gram (gr) roti tawar, 40 gr maizena, gula dan garam secukupnya, dan 1 liter susu cair full cream. Anda juga bisa menambahkan pugasan lain, seperti kismis dan potongan buah.

Setelah semua bahan siap, rebus 50 mililiter (ml) susu cair bersama roti tawar yang sudah dipotong dadu, lalu aduk keduanya menjadi adonan lembut. Kemudian, tambahkan gula dan garam, lalu masak hingga matang. Setelah itu, cairkan maizena dengan susu yang tersisa, lalu tuang ke dalam adonan roti.

Sebagai tambahan, masukkan kismis atau potongan buah. Tuang ke dalam cetakan dan masukkan ke kulkas hingga menjadi puding.

  1. Roti kukus kismis

Kudapan lain berbahan roti tawar yang bisa dicoba di rumah adalah roti kukus kismis. Tak hanya disukai anak-anak, dessert manis ini juga digemari orang dewasa sehingga cocok sebagai suguhan untuk tamu.

Cara membuatnya pun gampang. Anda hanya perlu menyiapkan 5 lembar roti tawar yang sudah dipotong-potong, 350 ml susu cair, 50 gr margarin cair, 75 gr gula, 3 butir telur, dan 50 gr keju, serta kismis. Anda juga bisa menambahkan kacang almon untuk menambah variasi tekstur.

Campur dan aduk rata seluruh bahan tersebut, kecuali susu. Kemudian, tata adonan ke dalam loyang, lalu tuangkan susu. Taburi keju parut, kismis, dan almon. Setelah itu, masukkan loyang ke dalam kukusan. Agar tampilan roti kukus tidak rusak karena uap air, lapisi tutup kukusan dengan kain bersih.

Setelah matang, tunggu beberapa saat hingga uap panas hilang. Kemudian, masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih dua jam. Jika sudah, roti kukus kismis siap dihidangkan dalam keadaan dingin.

  1. Dessert box roti tawar

Roti tawar juga bisa disulap menjadi kudapan lezat kekinian, yakni dessert box.

Bahan yang digunakan juga sederhana, yaitu 300 ml susu cari full cream, 75 ml kental manis, keju parut secukupnya, dan 4 lembar roti tawar tanpa kulit. 

Adapun bahan yang digunakan untuk vla adalah 200 ml susu cair full cream, 100 gr gula pasir, 1 sdm maizena yang dilarutkan, 1 kuning telur, 200 ml krim kental, dan vanili secukupnya. Selain bahan tersebut, Anda juga bisa membuat rasa vla sesuai selera, seperti rasa cokelat, matcha, dan biscoff lotus.

Langkah pertama, rebus bahan vla dan aduk hingga tercampur rata dan permukaan adonan meletup-letup. Di wadah terpisah, panaskan juga susu cair dan krimer kental manis. Angkat, lalu dinginkan.

Berikutnya, masukkan selembar roti tawar ke dasar box dan tuang perlahan rebusan susu hingga roti terendam, lalu tambahkan adonan vla. Ulangi dengan cara sama hingga penuh.

Terakhir, taburi permukaan dessert box dengan keju parut, lalu simpan ke dalam kulkas. Sajikan dalam keadaan dingin agar lebih nikmat.

Itulah tiga resep dessert berbahan roti tawar yang bisa dicoba di rumah. Penganan tersebut bisa jadi suguhan untuk keluarga ataupun selingan camilan untuk si kecil.

Agar lebih lezat, Anda bisa menggunakan roti tawar yang sudah terbukti kualitasnya, yakni Sari Roti Double Soft Premium.

Selain punya rasa premium, roti tersebut memiliki tekstur lebih lembut dan harum butter sehingga disukai oleh seluruh anggota keluarga. Sari Roti Double Soft Premium juga punya rasa yang lebih enak. Karena itu, roti ini bisa langsung dikonsumsi tanpa topping.

Untuk diketahui, saat ini Sari Roti Double Soft Premium sudah tersedia di minimarket terdekat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya dengan memesan secara langsung melalui online WhatsApp.

Bagaimana, mudah kan cara membuatnya? Segera praktikkan di rumah menu dessert berbahan roti tawar pakai Sari Roti Double Soft Premium, Premium Lembutnya, Premium Enaknya!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com