Advertorial

Jangan Panik Tak Masuk PTN, Intip PTS Bereputasi yang Menyiapkan Lulusan Berkualitas dan Siap Kerja Berikut

Kompas.com - 20/08/2022, 18:44 WIB

KOMPAS.com – Kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan impian banyak siswa sekolah menengah atas (SMA) di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka berlomba mengikuti ujian saringan masuk PTN sesuai dengan jurusan yang diminati.

Akan tetapi, harapan terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. Tak ayal, tidak lolos seleksi PTN membuat sebagian besar siswa kecewa dan merasa segalanya telah berakhir.

Jika kamu salah satunya, jangan larut terlalu lama. Pasalnya, kuliah di PTN bukan satu-satunya jalan untuk meraih impian dan cita-cita.

Siswa SMA bisa melirik perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki reputasi, kualitas pendidikan, serta jaringan alumnus yang bahkan lebih baik dari sebagian besar PTN. Universitas Trisakti adalah salah satunya.

Universitas Trisakti merupakan salah satu PTS di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada 57 tahun yang lalu. Salah satu fakultas tertua yang berdiri bersama dengan pendirian Universitas Trisakti adalah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) yang dulu bernama Fakultas Teknik.

FTSP Universitas Trisakti memiliki empat Program Studi (Prodi) Sarjana (S1) dan Magister (S2). Prodi Sarjana Teknik Sipil dan Arsitektur telah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) sejak 1998.

Pada 2021, Prodi Sarjana Arsitektur Universitas Trisakti juga sudah mendapatkan sertifikasi internasional ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) yang berlaku selama 5 tahun, terhitung mulai 19 Maret 2021-18 Maret 2026.

Selain itu, Prodi Sarjana dan Magister Arsitektur Universitas Trisakti juga telah memperoleh Rekognisi Pendidikan Tinggi Arsitektur dari Dewan Arsitek Indonesia (DAI). DAI sendiri merupakan badan independen di dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) yang bertugas membantu pemerintah pusat dalam penyelenggaraan profesi arsitek.

Rekognisi tersebut didasarkan atas akreditasi dari BANPT Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Tidak hanya dari Prodi Sarjana Arsitektur, saat ini Prodi Sarjana Teknik Sipil sedang dalam proses memperoleh akreditasi internasional Indonesian Accreditation Board for Engineering (IABEE).

Untuk diketahui, FTSP merupakan salah satu fakultas di Universitas Trisakti yang memiliki beragam prestasi. Prestasi membanggakan tersebut diraih mahasiswa Prodi Sarjana Arsitektur, FTSP, Universitas Trisakti.

Selama dua tahun berturut-turut, dua mahasiswa Arsitektur Universitas Trisakti lolos Program Beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diselenggarakan Kemdikbud Ristek.

Dua mahasiswa tersebut adalah Thobby Athaya Za memperoleh program IISMA 2021 dengan universitas tujuan Universitas Granada, Spanyol, dan Restu Wicaksono memperoleh program IISMA 2022 dengan universitas tujuan University of Twente, Belanda.

Selain prestasi itu, Prodi Sarjana Teknik Sipil juga menerima prestasi membanggakan lain dari pemerintah, yakni dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) pada 2021 serta Hibah Bantuan Penelitian Kebijakan MBKM dan PKM berbasis penelitian pada tahun yang sama.

Program hibah tersebut diperoleh dari pemerintah sebesar lebih dari Rp 2 miliar. Program tersebut sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka berupa kegiatan magang di perusahaan/industri selama 1 semester (6 bulan) yang akan direkognisi maksimal sebanyak 20 SKS.

Prodi Sarjana Teknik Sipil Universitas Trisakti telah merancang kurikulum Magang Merdeka Belajar dengan tujuan meningkatkan kualitas lulusan sebagai praktisi profesional yang siap bekerja dan berkarya dalam bidang teknik sipil. Respons positif datang dari Pembimbing pihak Mitra Industri, di antaranya dari PT Adhi Karya dan PT Waskita Karya.

Berdasarkan paparan pada kegiatan Lokakarya Hasil Magang Merdeka Belajar yang diselenggarakan pada Sabtu (18/12/2021), etos kerja dan kemampuan mahasiswa Prodi Sarjana Teknik Sipil Universitas Trisakti mendapatkan apresiasi dari mitra industri. Beberapa di antara peserta magang pun langsung dapat bekerja di perusahaan tempat mereka mengikuti program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Bagi kamu yang ingin memperoleh gelar magister lebih cepat, kedua jurusan di FTSP Universitas Trisakti itu juga mempunyai program fast track, lho. Program fast track adalah program percepatan masa studi sarjana dan magister bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik dan bahasa Inggris yang sangat baik. Program ini dapat diselesaikan dalam waktu 5 tahun.

Melalui program fast track, mahasiswa dapat menghemat waktu dan biaya untuk mendapatkan gelar magister arsitektur atau magister teknik sipil serta menjadi lulusan yang lebih unggul dan siap bersaing dalam lapangan kerja.

Berbicara lapangan kerja, Universitas Trisakti memiliki reputasi yang sangat baik di kalangan perusahaan pemberi kerja karena mampu menelurkan lulusan profesional dengan etos kerja yang baik. Hingga saat ini, FTSP Universitas Trisakti telah menghasilkan lulusan yang tersebar dan berkarya di berbagai profesi, antara lain kontraktor, konsultan perencana, pengusaha, akademisi, dan aparatur negara.

Dengan kerja sama antara FTSP dan Ikatan Alumni Teknik Sipil dan Arsitektur, lulusan dapat segera diterima di perusahaan yang dimiliki atau dikelola oleh alumnus. Dengan demikian, para lulusan tidak menunggu terlalu lama mendapatkan pekerjaan.

Jadi, dengan segala prestasi dan kelebihannya, FTSP Universitas Trisakti bukan lagi sekadar pilihan alternatif bagi siswa SMA, tetapi dapat dipertimbangkan sebagai pilihan utama universitas tujuan.

Sebagai informasi, berkuliah di Prodi Sarjana Teknik Sipil dan Arsitektur tidak semahal yang dibayangkan lho. Sebab, mahasiswa baru bisa mendapatkan potongan 20 persen dari biaya sumbangan pengembangan pendidikan (SPP) untuk keluarga alumnus.

Selain itu, mahasiswa berprestasi juga berkesempatan mendapatkan beasiswa selama menempuh perkuliahan. Nikmati pula kemudahan pembayaran cicilan 12 kali bunga 0 persen dengan menggunakan kartu kredit BNI.

Kemudian, calon mahasiswa baru juga bisa mendapatkan potongan 5 persen biaya SPP bila melakukan pembayaran secara tunai atau cash hingga September 2022.

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Trisakti melalui jalur Rapor dan nilai UTBK masih dibuka hingga 31 Agustus 2022. Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda dan jadi bagian dari keluarga besar FTSP Universitas Trisakti.

Untuk informasi lebih lanjut terkait penerimaan mahasiswa baru, silakan hubungi melalui email humas_ftsp@trisakti.ac.id atau melalui nomor WhatsApp 0821-2408-8658.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com