Advertorial

Ingin Kuliah di PTS Terbaik? Pertimbangkan 6 Hal Berikut Sebelum Memilih

Kompas.com - 22/08/2022, 16:43 WIB

KOMPAS.com – Perguruan tinggi merupakan salah satu tahapan pendidikan penting yang dapat menentukan masa depan seseorang. Karena itu, setiap calon mahasiswa perlu mempersiapkan diri secara matang sebelum masuk ke perguruan tinggi berkualitas.

Sejumlah persiapan yang harus dilakukan dengan baik meliputi beberapa hal, mulai dari menentukan minat hingga memilih program studi (prodi) yang relevan dan perguruan tinggi terbaik.

Persiapan dan pertimbangan tersebut wajib dilakukan karena calon mahasiswa akan dihadapkan dengan berbagai pilihan saat memilih kampus.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki 2.990 PTS yang dapat menjadi pilihan calon mahasiswa. Oleh karena itu, orangtua dan anak perlu berdiskusi PTS seperti apa yang akan dipilih.

Untuk memudahkan, Kompas.com telah merangkum enam indikator yang bisa dijadikan acuan dalam memilih PTS terbaik.

  1. Memiliki beragam prodi 

PTS atau universitas swasta unggul biasanya memiliki pilihan fakultas beragam yang sesuai kebutuhan setiap industri. Misalnya, fakultas teknik, sains, kesehatan, ekonomi, ilmu komputer, humaniora, desain, pariwisata, komunikasi, serta ilmu politik dan sosial.

Untuk itu, calon mahasiswa dapat memilih universitas yang memiliki beragam pilihan prodi, terutama yang menyediakan disiplin ilmu yang sesuai dengan minat.

  1. Lokasi strategis

Selain ketersediaan jurusan yang diminati, aksesibilitas dan lokasi yang strategis juga perlu dipertimbangkan orangtua dan calon mahasiswa. Selain itu, pastikan juga akses menuju kampus tersebut aman dan nyaman.

Soal lokasi, orangtua atau calon mahasiswa bisa memilih universitas yang berada di kota besar. Sebab, kampus ini biasanya terletak di lokasi strategis sehingga memudahkan mahasiswa melakukan mobilitas. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengakses berbagai fasilitas penunjang lain di luar kampus agar perkuliahan yang dijalani nyaman dan menyenangkan.

  1. Fasilitas berkualitas dan lengkap

Fasilitas penunjang yang lengkap dan berkualitas juga wajib dipertimbangkan para orangtua dan calon mahasiswa sebelum memilih PTS. Hal ini penting karena berpengaruh terhadap mutu kegiatan perkuliahan, baik akademis maupun nonakademis.

Pastikan pula setiap prodi ditunjang fasilitas yang sesuai standar agar kegiatan praktikum dalam perkuliahan lebih maksimal. Misalnya, fakultas sains dan teknologi dilengkapi laboratorium teknologi pangan, farmasi, kimia, biologi, dan biokimia.

Sementara, fakultas pariwisata dilengkapi laboratorium kamar hotel, kopi, kitchen and pastry lab, dan simulasi bus. Demikian pula fakultas desain ditunjang laboratorium yang sesuai peminatan, yaitu laboratorium 3D printing, animasi, dan painting.

Kemudian, cek keberadaan fasilitas nonakademis yang dimiliki PTS. Fasilitas ini menjadi sarana untuk memacu mahasiswa agar lebih kreatif dan produktif dalam berbagai kegiatan nonakademik.

  1. Alumnus berkualitas

Salah satu cara tepat untuk melihat kualitas sebuah perguruan tinggi adalah melihat siapa saja alumnus universitas tersebut. Orangtua dan calon mahasiswa bisa melihat informasinya secara langsung di website resmi alumni setiap universitas.

Cara lain, calon mahasiswa juga bisa mengecek profil tokoh atau figur publik yang berprestasi untuk mengetahui tempat mereka menempuh pendidikan tinggi.

Sebut saja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno yang berhasil meraih gelar doktor dan berkiprah di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Kemudian, Reisa Broto Asmoro yang didapuk sebagai juru bicara (jubir) pemerintah dalam menangani Covid-19.

Selain itu, rekam jejak artis idola, seperti Mikha Tambayong dan Vidi Aldiano yang juga sukses berkarier dengan bekal ilmu dari perguruan tinggi terbaik.

  1. Torehan prestasi

Kualitas suatu universitas juga diukur dari deretan prestasi yang sudah dicapai, mulai dari prestasi mahasiswa, dosen, alumnus, hingga institusi.

Informasi tersebut dapat ditemukan dengan menuliskan kata kunci “prestasi” dan nama universitas yang ingin diketahui lebih dalam menggunakan situs pencarian. Selain itu, kualitas PTS juga dapat dibuktikan dengan melihat peringkatnya pada lembaga ranking dunia, seperti QS Rank University.

  1. Memiliki jejaring luas

Jejaring atau networking luas juga menjadi faktor penting untuk mencapai masa depan dan karier impian. Untuk itu, pilihlah universitas unggul yang memiliki departemen career center dan corporate relations.

Departemen tersebut memiliki program kemitraan yang sudah dijalin PTS dengan perusahaan, contohnya program pemagangan. Selain program, departemen career center dan corporate relations biasanya juga memiliki informasi lowongan pekerjaan serta menyelenggarakan sejumlah acara, seperti career expo atau job fair, rekrutmen langsung dari mitra perusahaan, dan seminar pengembangan karier.

Nah, itulah enam indikator yang bisa jadi acuan, baik calon mahasiswa maupun orangtua, dalam memilih PTS unggulan.

Adapun salah satu PTS yang memenuhi seluruh kriteria tersebut adalah Universitas Pelita Harapan (UPH).

Berdiri sejak 1994, kampus UPH telah hadir di enam kota besar di Indonesia, yakni empat kampus berlokasi di Tangerang, Jakarta, Medan, dan Surabaya, serta dua learning hub di Cikarang, Jawa Barat (Jabar) dan Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Setiap tahun, UPH melahirkan lulusan-lulusan yang telah dilatih dan dipersiapkan untuk mencapai prestasi terbaik, di antaranya adalah tokoh-tokoh yang sudah disebutkan di atas.

Selain itu, tak sedikit pula alumnus UPH menjadi pemimpin perusahaan dan membuka lapangan kerja, seperti Founder of Beautyhaul dan Somethinc & Glowinc Potion Irene Ursula, serta Chief Executive Officer dan Co-Founder of Artisan Professionel Reza Aryabima.

Deretan alumnus UPH lain yang sudah menorehkan prestasi dan sukses di bidangnya bisa kamu ketahui pada tautan berikut.

UPH juga dikenal mengadopsi kurikulum dengan kualitas pendidikan dan kompetensi dosen yang mumpuni. Terbaru, UPH menghadirkan kurikulum dengan model pembelajaran Multi-Fleksibel (M-Flex) yang terdiri dari metode pembelajaran aktif sinkron dan asinkron.

Adapun implementasi M-Flex dapat memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan mahasiswa dengan memastikan kegiatan pembelajaran berjalan lancar. Didukung fasilitas penunjang lengkap, baik pendukung akademis maupun nonakademis, UPH memastikan mahasiswanya mendapatkan pengalaman belajar terbaik.

Keunggulan-keunggulan tersebut telah berhasil membawa UPH masuk dalam daftar PTS terbaik versi QS Asia University Rank 2022.

Bagaimana? Tertarik untuk kuliah di PTS terbaik seperti UPH? Bagi kamu yang ingin kuliah di UPH, terdapat beragam program beasiswa dan potongan biaya pendidikan.

Untuk informasi lengkap seputar UPH dapat menghubungi Student Consultants UPH di 0811-1709-901 atau dapat langsung mendaftar di sini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com