Advertorial

Sukses Gelar PRS 2022 di Kota Semarang, BRI Dukung Pelaku UMKM agar Makin Berdaya Saing

Kompas.com - 22/08/2022, 19:27 WIB

KOMPAS.com – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia perlu mendapat dukungan dan pendampingan agar semakin berkembang dan berdaya saing.

Pelaku UMKM dan masyarakat luas perlu memiliki literasi teknologi digital dan keuangan yang mumpuni agar dapat bertahan dan berkembang, terutama di era digitalisasi.

Demi mewujudkan hal itu, BRI menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di berbagai kota di Tanah Air. Kali ini, BRS sukses menggelar PRS 2022 edisi keempat yang dilaksanakan di Stadion Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat (19/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022). Lebih dari 25.0000 warga Semarang dan sekitarnya hadir menyemarakkan gelaran tersebut.

Terdapat enam pilar yang diusung dalam kegiatan tersebut, yaitu Pasar, Panggung, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, dan Panen. Adapun tema yang diusung bertajuk “Pede Pemimpin Perubahan”.

Berangkat dari tema acara tersebut, BRI bertujuan memberi dukungan bagi pelaku UMKM dan mengedukasi masyarakat tentang literasi digital dan keuangan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno mengatakan, dukungan BRI telah menyasar seluruh lapisan masyarakat di berbagai daerah, termasuk Semarang.

Sumarno berharap, dukungan tersebut semakin diperluas hingga ke pelosok desa agar masyarakat di pedesaan makin cakap digital dan melek literasi finansial. Sebagai contoh, penggunaan QRIS dalam berbagai transaksi.

“Kami berharap, BRI juga mendukung UMKM dalam hal permodalan agar mereka semakin tumbuh dan berinovasi. Literasi keuangan juga perlu didorong demi membantu masyarakat mengatasi masalah keuangan di desa,” ujar Sumarno dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Di sisi lain, BRI juga fokus terhadap edukasi masyarakat, memberikan pelatihan, dan pemberdayaan terhadap UMKM demi mendorong perekonomian masyarakat.

Regional Chief Executive Officer BRI Kantor Wilayah Semarang Handaru Sakti mengatakan, lebih dari 200 UMKM turut terlibat dalam perhelatan PRS 2022 di Semarang.

Melalui acara PRS 2022, lanjut Handaru, BRI mempertemukan berbagai pihak untuk bersinergi dalam mengembangkan bisnis dan memberikan pelatihan bagi UMKM agar makin percaya diri membawa perubahan.

“BRI mengedukasi masyarakat dan mendukung program pemerintah untuk menggunakan QRIS agar mempermudah transaksi dan mengelola keuangan dengan baik, tanpa menggunakan uang tunai atau cash,” terang Handaru.

-Dok. BRI -

Wujudkan UMKM naik kelas

BRI melalui PRS 2022 berhasil memberikan pelayanan lengkap bagi UMKM dalam program Pasar yang diikuti oleh 200 UMKM.

Selain diberikan bantuan permodalan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR), PRS juga menggelar Kelas UMKM, Workshop, dan Kelas Inklusi Keuangan.

Adapun materi yang diberikan pada kegiatan tersebut, antara lain inovasi bisnis, digital marketing, product development, dan Pencegahan Investasi Bodong.

Terkait program KUR, BRI bertujuan membantu pelaku UMKM dalam bentuk modal agar bisnis yang mereka jalankan semakin berkembang.

Selain itu, program Pasar UMKM pada PRS 2022 juga membantu UMKM memperluas pasar. Salah satu pelaku UMKM, yakni Co-Founder Sina Healthy Beverage Aulia Sari, mengaku puas atas pelaksanaan program tersebut.

“Melalui event BRI, kami sangat terbantu dalam memperluas pasar. Bantuan modal UMKM yang pernah saya dapatkan pada awal merintis bisnis juga jadi salah satu faktor berkembangnya UMKM kami. Selain itu, pelatihan-pelatihan BRI mendukung kami agar semakin inovatif,” terang Aulia.

-Dok. BRI -

Edukasi masyarakat melalui QRIS

Perkembangan transaksi digital menuntut inovasi sistem pembayaran yang mudah. Adapun sistem pembayaran QRIS adalah salah satu terobosan pembayaran baru yang efektif, efisien, dan diawasi oleh regulator.

Pada PRS 2022, BRI mengedukasi masyarakat untuk menggunakan sistem pembayaran QRIS dalam setiap transaksi selama tiga hari pergelaran PRS di Semarang.

Hal itu diimplementasikan lewat pembayaran senilai Rp 1 melalui scan QRIS BRImo sebagai syarat masuk arena PRS 2022. Selain itu, pembayaran di setiap booth UMKM menggunakan QRIS. Dengan begitu, seiring waktu berjalan, masyarakat terbiasa melakukan pembayaran secara digital.

Salah satu pengunjung gelaran PRS 2022, Hermawan, mengakui kemudahan bertransaksi melalui QRIS.

“Penggunaan QRIS BRImo memudahkan saya dalam bertransaksi. Cukup membawa handphone, saya bisa bertransaksi. Apalagi, masuk arena PRS 2022 cukup bayar Rp 1. Harga bazar dalam acara ini pun terjangkau. Kemudahan ini semoga bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi setelah acara ini selesai,” kata Hermawan.

Pertunjukan seni lokal dan nasional

Berbagai macam pertunjukan lokal hingga nasional pun dihadirkan dalam PRS 2022 di Semarang. Ragam pertunjukan ini menjadi salah satu magnet bagi masyarakat.

PRS 2022 menghadirkan pertunjukan pawai yang diikuti berbagai komunitas seni serta menampilkan artis lokal dan nasional, seperti, Hendra Kumbara, Serempet Gudal, Tasya Rosmala, Nella Kharisma, Nidji, dan Slank.

Selain itu, ada pula Panggung Tawa, Panggung Masak, Panggung Ilmu, Panen, Hadiah, Program Peduli, hingga E-sport Competition.

Untuk diketahui, PRS 2022 akan berlangsung hingga Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Kota di Indonesia.

Kegiatan tersebut dapat disaksikan secara langsung di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Lewat kegiatan ini, diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya sektor UMKM di Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI PRS 2022, klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com