Advertorial

Kangen Kuliner Semarang? Berikut 4 Rekomendasi Oleh-oleh yang Bisa Dibeli secara Online

Kompas.com - 23/08/2022, 09:22 WIB

KOMPAS.com – Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang memiliki banyak keunikan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Semarang dikenal sebagai kota yang kental akan akulturasi budaya dan sejarah. Untuk menikmati wisata budaya serta sejarah, pelancong bisa mengunjungi Kota Lama, Lawang Sewu, dan Kelenteng Sam Poo Kong.

Kemudian, Semarang juga terkenal dengan deretan kuliner lezat, mulai dari tahu gimbal, bandeng presto, lumpia, wingko babat, hingga babat gongso. Beberapa kuliner dan jajanan khas Semarang juga bikin kangen dan cocok dijadikan oleh-oleh.

Jika belum sempat mengunjungi kota tersebut, sejumlah kuliner Semarang bisa didapatkan dengan mudah secara online. Berikut adalah rekomendasinya.

  1. Moaci

Moaci atau mochi khas Semarang memiliki sejumlah perbedaan dengan mochi lain. Penganan bertekstur kenyal ini terbuat dari tepung ketan. Bagian tengah moaci diisi dengan kacang tanah cincang dan gula. Sementara itu, bagian luar dibalut wijen.

Nah, selain ukuran yang lebih besar, balutan wijen pada bagian luar jadi pembeda antara mochi khas Semarang dan mochi lain, seperti mochi khas Sukabumi.

Saat ini, sejumlah produsen moaci Semarang telah memasarkan produknya secara online. Beberapa di antara mereka juga berinovasi dengan menghadirkan berbagai rasa, seperti pandan, durian, dan cokelat.

Kuliner tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp 30.000 per kotak dengan isi 10 buah.

  1. Lontong spekuk atau lapis legit

Seperti namanya, lontong spekuk merupakan kue tradisional bumbu spekuk yang dibentuk seperti lontong nasi. Selain berbentuk lontong, penganan yang punya nama lain kue lapis legit ini juga ada yang berbentuk balok.

Penganan yang disajikan berlapis itu terbuat dari terigu, telur, mentega, dan gula. Untuk menambah cita rasa, spekuk juga ditambahkan kayu manis dan bumbu pala.

Sebagai pelipur kangen terhadap Kota Semarang, kamu bisa memesan spekuk secara online dengan harga mulai Rp 75.000.

  1. Roti ganjel rel

Roti dengan nama unik tersebut berbentuk seperti bantalan rel kereta api yang panjang dan tebal. Roti ini memiliki cita rasa manis dengan aroma kayu manis dan air nira.

Meski bertekstur padat dan cenderung alot, roti yang dibanderol mulai Rp 35.000 itu cocok disantap sebagai pelengkap minum teh atau kopi pada sore hari.

  1. Butter half

Selain jajanan tradisional, Semarang juga memiliki deretan penganan kekinian yang cocok dijadikan oleh-oleh, yakni butter half, brownies, dan cookies.

Salah satu gerai yang menyajikan tiga penganan tersebut adalah The Butter Half Brownies and Cookies yang beralamat di kawasan Candisari, Semarang. Tidak hanya jajanan masa kini, Butter Half Semarang juga menghadirkan minuman kekinian.

Tanpa perlu pergi ke Semarang, seluruh produk The Butter Half bisa kamu dapatkan secara online melalui marketplace, seperti Tokopedia.

Melalui marketplace tepercaya itu, kamu bisa mendapatkan berbagai oleh-oleh dan kuliner khas berbagai daerah di Indonesia, termasuk Semarang, tanpa perlu bertandang ke daerah tersebut.

Yuk, segera cek aplikasi Tokopedia dan obati kerinduanmu terhadap berbagai oleh-oleh khas daerah Nusantara!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com