Advertorial

Selain Bantu Jaga Kekebalan Tubuh, Ini 4 Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

Kompas.com - 24/08/2022, 15:19 WIB

KOMPAS.com - Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dapat mengoptimalkan fungsi tubuh, termasuk menjaga kekebalan tubuh.

Dilansir dari laman Healthline, Kamis (2/4/2022), vitamin C mengandung antioksidan kuat yang dapat menetralkan senyawa yang tidak stabil, seperti radikal bebas, di dalam tubuh. Vitamin ini juga dapat mencegah dan membantu membalikkan kerusakan sel dalam tubuh.

Tak heran, makanan dan suplemen yang mengandung vitamin C menjadi buruan banyak orang di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, ada sekitar 15 enzim di dalam tubuh yang bergantung pada vitamin C. Antioksidan pada vitamin ini juga dapat melindungi biomolekul tubuh, seperti DNA dan RNA, melawan spesies oksidatif reaktif (reactive oxidative species/ROS)

Namun, tahukah kamu bahwa vitamin C juga memiliki fungsi lain selain membantu menjaga kekebalan tubuh? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

  1. Mencegah penuaan kulit

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkap bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dapat meminimalisasi risiko kerutan, kulit kering, dan penuaan pada kulit.

Asupan vitamin C yang cukup juga berperan penting untuk menstimulasi produksi kolagen. Untuk diketahui, kolagen adalah protein dalam tubuh yang berfungsi untuk mereproduksi jaringan ikat pada organ tubuh, termasuk kulit.

Berkat kemampuannya untuk menjaga kesehatan kulit, banyak produk skincare di pasaran yang memiliki kandungan vitamin C.

  1. Jaga kesehatan mata

Selain vitamin A, vitamin C juga punya peran penting untuk menjaga kesehatan organ penglihatan.

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Kamis (30/9/2021), The American Optometric Association menyampaikan bahwa vitamin C dapat mengurangi risiko katarak.

Vitamin C juga disebut dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula terkait usia (age-related macular degeneration/AMD).

  1. Bantu penyerapan zat besi

Manfaat lain dari asupan vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Perlu diketahui, zat besi, khususnya non-heme yang berasal dari tumbuhan atau sayuran, sangat sulit diserap oleh tubuh.

Padahal, tubuh memerlukan kombinasi antara zat besi non-heme dengan zat besi heme (sumber hewani) untuk mengoptimalkan transportasi oksigen serta memproduksi hormon tertentu yang diperlukan tubuh.

Oleh karena itu, kamu perlu menjaga asupan vitamin C harian untuk menjaga keoptimalan fungsi tubuh.

  1. Turunkan tekanan darah

Berdasarkan studi yang dilakukan peneliti dari John Hopkins University, Amerika Serikat (AS), pada 2012, individu yang mengonsumsi vitamin C sekitar 500 miligram (mg) setiap hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan memiliki efek minimal pada tekanan darah diastolik.

Asupan vitamin C dalam dosis tersebut dinilai memicu efek diuretik ringan yang dapat membuang cairan berlebih dari tubuh. Kondisi ini pun membantu penurunan tekanan di dalam pembuluh darah.

Itulah sejumlah manfaat vitamin C selain menjaga daya tahan tubuh. Asupan vitamin C bisa didapatkan lewat sejumlah makanan, utamanya buah serta sayur, seperti jeruk, stroberi, tomat, dan brokoli.

Kamu juga bisa mendapatkan asupan tambahan dari sejumlah suplemen vitamin C yang tersedia di pasaran, seperti Enervon C dan Blackmores Vitamin C.

Suplemen tersebut bisa kamu temukan di apotek terdekat atau platform e-commerce, seperti Tokopedia. Dengan berbelanja di Tokopedia, kamu bisa mendapatkan harga terbaik dan berbagai promo menarik sehingga belanja suplemen vitamin C makin hemat.

Perlu diketahui, setiap orang memiliki kebutuhan vitamin C yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, ya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com