Advertorial

Survei Western Digital Tunjukkan Peningkatan Permintaan USB Type-C dan Dual-Connector di Indonesia

Kompas.com - 24/08/2022, 16:45 WIB

KOMPAS.com – Western Digital merilis hasil penelitian yang dilakukan di beberapa negara untuk mengidentifikasi kesadaran konsumen, preferensi, penggunaan, dan tren terkait universal serial bus (USB) flash drive.

Penelitian dengan metode survei wawancara kualitatif secara online tersebut melibatkan 3.500 responden dengan rentang usia 18-65 tahun di tujuh negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jerman, China, India, Korea Selatan, dan Indonesia.

Berdasarkan survei tersebut, ditemukan fakta bahwa USB masih menjadi solusi penyimpanan paling populer ketimbang jenis penyimpanan lain, seperti akun cloud online, hard drive eksternal, solid state drive (SSD) internal, dan network attached storage (NAS).

Rata-rata, setiap responden memiliki tiga unit USB. Kemudian, sekitar 75 persen di antaranya berencana untuk membeli tambahan unit USB pada 2022.

Jika dibandingkan dengan USB Type-C atau USB konektor ganda, USB Type-A atau konektor tunggal masih paling banyak digunakan oleh responden, yaitu sebanyak 59 persen.

Meski demikian, sebanyak 68 persen responden berencana membeli USB Type-C di masa mendatang. Sebanyak 66 persen responden lebih memilih untuk membeli USB konektor ganda, sedangkan 34 persen sisanya memilih USB konektor tunggal.

Responden lebih cenderung membeli USB konektor ganda ketimbang konektor tunggal karena drive ini bisa membantu mentransfer konten antargadget, lebih fleksibel untuk digunakan, menawarkan kenyamanan lebih, dan kompatibel untuk dihubungkan ke smartphone.

Tren penggunaan USB dan penyimpanan data di Indonesia

Secara rata-rata, responden asal Indonesia memiliki 3 USB per orang. Sebanyak 79 persen orang Indonesia juga berencana untuk membeli USB pada 2022 ketimbang jenis penyimpanan lain, seperti hard disk drive eksternal, SSD internal, SSD eksternal, dan NAS.

Secara keseluruhan, sebagian besar responden Indonesia memiliki USB Type-A dengan konektor tunggal, yakni 41 persen, diikuti oleh USB Type-C dengan konektor tunggal sebanyak 19 persen, USB Type-A dengan konektor ganda sebanyak 17 persen, USB Type -C dengan konektor ganda sebanyak 15 persen, dan USB Type -C dengan konektor lightning sebanyak 8 persen.

Hasil survei Western Digital. Dok. Western Digital Hasil survei Western Digital.

Sama seperti tren global, pada masa mendatang, sebanyak 71 persen responden Indonesia akan membeli perangkat USB Type-C, dilanjutkan dengan 74 persen responden yang tertarik untuk membeli konektor ganda. Hanya 26 persen yang akan membeli USB konektor tunggal di masa depan.

Adapun USB konektor ganda menjadi pilihan utama responden Indonesia karena dinilai mampu membantu mentransfer konten antargadget, dapat digunakan pada smartphone, dan memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam penggunaan.

Terkait tren penggunaan, sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan USB konektor ganda dengan smartphone untuk mentransfer file dari dan ke gadget lain, mengambil foto, dan menyimpannya langsung ke USB tanpa menempati memori internal, serta mencadangkan file penting.

Sementara itu, pengguna Indonesia juga memasangkan USB konektor ganda dengan komputer untuk fungsi-fungsi tersebut, tetapi dengan fungsi tambahan, yaitu penyimpanan file jangka panjang.

Regional Sales Director Western Digital Amy Tan mengatakan bahwa Western Digital berada di posisi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia dengan permintaan USB Type-C dan drive dual-connector yang terus meningkat.

“Kami telah lama melihat bahwa konektor ganda berperan penting untuk kebutuhan penggunaan perangkat modern di masa depan. Dengan demikian, dalam beberapa tahun terakhir, kami terus memperkuat portofolio solusi penyimpanan mobile sesuai dengan fitur-fitur yang dibutuhkan,” ujar Amy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Saat ini, lanjutnya, portofolio USB SanDisk Western Digital mencakup berbagai pilihan USB Type-C dan konektor ganda. Tujuannya, agar pengguna memiliki fleksibilitas dalam menyimpan, mentransfer, dan mengakses data mereka di beberapa gadget dari port yang berbeda.

Misalnya, SanDisk Ultra Dual Drive Luxe yang memiliki konektor USB Type-C dan USB Type -A, serta SanDisk iXpand Luxe Flash Drive yang memiliki konektor USB Type-C dan Lightning.

Untuk memudahkan pencadangan file otomatis dan pengelolaan transfer file antar-perangkat, pengguna dapat mengunduh aplikasi SanDisk Memory Zone dari Google Play Store.

Pada perangkat bersistem operasi iOS, pengguna bisa mengunduh aplikasi SanDisk iXpand Drive dari App Store untuk mencadangkan dan mengelola file secara otomatis, termasuk foto, video, musik, dokumen, serta kontak di HP.

Portofolio USB Type-C dengan ujung konektor ganda dari Western Digital dapat dibeli di pengecer, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, JD.ID, Lazada, dan Bukalapak.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com